window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Konsumsi BBM Daihatsu Terios Setelah Pakai Fitur Idle Stop Benar Lebih Irit?

Nussa · 29 Des, 2021 10:08

Konsumsi BBM Daihatsu Terios Setelah Pakai Fitur Idle Stop Benar Lebih Irit? 01

Daihatsu Terios terbaru sudah dibekali dengan fitur Eco Idle System

Nama Daihatsu Terios tentu sudah tidak asing lagi di Indonesia. Satu dari beberapa Sport Utility Vehicle (SUV) ini menjadi primadona di kelasnya dan banyak diiincar para pencinta otomotif Tanah Air.

Sebelum Terios, Daihatsu punya pendahulunya yang juga banyak diminati konsumen di Indonesia, yakni Taft, yang merupakan versi mungil dari Toyota FJ40. Setelah Taft disuntik mati, lantas muncul Daihatsu Taruna yang juga memetik sukses dipasaran. Namun pasca Taruna juga pensiun, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi memasarkan Terios sejak Desember 2006.

Daihatsu Terios muncul bersamaan dengan saudara kembarnya, yaitu Toyota Rush. Meskipun secara penjualan Daihtasu Terios kalah dengan Toyota Rush, tapi kehadiran Terios memberikan pilihan baru bagi konsumen di Indonesia. Apalagi, secara harga juga lebih terjangkau dibandingkan dengan Toyota Rush.

Harga Daihatsu Terios Lebih Murah Sehingga Diminati

Konsumsi BBM Daihatsu Terios Setelah Pakai Fitur Idle Stop Benar Lebih Irit? 02

Daihatsu Terios menjadi satu SUV murah yang laris di pasaran

Beberapa pertimbangan yang membuat Daihatsu Terios laris di pasaran, selain harganya yang lebih terjangkau dibandingkan Toyota Rush, mobil ini cukup tangguh untuk melewati medan jalan apa pun dan dapat menampung cukup banyak penumpang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sejak awal kemunculannya, Daihatsu Terios juga beberapa kali mendapatkan penyegaran, termasuk dengan perubahan pada desain bodinya. Tampilan Daihatsu Terios sekarang ini lebih modern, sporty, dan juga agresif. Tapi, dimensinya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya.

Selain itu, Daihatsu juga sudah meninggalkan penempatan ban serep di bagian belakang. Meski demikian, penempatan ban serep di bagian belakang justru memberikan julukan tersendiri bagi Daihatsu Terios, yakni Terios Konde. Ban serep tersebut di generasi terbaru sudah dipindahkan ke bagian kolong bagasi agar bagian kabin mendapatkan ruang yang lebih besar.

Baca juga : Daihatsu : Gak Mungkin Xenia dan Terios Tak Dapat Diskon PPnBM Permanen!

Fitur All New Daihatsu Terios Makin Lengkap

Konsumsi BBM Daihatsu Terios Setelah Pakai Fitur Idle Stop Benar Lebih Irit? 01

Interior Daihatsu All New Terios

Untuk dimensinya, Daihatsu Terios memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm, serta jarak sumbu roda 2.658 mm. Tinggi dari tanah alias ground clearance mencapai 220 mm dan berat totalnya hingga 1.870 kg. Sementara untuk daya tampungnya, mobil ini dapat memuat hingga 7 penumpang orang dewasa.

Pada Daihatsu Terios terbaru alias All New Terios, sudah dilengkapi juga dengan fitur canggih, yakni Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Untuk VSC, berfungsi menjaga mobil tidak mengalami selip saat menikung di jalan yang berpasir atau licin. Jadi, mobil akan tetap mudah dikendalikan. Sedangkan fitur HSA, dapat mencegah atau menjaga mobil tidak mundur saat berada di tanjakan yang cukup curam. Pengendaranya tidak perlu mengaktifkan parking brake, cukup injak pedal rem saja, dan jika ingin melanjutkan perjalanan tinggal injak pedal gas kembali.

Konsumsi BBM Terios

Konsumsi BBM Daihatsu Terios Setelah Pakai Fitur Idle Stop Benar Lebih Irit? 02

All New Terios pakai mesin yang sama seperti All New Xenia

Daihatsu Terios generasi terbaru sudah menggunakan mesin terbaru yang sama seperti All New Xenia, yakni mesin berkode 2NR-VE. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.500 cc, 4 silinder segaris, DOHC, dengan teknologi Dual VVT-I, yang dapat memberikan performa secara optimal.

Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin tersebut dapat mencapai 107 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimumnya, dapat mencapai 141 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. Daihatsu menawarkan dua pilihan transmisi untuk Terios, yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Agar efisiensi bahan bakarnya dapat lebih optimal, Daihatsu Terios sudah menggunakan teknologi EFI. Selain itu, pada generasi terbaru ini, Daihatsu juga sudah menyematkan teknologi baru, yaitu Eco Idle System atau biasa dikenal juga dengan Idling Stop System.

Baca juga : Harga Daihatsu Terios IDS Sudah Rp260 Jutaan, Mending Beli Toyota Fortuner Bekas yang Lebih Gagah

Konsumsi BBM Daihatsu Terios Setelah Pakai Fitur Idle Stop Benar Lebih Irit? 03

Mesin Daihatsu All New Terios

Dengan tambahan fitur tersebut, Daihatsu Terios yang masih bermain di kelas SUV murah ini diklaim memiliki tingkat efisiensi bahan bakar lebih irit 10 persen dibandingkan sebelumnya. Sistem ini bekerja saat mobil dikendarai dan posisi transmisi berada di tuas D.

Eco Idle System berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti. Sehingga, tak hanya menghemat konsumsi bahan bakar, tapi juga dapat mengurangi emisi gas buang. Dengan kata lain, Terios terbaru juga lebih ramah lingkungan.

Selain itu, kehebatan lain dari Eco Idle System adalah meskipun mesinnya mati sesaat, tapi AC akan tetap bekerja secara optimal. Tidak perlu khawatir juga aki akan tekor, karena Daihatsu membekali Terios terbarunya dengan aki yang memiliki kapasitas lebih besar. Aki yang digunakan pada Terios lama memiliki kapasitas 35 ampere. Sementara pada Terios baru, kapasitas akinya 45 ampere.

Dari pihak Daihatsu mengklaim bahwa konsumsi BBM yang dihasilkan oleh Terios terbaru ini dapat mencapai 13 kilometer per liter saat digunakan untuk berkendara di dalam kota.

Untuk Daihatsu Terios lansiran tahun 2019, beberapa media nasional menyebutkan bahwa konsumsi BBM yang dihasilkan dengan rute perjalanan di dalam kota, dapat menghasilkan angka antara 11 kilometer per liter hingga 12 kilometer per liter. Jika Daihatsu Terios terbaru diklaim lebih irit hingga 10 persen, maka apabila dikalikan dengan 12 kilometer per liter, hasilnya dapat tembus 13 kilometer per liter.

Tentunya, hasil tersebut tergantung dari banyak faktor, seperti beban yang dibawa, tekanan udara pada ban, kondisi lalu lintas, kecepatan mobil, bahan bakar yang digunakan, dan lainnya yang dapat mempengaruhi konsumsi BBM.

Varian dan Harga Daihatsu All New Terios

Konsumsi BBM Daihatsu Terios Setelah Pakai Fitur Idle Stop Benar Lebih Irit? 04

Daihatsu All New Terios memiliki cukup banyak varian

Saat ini, ADM menawarkan Daihatsu Terios dengan 9 varian, mulai dari Rp 205 jutaan hingga Rp 255 jutaan.

Berikut ini daftar harga Daihatsu Terios:

  • Daihatsu Terios X MT - Rp 205.100.000 (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios X MT DLX - Rp 215.100.000 (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios X AT DLX - Rp 224.300.000 (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios R MT - Rp 234.500.000 (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios R MT DLX - Rp 244.500.000 (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios R AT - Rp 243.700.000 (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios R AT DLX - Rp 253.700.000 (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios R MT Custom - Rp 246.400.000 (OTR Jakarta)
  • Daihatsu Terios R AT Custom - Rp 255.600.000 (OTR Jakarta)

Baca juga : Bedah Spesifikasi Daihatsu Xenia 2022, Pakai DNGA Bikin Penggemar RWD 'Ketendang' Pilih Terios

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil