Harga Suzuki Carry Minibus Tembus Rp260 Jutaan Dengan Spesifikasi Pas-pasan, Mending Pilih Daihatsu Luxio?

Yongki Sanjaya · 10 Mei, 2022 11:00

Harga Suzuki Carry Minibus Tembus Rp260 Jutaan Dengan Spesifikasi Pas-pasan, Mending Pilih Daihatsu Luxio? 01

Segmen kendaraan minibus kini semakin tersisih dengan kehadiran MPV. Namun demikian, hal tersebut tak menyurutkan PT Suzuki Indomobil Sales untuk memperkenalkan varian minibus dari Suzuki Carry

Namun demikian, Carry Minibus tak seperti Carry Futura jaman dulu yang hasil garapan Indomobil selaku produsen. Carry Minibus yang diperkenalkan pada 2021 lalu adalah garapan karoseri yang mengambil basis dari versi pick up. Suzuki Carry Minibus buatan karoseri ini harganya terbilang cukup mahal. 

Untuk varian Carry Minibus, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) tahun lalu saja menawarkannya di harga mulai dari Rp 253 juta, sedangkan yang memakai AC dan power steering, mulai dari Rp 262 juta. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Lumayan mahal untuk sebuah kendaraan penumpang dengan konsep seperti angkot (garapan karoseri). Lantas, apa menariknya Suzuki Carry Minibus dengan harga yang semahal itu? Adakah alternatif model lain yang lebih oke? 

Suzuki Carry Minibus Interiornya Sederhana, Dengan Fitur Standar

Harga Suzuki Carry Minibus Tembus Rp260 Jutaan Dengan Spesifikasi Pas-pasan, Mending Pilih Daihatsu Luxio? 01

Penampilan dashboard Carry Minibus mirip dengan model pick up. Hanya saja pada versi minibus ada penambahan head unit dengan layar termasuk kamera parkir. Lalu di dekat setir, ada tombol untuk menyalakan lampu tengah dan ambience light. 

Bicara soal layout tempat duduk, New Carry Minibus memiliki ruang kabin yang lega. Kursinya bisa diatur hingga 10 orang dalam 4 baris dengan banyak pilihan konfigurasi kursi. Luasnya interior Carry Minibus ini karena dimensinya yang besar, dengan panjang 4.415 mm, lebar 1.675 mm dan tinggi 2.150 mm. 

Untuk meningkatkan kenyamanan, kursinya pun didesain modern, dilapisi kulit sintetis dan terdapat handrest pada bagian sandaran tengah apabila tidak terdapat penumpang yang duduk. 

Harga Suzuki Carry Minibus Tembus Rp260 Jutaan Dengan Spesifikasi Pas-pasan, Mending Pilih Daihatsu Luxio? 02

Dengan konsep mobil penumpang, maka Carry Minibus dilengkapi total empat charger conector di setiap baris tempat duduk. Lantai mobil didesain dengan model rata, dilengkapi plafon tertutup dan lampu interior dengan ambience light di tengah, serta AC double blower. 

Agar terlihat nyaman dan sedikit berkelas, kursi pengemudi dan penumpang depan dilapis lagi dengan bahan kulit sintetis. Pada kabin belakang, ada tiga baris kursi dengan susunan 2-2-3, semua kursi ini dilapis bahan kulit serta bisa diatur kerebahannya dan dilipat.

Namun, fitur yang tersedia jauh dari kata mewah karena jendela pengemudi yang masih manual menggunakan engkol. Kemudian tidak ada spion lipat otomatis, karena penyetelan arah kaca juga masih manual, memakai tangan.

Penampilan Suzuki Carry Minibus Mirip Mobil Travel

Harga Suzuki Carry Minibus Tembus Rp260 Jutaan Dengan Spesifikasi Pas-pasan, Mending Pilih Daihatsu Luxio? 03

Untuk akomodasi penumpang di belakang, Suzuki Carry Minibus memakai pintu sliding door berukuran besar seperti Hiace. Kelebihannya, bukaan pintu jadi luas dan desain sliding door membuatnya bisa diparkir di tempat sempit. Hanya saja, lantai kabin cukup tinggi mirip seperti versi angkot sehingga agak merepotkan penumpang saat keluar masuk kendaraan. 

Carry minibus ini juga tidak akomodatif soal bagasi. Seperti era Carry lawas, ruang penyimpanan barangnya sempit ketika semua kursi digunakan. Kita terpaksa menyimpan barang yang cukup besar di kolong kursi paling belakang. 

Harga Suzuki Carry Minibus Tembus Rp260 Jutaan Dengan Spesifikasi Pas-pasan, Mending Pilih Daihatsu Luxio? 04

Dengan harga yang cukup mahal ini, Carry Minibus memang didesain sebagai kendaraan komersial untuk mengangkut banyak penumpang. Jadi bukan menyediakan kemewahan ataupun kenyamanan seperti mobil pribadi. Carry Minibus hanya fokus dengan seberapa banyak penumpang yang bisa diangkut dalam satu mobil.

Harga Suzuki Carry Minibus Kemahalan, Daihatsu Luxio Worth to Buy

Harga Suzuki Carry Minibus Tembus Rp260 Jutaan Dengan Spesifikasi Pas-pasan, Mending Pilih Daihatsu Luxio? 05

Untuk segmen minibus ini, Daihatsu punya pilihan yang lengkap. Ada GranMax yang sederhana atau Luxio yang lebih mewah. Bila mencari minibus yang fiturnya lebih komplit dengan harga lebih murah, Luxio bisa kalian pilih. 

Sebagai catatan, Luxio cuma memiliki jok 3 baris yang kapasitasnya bisa mengangkut 8 penumpang dewasa. Semua varian, termasuk pada yang termurahnya sudah dilengkapi AC double blower dan armrest jok guna meningkatkan kenyamanan.

Harga Suzuki Carry Minibus Tembus Rp260 Jutaan Dengan Spesifikasi Pas-pasan, Mending Pilih Daihatsu Luxio? 06

Bila melihat konfigurasi kursi yang tersedia, maka Luxio ini adil soal ruang kaki yang lega. Tidak ada baris yang kesempitan seperti pada Carry Minibus di baris kedua, dan lega di baris ketiga dan empat.

Fitur menarik di Luxio tipe X atau tipe tertinggi antara lain head unit layar sentuh yang dilengkapi pemutar CD, MP3, dan DVD dan juga input USB dan AUX. Sementara penyejuk udara dilengkapi dengan AC double blower. 

Untuk tipe D bahkan fitur kenyamanan di kabinnya sangat minim. Mobil ini tidak ada AC double blower dan cuma pakai head unit single DIN. 

Spesifikasi Daihatsu Luxio, Ungguli Suzuki Carry Minibus

Harga Suzuki Carry Minibus Tembus Rp260 Jutaan Dengan Spesifikasi Pas-pasan, Mending Pilih Daihatsu Luxio? 07

Soal mesin hanya tersedia mesin 1.495 cc (3SZ-VE) DOHC VVT-i bertenaga 95 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 134 Nm pada 4.400 rpm. Daya maksimumnya dikawinkan pada transmisi manual 5-percepatan atau otomatis AT.

Suzuki Carry Minibus ini pun menggunakan mesin K15B-C dengan tenaga maksimal 95,6 TK di 5.600 rpm dan torsi maksimum 137 Nm di 4.400 rpm. Transmisi yang tersedia hanya manual 5-percepatan. 

Tidak seperti Suzuki Carry Minibus yang cuma tersedia transmisi manual, Luxio ini punya opsi matic untuk kenyamanan berkendara. 
Berapa harga Luxio sekarang? Daihatsu Luxio tersedia dalam tiga tipe antara lain :

Luxio 1.5 X A/T MC E4 Rp257.000.000

Luxio 1.5 X M/T MC E4 Rp244.900.000

Luxio 1.5 D M/T MC E4 Rp225.700.000

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Dapatkan penawaran Anda dalam 24 jam!

Suzuki Carry Flat Deck

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru