window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kuat Disiksa Sebagai Angkot Hingga Puluhan Tahun, Rupanya Ini Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Carry 1.0

Enda · 4 Jul, 2022 13:00

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry 1.0

Salah satu produk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang sangat melegenda dalam meramaikan industri otomotif Tanah Air adalah Suzuki Carry 1.0. Memakan aspal sejak tahun 1983, Carry 1.0 awalnya dihadirkan dalam dua model, yaitu pick up dan sasis.

Untuk model sasisnya sendiri kemudian digarap oleh beberapa industri karoserie ternama guna dijadikan minibus. Sebagai informasi, industry karoserie yang turut berperan dalam membuat Suzuki Carry 1.0 menjadi minibus diantaranya: Adi Putro, Alexander, New Armada, ABC, Tugas Anda, Tugas Kita, Laksana dan beberapa lainnya.

Oh iya, pada tahun 1988 PT SIS memberikan pernyegaran terhadap Suzuki Carry 1.0. Perubahan yang radikal terjadi pada bagian fascianya dimana lampunya sudah menggunakan bentuk kotak serta grill model ngeblok polos dengan logo ‘S’ ditengahnya. Selain itu pada dashboardnya juga mendapatkan sedikit ubahan supaya terlihat lebih modern serta ergonomis.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Memasuki era 90-an Suzuki Carry 1.0 banyak digunakan sebagai angkot (angkutan umum) yang tak hanya bisa ditemukan di Jakarta tapi juga di daerah terpencil dan kota-kota besar lainnya dengan melayani trayek jarak dekat. Angkot Carry 1.0 sendiri bertahan hingga tahun 2010 sebelum memudar secara perlahan karena adanya regulasi.

Perlu diketahui juga, memasuki tahun 2000 PT SIS menghadirkan Suzuki Carry 1.0 dengan nama PV (Personal Van). Pada generasi ini secara keseluruhan body digarap oleh pabrikan dan terakhir diproduksi tahun 2006. Sebagai cirinya, pada baris kedua dan ketiga untuk kacanya sudah mengunakan model geser seperti jendela angkot. Bukan cuma itu, di baris keduanya untuk sebelah kanan juga mendapatkan pintu yang bisa digunakan untuk akomodasi keluar-masuknya penumpang.

Bicara soal harga bekasnya, Suzuki Carry 1.0 kini dibandrol dengan harga yang bervariatif tergantung tahun dan kondisi. Versi termurahnya, di pasaran mobil ini ditawarkan mulai dari Rp10 jutaan. Jika kalian tertarik untuk membelinya, simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Baca juga: Sebelum Alphard Berjaya, Suzuki Carry Futura Sempat Awali Era Captain Seat di Minibus

Kelebihan Suzuki Carry 1.0

1. Perawatan Sangat Mudah

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry 1.0

Perawatan Suzuki Carry 1.0 mudah

Mengenai perawatannya Suzuki Carry 1.0 11-12 dengan Kijang Super. Hal tersebut dikarenakan untuk sistem kelistrikannya Carry masih konvensional dengan struktur yang sederhana. Bukan cuma sistem kelistrikan yang sederhana, perawatan yang mudah juga terjadi di sektor mesin serta kaki-kaki yang terbilang bandel.

2. Spare Part Melimpah Ruah   

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry 1.0

Spare part Suzuki Carry 1.0 masih mudah ditemukan

Meski sudah tak lagi diproduksi, untuk spare part Suzuki Carry 1.0 mulai dari ori sampai dengan KW 3 hingga kini masih mudah dijumpai. Bukan cuma di kota-kota besar, spare partnya pun masih melimpah ruah di daerah-daerah terpencil dengan harga yang sangat ramah di kantong.

3. Mampu Dimuati Banyak Orang

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry 1.0

Suzuki Carry 1.0 sanggup dimuati hingga 9 orang

Bicara kapasitas daya angkut penumpangnya, Suzuki Carry 1.0 versi mobil pribadi sanggup dimuati 9 orang sekaligus dalam sekali melakukan perjalanan. Adapun konfigurasi untuk bagian depannya diisi oleh satu penumpang dan pengemudi, baris kedua untuk tiga orang, dan paling belakang dapat disinggahi empat orang dengan konfigurasi tempat duduk yang dibuat berhadapan.

4. Mesin dengan Durabilitas Tinggi

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry 1.0

Mesin F10A Suzuki Carry 1.0

Sama seperti Katana, Forsa dan Karimun Kotak, Suzuki Carry 1.0 dibekali dengan mesin F10A yang dikenal bandel. Secara data, jantung pacu berkombusi karburator dengan kubikasi 970 cc 4-silinder 8 katup SOHC tersebut mampu melecutkan tenaga hingga 44 Hp @5.300 rpm dengan torsi puncak 75 Nm @3.200 rpm. Mengenai tingkat percepatannya, mobil ini hadir dengan satu pilihan transmisi saja, yakni manual 5-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda belakang (RWD).

5. Konsumsi BBM Suzuki Carry 1.0 Terbilang Irit

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry 1.0

Suzuki Carry 1.0 sanggup menempuh jarak 12 km/liter

Menggunakan mesin berkapasitas 1.0L, untuk konsumsi BBM-nya Suzuki Carry 1.0 terbilang irit. Hal ini dibuktikan dari penggunaan dalam kota, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 12 km/liter, sedangkan luar kotanya angka yang diraih mencapai 15 km/liter.

Baca juga: Ketahui Kekurangan New Suzuki Carry Pick Up Sebelum Membeli

Kekurangan Suzuki Carry 1.0

1. Output Tenaga Pas-pasan

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry 1.0

Suzuki Carry 1.0 terasa lemot saat digunakan di jalan yang menanjak dan menurun

Bermodalkan mesin 1.0L dengan perolehan tenaga sebesar 44 Hp dan torsi 75 Nm, untuk performanya mobil ini dirasa kurang begitu nendang terlebih saat full muatan penumpang dengan melewati jalan yang menajak dan menurun. Meski kurang begitu bertenaga, mobil ini masih mudah digunakan untuk menanjak berkat racikan rasio gigi serta differential yang dirasa pas.

2. Belum Tersedia AC Double Blower

Suzuki Carry 1.0L produksi 2000 ke atas sudah dilengkapi dengan siatem pendingin udara. Meski sudah disematkan AC, pada baris kedua dan ketiganya kurang begitu nyaman lantaran mobil ini belum mendapatkan double blower. Jadi, penumpang baris kedua sampai belakang harap sedikit bersabar kalau kabinnya kurang sejuk.

3. Minim Fitur Keselamatan

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry 1.0

Suzuki Carry 1.0 minim fitur keselamatan

Kekurangan lain dari Suzuki Carry 1.0L ada di fitur keselamatannya. Untuk memberikan perlindungan kepada penggunanya, mobil ini hanya dilengkapi dengan seatbelt di bagian depan.

4. Suspensi Keras

Suzuki Carry 1.0L untuk suspensinya menggunakan per keong di depan dan per daun di belakang. Memakai per daun di belakang, untuk bantingan yang dihasikan cenderung stiff sehingga sedikit mengurangi kenyamanan berkendara ketika melewati jalan yang keriting.

5. Masih Menggunakan Platina

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry 1.0

Suzuki Carry 1.0 masih menggunakan platina

Untuk tahun tua pengapian Suzuki Carry 1.0L masih menggunakan platina. Dengan begitu kalian diharuskan lebih rajin melakukan pengecekan dan penggantian untuk menghindari mogok di jalan. Jika tidak ingin repot, untuk pengapiannya kalian bisa merubahnya menggunakan CDI.

Kesimpulan

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry 1.0L berhasil kami sampaikan di atas. Eksis lebih dari 20 tahun dan pernah digunakan sebagai angkot, terbukti mobil ini bisa diandalkan dalam mendukung kegiatan sehari-hari berkat mesinnya yang bandel serta mudah dan murah dalam perawatan.

Harga bekasnya dibandrol mulai dari Rp10 jutaan, sebelum kalian tertarik membelinya pastikan dulu cek kondisi mesin body serta kaki-kaki guna mendapati unit yang siap jalan.

Baca juga: Kabar Baik, Sparepart Mobil Legendaris Suzuki Carry ST100 dan Motor Lawas Suzuki Bravo Masih Tersedia!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Carry Flat Deck

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil