window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selisih Rp13 Jutaan, Seberapa Jauh Spesifikasi Mazda 2 Sedan Ungguli Toyota Vios?

Enda · 28 Jul, 2022 14:30

Mazda 2 Sedan vs Toyota Vios

Pesaing Toyota Vios, Mazda 2 Sedan berhasil diluncurkan di Indonesia baru-baru ini. Mengambil basis dari versi hatchbacknya, model sedannya memperoleh beberapa pembaruan di beberapa sektor guna memberikan kenyamanan lebih terhadap penggunanya.

Saat diluncurkan, Mazda 2 Sedan sendiri dibandrol Rp338,8 juta atau lebih mahal Rp13,1 juta dari Toyota Vios yang saat ini diniagakan Rp325,7 juta untuk tipe G CVT. Memiliki harga baru yang lebih mahal, mampukah Mazda 2 Sedan mengungguli Toyota Vios dari segi spesifikasi?

Baca juga: PT EMI Rilis New Mazda 2 Sedan, Lawan Berat Toyota Vios

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Wheelbase Lebih Panjang, Mazda 2 Sedan Terasa Nyaman

Mazda 2 Sedan vs Toyota Vios

Wheelbase Mazda 2 Sedan lebih panjang

Membandingkan spesifikasi antara keduanya pertama-tama melihat dari segi dimensi. Di atas kertas Mazda 2 sedan memiliki panjang 4.340 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.479 mm serta wheelbase 2.570 mm.

Toyota Vios, mengacu pada spesifikasinya, mobil ini mempunyai panjang 4.425 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm. Untuk jarak sumbu rodanya, mobil ini berada di angka 2.550 mm.

Sedikit menarik kesimpulan, secara dimensi body Mazda 2 Sedan lebih kecil dari Toyota Vios. Namun Mazda 2 Sedan memiliki wheelbase lebih panjang sehingga menghasilkan ruang kabin lebih lega.

Dimensi Mazda 2 Sedan Vs Toyota Vios
Keterangan Mazda 2 Sedan Toyota Vios
Panjang 4.340 mm 4.425 mm
Lebar 1.695 mm 1.730 mm
Tinggi 1.479 mm 1.500 mm
Wheelbase 2.570 mm 2.550 mm

Tampilan Toyota Vios Kalah Mewah dari Mazda 2 Sedan

Toyota Vios

Toyota Vios

Sebagai produk andalan Toyota di kelas small sedan, mobil ini memiliki eksterior yang terlihat dinamis dan juga terlihat eyes catching berkat diaplikasikannya lekukan serta garis tegas di seluruh tubuhnya.

Terlihat stylish dan youthful, pada wajahnya mobil ini menganut LED light guide projector yang dipadukan dengan DRL headlamp.

Pada bumpernya, kalian bisa menjumpai air dam berukuran besar berpenampilan bold yang sporty dan atraktif. Agar terlihat lebih dinamis, pada sisi samping mobil ini diaplikasikan velg 16 inci dual-tone yang dibungkus dengan ban 195/50.

Mazda 2 Sedan

Mazda 2 Sedan

Hadir dalam balutan desain KODO sebagai ikoniknya, Mazda 2 Sedan hadir dengan tampilan yang terkesan prestisius, sporty namun tetap elegan. Di depan, pabrikan telah menyematkan LED projector dengan auto on/off dikombinasikan oleh DRL.

Selain itu juga terdapat automatic wiper dengan sensor hujan. Terlihat semakin mewah, elegan, dan juga sporty, velgnya menggunakan ukuran 16 inci model palang yang dilabur warna silver.

Fitur Unggulan Mazda 2 Sedan Vs Toyota Vios

Mazda 2 Sedan

Interior Mazda 2 Sedan

Pada bagian dalam, sedan terbaru Mazda ini berhasil disematkan head unit touchscreen MZD connection 7 inch yang mendukung format radio, USB port, serta Bluetooth handsfree phone and audio capability dan reverse camera. Selain itu, sistem hiburannya juga canggih dengan didikung Apple CarPlay dan Android.

Supaya terasa ergonomis, mobil ini juga mendapatkan switch control steering yang langsung terhubung dengan head unit serta panel intrument cluster. Tak hanya itu, steernya juga dilengkapi cruise control serta paddle shift yang diletakan di balik lingkar kemudinya.

Supaya penggunanya merasa lebih nyaman dan mudah, mobil ini juga dilengkapi dengan wireless smartphone integration, Active driving display (ADD), auto climatic control A/C, pengaturan seat 6 arah pada pengemudi dan 4 arah di penumpang depan. Selain itu juga, terdapat tombol mode berkendara di belakang shift knob, power window, electric mirror, dan start/stop engine.  

Toyota Vios

Interior Toyota Vios

Lalu bagaimana dengan Toyota Vios? Pada sistem hiburannya mobil ini disematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang disematkan sudah mendukung konektivitas AM/FM, USB, Bluetooth, Aux, serta kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Pada sistem infotaimentnya ini, kalian juga bisa melakukan pengaturan melalui tombol yang terdapat di lingkar kemudinya. Selain itu, salah satu tombolnya juga bisa digunakan untuk melakukan setting terhadap kendaraan langsung yang ditampilkan melalui TFT MID pada meter clusternya. Sama seperti Mazda 2 Sedan, mobil ini mendapatkan fitur paddle shift yang diletakan di belakang setirnya tersebut.

Melihat sistem pendingin udara Vios mendapat tampilan digital dengan Auto AC untuk melakukan pengaturan suhu udara secara otomatis. Dengan begitu pengguna mobil tidak perlu lagi mengatur AC secara manual ketika berkendara yang tentunya meningkatkan kepraktisan berkendara.

Supaya lebih nyaman, mobil ini juga dilengkapi pilihan mode berkendara, electric mirror, retractable, power window serta start/stop engine.

Baca juga: Mazda 2 Sedan 2022, Mobil Murah Stylish Cocok Buat Anak Muda

Fitur Keselamatan Toyota Vios Lebih Komplit?

Mazda 2 Sedan

Fitur keselamatan Mazda 2 Sedan

Pada sisi keselamatan berkendara, Toyota Vios G CVT dilengkapi dengan 7 buah airbags sebagai tingkat perlindungan utamanya.

Selain itu, ada juga Vehicle Stabilly Control (VSC), Brake Assist (BA), Traction Control (TRAC), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Anti Lock Braking System (ABS) dan Smart Stop Technology (SST). Untuk mengecek besarannya tekanan angin pada ban, mobil ini juga dilengkapi dengan Tire Pressure Monitor System (TPMS).

Pada sistem pengereman, mobil ini juga sudah dilengkapi ABS (Anti Lock Breaking System) yang dikombinasikan dengan EBD ( Electronic Breaking Distribution dan BA atau (Brake Assist). Ada juga fitur Hill-Start Asisst (HSA) yang dapat mencegah mobil mundur seketika ketika berada diposisi jalan yang miring.

Melihat Mazda 2 Sedan, dari segi keselamatan berkendara pada struktur rangkanya menggunakan baja tarik ultra-tinggi yang memberikan kekuatan dengan bobot rendah. Sedangkan kerangka menyerap dan menyalurkan energi dari kabin.

Supaya semakin nyaman saat digunakan, mobil ini dilengkapi G-Vectoring Control Plus (GVC Plus), Dual Front dan Side & Curtain airbags, ABS, Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC), serta Traction Control System (TCS). Tak tertinggal fitur canggih berupa Rear parking sensors (Corner & Center), BSM dan RCTA bisa kalian temui didalamnya.

Sama-sama 1.500 Cc, Mazda 2 Sedan Lebih Bertenaga

Mazda 2 Sedan

Mesin Skyactiv- G Mazda 2 Sedan

Toyota Vios G CVT ditanamkan mesin 2NR-VE In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i secara melintang yang mempunyai tingkat durabilitas cukup baik. Menurut spesifikasi, jantung mekanis yang digunakan memiliki kubikasi 1.496 cc mampu melucutkan tenaga hingga 107 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 140 Nm @4.200 rpm. Untuk transmisinya, mobil ini menggunakan CVT 7-percepatan.

Bicara jantung pacu yang disematkan pada Mazda 2 Sedan, mobil ini dibekali mesin Skyactiv- G 1.5 In-line, 4-cylinder DOHC 16 valve with Dual S-VT (Sequential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control) 1.496 cc yang terasa responsif dan diklaim tetap hemat bahan bakar. Di atas kertas, mesinnya mampu menyemburkan tenaga sebesar 111 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 144 Nm @4.000 rpm. Sebelum diarahkan ke penggerak roda depan, puataran mesin yang dihasilkan dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui spesifikasi keduanya melalui ulasan di atas, dapat ditarik bahwa secara dimensi body Toyota Vios lebih besar namun tidak dengan wheelbasenya. Bicara fitur unggulan, Mazda 2 Sedan lebih komplit sehingga mampu memberikan kenyaman kepada setiap penggunannya.

Untuk fitur keselamatan, baik Toyota Vios maupun Mazda 2 Sedan memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanya saja sedan terbaru Mazda lebih sedikit lebih aman berkat adanya i-ACTIVSENSE. Oh iya, sama-sama mengandalkan mesin 1.500 cc, untuk tenaga dan torsinya Mazda 2 Sedan lebih jumawa.

Baca juga: Budget di Bawah Rp300 Juta, Pilih Toyota Yaris GR Sport CVT atau Toyota Vios G CVT?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil