Hyundai Casper 2022 Akan Bikin Suzuki Ignis Bertekuk Lutut

Evan · 5 Sep, 2021 09:00

Hyundai Casper 2022 Akan Bikin Suzuki Ignis Bertekuk Lutut 01

Keduanya di kelas yang sama

Sebagai salah satu pemain dalam kelas City Car, Ignis berhasil mengubah citra mobil yang semula mobil perkotaan menjadi mirip SUV. Salah satunya dengan ground clearance yang cukup dan air intake 700 mm, mampu menerabas berbagai medan jalan.

Konsep City Car SUV termasuk unik, dengan Suzuki yang menjadi pelopor pertama kali. Mereka menyebutnya sebagai Urban SUV, agar tidak terlalu kelihatan sebagai City Car yang dimodif layaknya SUV. Tetapi bagaimana jika pabrikan lain ikut bermain di segmen yang baru ini? 

Setelah spyshotnya sempat bertebaran beberapa waktu lalu, Hyundai akhirnya secara resmi mengunggah foto dari City Car SUV pertama mereka, Hyundai Casper melalui website perusahaan.

Dengan kehadirannya dalam beberapa bulan kedepan, bagaimana Casper akan melawan Ignis? Apakah akan mampu menyaingi kesuksesan Ignis sebagai produk global?. Khususnya di pasar yang memang menyukai City Car seperti India misalnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca Juga:Begini Wujud Hyundai Casper 2022, Pakai Mesin Turbo 1.0L Buat Lawan Raize - Rocky

Desain Casper Unik Dengan Ciri khas SUV. Ignis Lebih Kalem

Hyundai Casper 2022 Akan Bikin Suzuki Ignis Bertekuk Lutut 01

Pendobrak tren baru

Karena kelas City Car SUV alias Urban SUV termasuk baru, saat Ignis diluncurkan banyak yang terkejut dengan desainnya. 

Bentuknya khas City Car yang kecil dan lincah, namun dengan tampilan garang dan tangguh. Lihat saja kap mesinnya yang tinggi, overfender, serta kaca yang cukup tegak memberikan kesan SUV sejati. Dari samping lebih terlihat seperti city car, namun terbantu penggunaan roof rail.

Hyundai Casper 2022 Akan Bikin Suzuki Ignis Bertekuk Lutut 02

Desain unik

Begitu pula halnya dengan desain Casper. Masih ada desain khas SUV tetapi lebih unik, berbeda dengan Ignis yang memiliki desain normal. 

Lihat saja fascia depan dimana penempatan lampu depan di bagian bumper, serta desain gril dengan motif segitiga. Bentuknya sedikit mengotak sama seperti Ignis, tetapi dengan overfender yang lebih tegas. 

Dimensi Keduanya Mirip, Dengan Ignis Sedikit Lebih Besar

Hyundai Casper 2022 Akan Bikin Suzuki Ignis Bertekuk Lutut 03

Lebih lapang 

Dari segi ukuran, Ignis sedikit lebih besar (PxLxT) 3.700 mm x 1.660 mm x 1.595 mm dibandingkan Hyundai Casper yang memiliki ukuran(PxLxT) 3.595 mm x 1.595 mm x 1.575 mm. 

Hyundai Casper 2022 Akan Bikin Suzuki Ignis Bertekuk Lutut 04

Dimensi lebih kecil dari Ignis

Hal ini mungkin dapat membuat Ignis terasa lebih lapang, khususnya untuk ruang kaki dan bagasi. Sebetulnya wajar, karena Casper sendiri menggunakan platform Hyundai i10 dan Kia Picanto yang agak kecil untuk kelas City Car. 

Baca Juga:Hyundai Casper akan Lawan Raize-Rocky dan Suzuki Ignis, Berapa Harganya di Indonesia?

Mesin Casper Pakai Turbo, Ignis Masih N/A

Hyundai Casper 2022 Akan Bikin Suzuki Ignis Bertekuk Lutut 05

Mesin Turbo ber-cc kecil

Kalau soal urusan mesin, Casper patut berbangga diri. Di kelas City Car SUV ini baru Hyundai yang berani membenamkan Turbo, sementara Ignis hadir dengan naturally aspirated. Varian tertinggi menggunakan mesin 1.0 T-GDI yang mampu memuntahkan tenaga 100 PS dan torsi 172 Nm.

Mesin ini juga bisa ditemukan pada produk Hyundai dan Kia, seperti Hyundai Venue, Hyundai Aura, dan Kia Rio. Casper hadir dengan dua transmisi yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan.

Hyundai Casper 2022 Akan Bikin Suzuki Ignis Bertekuk Lutut 06

Mesin umum di banyak model Suzuki

Bandingkan dengan mesin K12M 1.2 L Ignis yang hanya menghasilkan 83 PS dan torsi maksimum sebesar 113 Nm.

Ignis sendiri dijual dengan dua transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan AMT(Automated Manual Transmission) atau sering disebut transmisi semi otomatis. Kedua mobil berpenggerak roda depan (FWD).

Baca Juga:Murahnya Kebangetan, Biaya Kepemilikan Suzuki Ignis Selama 3 Tahun Cuma Rp53 Ribuan!

Interior Casper Masih Rahasia, Fitur Ignis Melimpah

Hyundai Casper 2022 Akan Bikin Suzuki Ignis Bertekuk Lutut 07

Belum ada bocoran dashboard

Berbicara mengenai interior, hingga saat ini belum ada bocoran soal bagian kabin dari Casper. Karena Hyundai hanya sekedar merilis foto eksterior.

Begitu pula foto spyshot yang beredar menunjukan bagian kursinya, yang berwarna putih dan biru. Menunjukkan kesan mobil unik pada Casper tetap berlanjut ke interior, tidak berhenti diluar saja.

Hyundai Casper 2022 Akan Bikin Suzuki Ignis Bertekuk Lutut 08

Interior termasuk modern

Interior Ignis terbilang cukup moden dengan hadirnya dashboard two tone, warna hitam dan putih sebagai standar. Saat itu belum ada mobil dibawah Rp 200 Juta yang menggunakan permainan warna di bagian kabin.

Begitu pula pada pintu dengan warna hitam dan bagian ruang penyimpanan berwarna putih. Soal fitur juga jempolan, seperti keyless entry, start stop, ac digital dan steering switch. Belum lagi menyangkut keselamatan, Suzuki menyematkan airbag dan ABS hingga tipe termurah.


Kesimpulan

Suzuki Ignis hadir disaat belum ada pabrikan lain yang masuk ke segmen City Car SUV atau Suzuki sering menyebutnya Urban SUV. Peluncurannya saat itu mengejutkan banyak orang dan hingga kini penjualan perbulannya cukup baik.

Hyundai di sisi lain belum pernah masuk ke kelas ini, maka dari itu perlu hadir dengan segudang fitur baru ditambah desain yang unik. Casper membuktikan bahwa dengan desain unik tersebut mampu menarik hati calon konsumen. 

Apabila masuk ke Indonesia Casper tentu langsung berhadapan dengan Ignis. Tentu banyak yang berharap Hyundai dapat memasukkannya, tetapi melihat kondisi kelas Hatchback Hyundai setelah ditinggal pergi i20, sepertinya akan sulit. 

Baca Juga:Muncul Nissan Magnite Apakah Bikin Suzuki Ignis Mulai Terlupakan?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Ignis GL MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru