Honda HR-V e:HEV 2021 Akan Jadi Opsi Menarik Serupa Honda City e:HEV

Dhoni · 23 Feb 2021 09:00

Honda Vezel a.k.a Honda HR-V 2021 memang telah diluncurkan (18/2) di Jepang dengan beragam ubahan pada tampilannya. Termasuk memberikan varian elektrifikasi pada model-model mainstreamnya salah satunya adalah All-new Honda HR-V. 

Honda HR-V e:HEV 2021 andalkan mesin 1.5L dengan dua motor listrik

Walau bukan sebuah teknologi baru yang diperkenalkan Honda, namun paling tidak Honda kembali memiliki SUV Hybrid karena Honda CR-V e:HEV telah diluncurkan pada 2018 lalu.

Jika diperhatikan, Honda HR-V 2021 hybrid sepertinya akan memiliki kesamaan dengan Honda City RS Hybrid yang dijual di Malaysia. Memang spesifikasi Honda HR-V e:HEV belum diperkenalkan secara resmi karena baru akan dipasarkan pada April 2021 mendatang.

Namun bukan tidak mungkin apa yang dimiliki oleh Honda HR-V e:HEV akan serupa dengan jantung pacu  yang diusung Honda City RS e:HEV. Di balik kap mesinnya akan ada mesin 1.5 liter DOHC i-VTEC yang menjalankan dua motor listrik. Kedua motor listrik tersebut memiliki fungsi berbeda, motor listrik pertama berfungsi sebagai generator yang bertugas mengisi daya ke baterai lithium-ion, sementara untuk motor listrik kedua berfungsi menggerakan roda depan mobil.

Output tenaga yang dihasilkan Honda HR-V e:HEV mencapai 98 PS pada 5.600 – 6.400 rpm dengan torsi maksimal sebesar 127 Nm pada 4.500 – 5.500 rpm dari mesin bensinnya. Sedangkan hasil tenaga dari satu motor listrik yang bertugas menggerakan langsung roda depan sebesar 109 PS pada 3.500 – 8.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 253 Nm mulai 0 – 3.000 rpm. Seluruh daya yang dihasilkan, didistribusikan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT.

Pada akhirnya, perbedaan bobotlah yang akan membedakan performa Honda HR-V e:HEV ini dengan Honda City RS, karena tentu saja bobot yang diusung SUV berdimensi lebih bongsor ini akan lebih berat dibandingkan City. Honda HR-V 2021 e:HEV dikabarkan akan hadir dalam dua opsi sistem penggerak, yaitu penggerak roda depan (2WD) dan All Wheel Drive (AWD).

Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda PT Honda Prospect Motor, APM Honda di Indonesia akan memasarkan varian hybrid pada model-model yang dipasarkan di Indonesia. Namun jika Malaysia dan Thailand sudah mendapatkannya, bukan hal yang sulit bagi Honda untuk memasarkannya juga di Tanah Air.

Komentar