window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Mengendarai Suzuki Ignis GL MT Vs Honda Brio RS MT. Lebih Enak Mana?

Franky · 2 Jul, 2020 10:00

Perbandingan Mengendarai Suzuki Ignis GL MT Vs Honda Brio RS MT. Lebih Enak Mana? 01

Perbandingan Mengendarai Suzuki Ignis GL MT Vs Honda Brio RS MT. Lebih Enak Mana? 02

Banyak manufaktur mobil masih melirik segmen pasar City Car, mulai dari Datsun Go, Toyota Yaris, Honda Jazz dan masih banyak yang lain. Namun, mobil Suzuki Ignis dan Honda Brio masih merajai segmen pasar City Car. Dari segi harga, keduanya tidak terpaut jauh. Harga Suzuki Ignis GL MT masih pada kisaran Rp 171 juta, sedangkan harga mobil Honda Brio RS MT dijual dengan biaya sekitar Rp 180 juta.

Perbandingan Suzuki Ignis GL M/T Vs Honda Brio RS M/T

Keduanya masih menjadi primadona para pembeli di Indonesia dengan jumlah penjualan Suzuki Ignis Indonesia sebanyak 30 ribu unit pada periode 2018 dan mobil Honda Brio terbaru terjual sebanyak 16 ribu unit pada 2019. Baik mobil Honda Brio terbaru maupun mobil Ignis terbaru, dengan body yang kompak dan mungil tapi masih bisa diandalkan. Ditambah keadaan lalu lintas yang semakin ramai, memaksa pembeli memilih mobil yang lincah dan nyaman saat dikendarai.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbandingan Mengendarai Suzuki Ignis GL MT Vs Honda Brio RS MT. Lebih Enak Mana? 01

Tampilan eksterior dari Suzuki Ignis GL MT

Menjadi mobil sehari-hari tentu harus bisa memberikan kenyamanan pada saat dikendarai. Faktor kenyamanan berkendara menjadi faktor penting dalam memilih sebuah mobil. Terlebih mobil yang digunakan sering digunakan sebagai teman bepergian. Lalu, seperti apa pengalaman berkendara dari mobil Suzuki Ignis GL MT dan Honda Brio RS MT? Langsung saja kita ulas bersama-sama.

Perbandingan Suzuki Ignis GL M/T Vs Honda Brio RS M/T: Performa Mesin

Sekarang kita beralih ke performa mesin dari kedua mobil. Lagi-lagi kedua mobil memiliki spesifikasi mesin yang mirip. Meski mesin yang digunakan sama-sama 1.2 Liter bensin 4 silinder, namun Honda Brio RS harus bangga karena sudah berteknologi i-VTEC. Keduanya bertenaga mirip. Honda Brio RS memiliki kapasitas mesin 1199 cc dengan penggerak roda depan dengan transmisi 5 kecepatan.

Sedangkan Suzuki Ignis GL MT memiliki kapasitas mesin 1.197 cc dan penggerak roda depan dan transmisi yang sama seperti Honda Brio RS terbaru. Pada saat di gas di putaran roda gigi, mesin dari kedua mobil terbilang cukup senyap. Raungan mobil tidaklah bocor ke dalam kabin sehingga sopir tidaklah terlalu terganggu.

Perbandingan Mengendarai Suzuki Ignis GL MT Vs Honda Brio RS MT. Lebih Enak Mana? 02

Teknologi i-VTEC dari mesin Honda Brio RS MT

Perbandingan Suzuki Ignis GL M/T Vs Honda Brio RS M/T: Visibilitas

Kini kita masuk kedalam kabin dan yang tentu kita perhatikan pertama kali adalah bagaimana pandangan sopir ketika sedang mengendarai kedua mobil. Harus diakui bahwa Honda Brio RS yang merupakan mobil Honda Brio terbaru ini unggul di bagian ini dibandingkan mobil Ignis. Pasalnya kaca depan Honda Brio RS terbaru lebih lapang sehingga jarak pandang sopir lebih luas dan nyaman.

Perbandingan Mengendarai Suzuki Ignis GL MT Vs Honda Brio RS MT. Lebih Enak Mana? 03

Visibilitas Honda Brio RS MT yang cukup luas jarak pandangnya

Di sisi lain, mobil Suzuki Ignis GL MT bisa dikatakan menang dalam urusan kenyamanan duduk pengendara. Kursi supir yang bisa diatur ketinggiannya akan memberikan nilai plus. Jadi untuk para calon pembeli Honda Brio RS terbaru harus diperhatikan tinggi penglihatan anda saat duduk di kursi sopir.

Perbandingan Suzuki Ignis GL M/T Vs Honda Brio RS M/T: Handling

Mobil Suzuki Ignis GL MT sepertinya masih ketinggalan untuk urusan handling. New Brio RS MT sudah memiliki teknologi Electronic Power pada kemudinya. Teknologi ini mampu membuat handling mobil menjadi lebih empuk dan enteng. Tapi jangan khawatir karena pada saat kecepatan tinggi handling dari Honda Brio RS MT justru akan menjadi berat sehingga akan lebih stabil.

Perbandingan Mengendarai Suzuki Ignis GL MT Vs Honda Brio RS MT. Lebih Enak Mana? 04

Meski berbodi mungil, Honda Brio menawarkan performa handling yang mumpuni

Untuk mobil Suzuki Ignis GL MT hanya memiliki teknologi Power Steering saja. Banyak pengemudi mobil ini mengeluhkan handlingnya yang terlalu ringan tapi malah feedback yang dihasilkan terkesan lambat.

Perbandingan Suzuki Ignis GL M/T Vs Honda Brio RS M/T: Fitur-Fitur Kenyamanan Dalam Kabin

Seringnya digunakan untuk berkendara sehari-sehari, faktor kenyamanan saat berkendara memang menjadi faktor utama. Mulai dari keamanan, kenyamanan multimedia dan lain sebagainya. Langsung saja kita ulas fitur apa saja yang tersedia mulai dari kabin sopir hingga kursi penumpang.

Pertama kita fokuskan pada apa saja yang dimiliki kedua mobil. Sebetulnya untuk masalah fitur, baik mobil Suzuki Ignis maupun Honda Brio RS terbaru, keduanya cukup standar. Dengan Air Conditioner, Speaker depan dan belakang, USB port dan Aux serta ketersediaan fitur Bluetooth untuk konektivitas multimedia.

Perbandingan Mengendarai Suzuki Ignis GL MT Vs Honda Brio RS MT. Lebih Enak Mana? 05

Switch Control pada kemudi Suzuki Ignis GL MT

Pada mobil Suzuki Ignis GL MT, sudah memiliki dashboard yang futuristik. Dengan Multi Information Display (MID) yang besar mempermudah untuk sopir untuk pengoperasian. Belum lagi ketambahan Switch Control yang tersematkan di kemudi lebih memudahkan akses multimedia tanpa harus memindahkan tangan dari setir.

Sedangkan pada Honda Brio RS terbaru, tampilan dashboard dirasa masih ketinggalan jaman karena banyak pengendara Honda Brio RS terbaru yang merasa bosan dengan tampilan dari dashboard ini. Namun jangan salah, fitur-fitur yang ditawarkan tidak kalah dengan mobil lainnya seperti speaker yang terintegrasi dengan mapan sehingga memberikan kenyamanan saat mendengarkan musik favorit anda. Di sisi lain, sistem buka bagasi didukung konfigurasi elektrik dan memiliki MID yang cukup besar.

Komparasi Kenyamanan Suzuki Ignis GL MT Vs Honda Brio RS MT
  Suzuki Ignis GL MT Honda Brio RS MT
Dimensi Body (P x L x T) 3700 mm x 1660 mm x 1595 mm 3815 mm x 1680 mm x 1485 mm
Mesin 1.2L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve SOHC i-VTEC 1.2L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve
Handling Electric Power Steering Power Steering
Key Feature Steering Wheel Switch Control, Keyless Entry, Adjustable Driver Seat Tweeter Speaker, Electric Trunk Opener, Touchscreen Display Audio with Bluetooth & HFT Function

Kesimpulan

Untuk kenyamanan berkendara memang bisa dibilang subjektif, kembali pada masing-masing selera pengendara. Dari segi pengalaman berkendara, memang Honda Brio RS MT masih unggul dari mobil Suzuki Ignis. Mulai dari power yang diberikan hingga kemampuan handling di jalanan. Sedangkan dari segi fitur kenyamanan dan keamanan mobil Ignis, punya MID berukuran besar serta kursi supir yang bisa diatur ketinggiannya.

Sementara itu, mobil Suzuki Ignis memang punya beberapa kelebihan yang perlu dipertimbangkan. Sebagai contoh dalam segi harga, ditawarkan lebih terjangkau dari Honda Brio RS terbaru. Begitu juga soal fitur, yang dirasa sudah cukup menggiurkan untuk generasi muda masa kini.

Tapi kembali lagi, dalam aspek kenyamanan berkendara, Honda Brio RS terbaru lebih mendominasi untuk sensasi Fun To Drive. Meski bodinya tergolong mungil karena posisinya sebagai mobil Hatchback, Brio baru justru memberikan kestabilan yang baik meski melaju di kecepatan tinggi.

Inilah perbandingan dari mobil Honda Brio RS terbaru dengan mobil Suzuki Ignis Indonesia. Kami harap dengan adanya ulasan ini dapat memberikan sedikit informasi pada pembaca untuk memilih mobil kedepannya.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki Ignis GX MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil