Review: Daihatsu Rocky 2021, Apa Kata Media Jepang soal Mobil Ini?

Budi · 25 Jan 2021 20:00

Pertama kali diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019, artinya Daihatsu Rocky dan kembarannya Toyota Raize sudah lebih dari satu tahun dikenal oleh konsumen mobil di Jepang. Sementara di Indonesia konsumen mini SUV ini baru bisa berharap kehadirannya di Semester 2 tahun 2021, seperti apa sebenarnya rasa berkendara SUV mungil ini?

Daihatsu Rocky sudah dicoba media-media di Jepang

Kami berusaha mencari tahu dengan menengok beberapa media di Jepang yang telah mengulas mengenai mobil ini. Karena mobil yang dibangun dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) ini memang sejak awal ditujukan untuk pasar global,termasuk Asia Tenggara. Di Malaysia sendiri, Daihatsu Rocky akan hadir sebagai Perodua D55L tampaknya sudah siap hadir di bulan Maret 2021.

Daihatsu Rocky 2021 Lincah

Berdasarkan ulasan dari situs webCG, mereka memuji soal kemampuannya bermanuver. Dengan dimensi panjang yang kurang dari 4 meter, mobil ini mudah bermanuver di jalanan perkotaan yang sempit. Ditambah, posisi duduk yang tinggi juga menjadikan visibilitasnya baik.

Baik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky 2021 lincah di jalanan sempit

Di dalam kabinnya, ternyata cukup leluasa meskipun dimensi eksteriornya kecil. Dari situs Response, mereka menyebutkan bahwa ruang kaki (legroom) Daihatsu Rocky 2021 ternyata sama dengan milik Mazda CX-30. Ruang bagasinya juga impresif dengan kapasitas total 369 liter plus 80 liter yang ada di bagian bawah lantai bagasinya.

Bagasi besar untuk sebuah mobil dengan dimensi mungil

Pengendaraan Daihatsu Rocky 2021 cukup layak

Sementara performa yang dihasilkan mesin 3-silinder 1,0 liter turbocharger milik Daihatsu Rocky 2021 juga cukup layak, meski tidak bisa dibilang istimewa. Limpahan tenaga 98 PS dan torsi 140 Nm terdengar kecil, namun untuk bobot mobil yang kurang dari 1 ton, torsinya membuat mobil ini berakselerasi cukup cepat.  Transmisi D-CVT membuat pengendaraannya lebih responsif dan halus.

Visibility yang bagus membuatnya lincah di dalam kota

Response juga menyebutkan bahwa kemudinya terasa kurang tajam, dan di jalanan berliku terasa kurang akurat. Kemudi yang tidak akurat ini juga dirasakan di jalan bebas hambatan, sehingga membuat kurang percaya diri jika berkendara di kecepatan tinggi.

Baik Response maupun webCG menyebutkan bahwa kualitas pengendaraannya memang tidak terlalu memuaskan. Pada kecepatan rendah mobil ini terasa kaku, dan tekanan ban yang direkomendasikan untuk memaksimalkan penggunaan konsumsi bahan bakar juga tidak terlalu berpengaruh.

Daihatsu Rocky 2021 di Indonesia

Spesifikasi Daihatsu Rocky atau Toyota Raize di Jepang tentu saja telah disesuaikan dengan kondisi jalan raya dan lalu-lintas yang ada di sana. Hal berbeda bisa saja ditawarkan oleh Daihatsu atau Toyota yang melakukan riset terhadap mobil ini sesuai dengan kondisi jalanan dan lalu-lintas yang ada di Tanah Air.

Berbagai karakteristik teknis akan disesuaikan dengan pasar yang dituju

Karakteristik suspensi, pemilihan ban, setting putaran kemudi hingga pengaturan respon mesin tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan di pasar mana mobil tersebut akan dijual. Begitu juga fitur-fitur yang ditawarkan di dalam kabinnya. Karenanya kami percaya jika mobil ini akan diproduksi juga di Indonesia, mengingat harga Daihatsu Rocky 2021 maupun harga Toyota Raize 2021 juga perlu sesuai dengan target pasar di Indonesia.
 

Komentar