Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh

Yongki Sanjaya · 27 Sep, 2021 13:30

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh 01

Honda CR-V jadi salah satu living legend SUV monokok di Indonesia. Hingga saat ini, sudah ada lima generasi CR-V yang beredar di tanah air. Salah satu generasi tersukses Honda CR-V yaitu dengan kode sasis RE1 dan RE3 atau yang kita kenal sebagai CR-V kura-kura.

Sebutan kura-kura ini muncul karena desain jendela baris ketiga yang bulat mengerucut ke belakang. Desain atapnya pun agak cembung sehingga mirip sebagai cangkang kura-kura. Julukan kura-kura ini juga pas untuk menggambarkan ketangguhannya melintasi beberapa generasi, karena masih tetap eksis untuk saat ini.

Baca juga:

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daripada Toyota Raize 1.2 G CVT, Honda CR-V Bekas 2013 Lebih Murah dan Mewah

Perbandingan Nissan X-Trail T30 vs Honda CR-V Gen 2, Mana yang Lebih Tangguh?

SUV FWD Bekas di Bawah Rp100 Juta, Tampil Ganteng Maksimal dengan Budget Minimal!

Honda CR-V Gen 3 ini diproduksi antara 2007 sampai 2012. Generasi ini menawarkan dua jenis pilihan mesin yakni mesin berkapasitas 2.0L dan 2.4L dengan teknologi i-VTEC andalan Honda. Meskipun usianya ada yang sudah lebih dari 10 tahun, tapi desain medium SUV ini masih terlihat stylish dipakai di 2021.

Honda CR-V generasi ketiga bisa dibilang lebih sukses dari generasi kedua. Bahkan, model ini dinilai cukup spesial dibandingkan generasi keempat yang tak begitu dilirik, dan berhasil mengungguli Nissan X-Trail T31 sebagai pesaingnya. Selama kurang lebih lima tahun dijual, CR-V gen 3 pada tahun 2010 mengalami facelift.

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh 01

Perubahannya ada di bagian fascia depan, yakni desain grill dan bumper. Selain itu, khusus tipe 2.4, jok pengemudi mendapatkan pengaturan jok elektrik. Itu saja sisi menariknya? Oh tentu tidak dong, supaya makin jelas, kami akan berikan ulasannya untuk kalian. 

Honda CR-V Gen 3, Mesinnya Lumayan Irit Untuk Harian

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh 02

Kalau kamu berminat untuk membeli CR-V, akan disuguhkan dua opsi mesin yaitu 2.0 dan 2.4 liter. Mesin R20A i-VTEC SOHC menghasilkan tenaga 150 PS/6000 rpm dan torsi 197 Nm/4200 rpm. Pilihan transmisi untuk tipe ini memakai 6-speed M/T dan 5-speed A/T.

Tenaga segitu termasuk lumayan oke dan pas untuk pemakaian harian di dalam kota. Apalagi, jenis mesinnya SOHC yang punya tarikan bawah lumayan galak. Karakteristiknya cocok untuk akselerasi awal saat stop and go ala perkotaan. 

Berdasarkan pengalaman pengguna, konsumsi bahan bakar untuk perjalanan via tol bisa menembus 16 km/liter untuk CR-V 2.0 manual. Lumayan irit kan? 

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh 03

Bila suka bepergian keluar kota, entah untuk urusan pekerjaan atau berlibur, pilihan yang ideal yaitu CR-V 2.4L yang dibekali mesin K24Z i-VTEC DOHC. Tenaganya sedikit lebih besar yaitu 170 PS/5800 rpm dengan torsi 231 Nm/4200 rpm. Untuk tipe ini, hanya tersedia pilihan transmisi otomatis saja. 

Karena mesinnya cukup besar, maka konsumsi BBM sedikit lebih tamak dari versi 2.0. Konsumsi bahan bakarnya untuk ukuran irit berkisar antara 7-12 km/liter. Wajar saja, tenaga yang dihasilkan cukup besar. 

Secara umum, mesin CR­-V generasi ini cukup andal dan responsif. Apabila kalian jarang melakukan tune-up, dampaknya tenaga mobil ini bisa menurun dan boros BBM. 

Pakai Sasis Monokok, Handling Honda CR-V Kura-kura Lebih Stabil

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh 04

SUV sebenarnya bukan dirancang sebagai mobil untuk melaju pada kecepatan tinggi. Namun, performa mesin dengan tenaga besar membuat sebagian pengemudi lupa diri dan sering gas pol. Bicara soal handling atau pengendalian, CR-V generasi ketiga ini patut diacungi jempol. 

Handling CR-V gen 3 dijamin nyaman dan bagus karena minim limbung. Mengingat handling sangat penting guna menjamin kenyamanan pengendara. Untuk Honda CR-V 2.4 masih memakai power steering hidrolik sedangkan CR-V 2.0 malah pakai EPS yang lebih modern. 

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh 05

CR-V generasi ini mengubah titik berat yang lebih rendah 35 mm dari pendahulunya. Kemudian, ada penambah jarak roda depan 30 mm dan belakang 20 mm yang kian meningkatkan stabilitas CR-V terbaru.

Hasilnya, putaran kemudi jadi kian akurat dan ringan dengan traksi ban terasa makin mencengkram. Untuk dipacu pada kecepatan tinggi tetap nyaman dan tidak limbung. 

Bahkan, feedback setirnya disebut mirip seperti sedan yang cukup presisi. Ini tak lepas dari peran suspensi depan yang memakai jenis Front McPherson strut independen, dan bagian belakang independent double wishbone.

Kelemahannya jelas pada sisi bantingan suspensi yang jadi kurang empuk. Kita memang harus memilih, kalau suspensi empuk maka handling jadi limbung begitu juga sebaliknya. 

Interior Honda CR-V Gen 3 yang Cukup Nyaman Ala MPV

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh 06

Bagian interior juga jadi poin yang menarik dari CR-V. SUV ini identik dengan kabin yang nyaman, bahkan sejak generasi pertama.

Banyak ciri khas yang bisa kita dapat pada kabin CR-V yaitu ruang kabin bagian depan dibuat seolah sebagai MPV. Ini karena desain dashboard yang juga menyatu dengan tuas transmisi seperti pada Freed. 

Layout baris pertama tidak memiliki konsol tengah, sehingga memberikan kesan lega karena lantainya lapang. Terdapat sandaran tangan di masing-masing kursi untuk pengemudi dan penumpang depan. Serasa MPV kan?

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh 07

Namun, kebisingan dari luar tetap terdengar ke dalam kabin karena sitem peredaman kabin yang diterapkan masih jauh dari kata bagus. Soal finishing interior yang kurang solid ternyata jadi isu yang hadir sejak Honda CR-V generasi ketiga ini. 

Untuk CR-V 2.0 bahkan fiturnya cukup sederhana, hanya tersedia head unit single DIN yang dapat memutar keping MP3 dan DVD serta minus AC digital dan jok kulit.

Kesimpulan

Honda CR-V Gen 3 ini menandai era keemasan Honda di segmen SUV medium. Pada generasi ini, CR-V sukses merajai penjualan SUV, dan menggeser X-Trail T31.

Meskipun sudah setengah lawas, namun CR-V kura-kura bekas masih layak jadi pilihan. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp95 jutaan untuk tipe 2.0 matic. Perawatannya pun tak sulit, tak ada penyakit khas bawaan karena memang CR-V ini terkenal bandel.

Menurut kami, bila sama-sama cari unit bekas maka CR-V Gen 3 jauh lebih value for money ketimbang beli LCGC di kisaran harga Rp90 jutaan. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda CRV 2.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru