Makin Aman, Inilah Fitur Keselamatan Nissan Juke Selengkapnya

Franky · 8 Jul, 2020 11:00

Makin Aman, Inilah Fitur Keselamatan Nissan Juke Selengkapnya 01

Nama Nissan Juke mungkin tidak terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Sejak kemunculan pertamanya di tahun 2011, mobil Sport Utility Vehicle (SUV) besutan Jepang ini sukses mencuri perhatian publik dengan desain bodinya yang radikal. Bagaimana tidak, mobil yang dibanderol mulai dengan harga Rp 303 jutaan ini mempunyai desain bodi ala mobil kuno tahun 1960-70an yang didominasi dengan lengkungan fender berotot dan bentuk bodi yang menggelembung.

Jika berbicara tentang sejarah mobil Nissan Juke, mobil ini pertama kali dikenalkan di publik pada tahun 2010 melalui Geneva Motor Show. Sedangkan di Indonesia, Nissan Juke mulai dikenalkan dan dipasarkan di tahun 2011 oleh PT Nissan Motor Distributor Indonesia.

Penjualan awal mobil ini dapat dibilang sukses karena melampaui target dan ekspektasi perusahaan. Pada awal penjualannya, Nissan Juke memperoleh angka penjualan sebesar 9.573 unit. Memang, PT. Nissan Motor Indonesia menyadari betul adanya pro dan kontra dari desain mobil ini yang dapat dikatakan Anti Mainstream. Bahkan mobil ini disebut “Enemy of The Ordinary” karena bentuknya yang dianggap nyeleneh oleh publik.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jika berbicara tentang spesifikasi mobil ini, Nissan Juke tidak main-main karena dibekali dengan mesin HR15DE berkapasitas 1.500 cc. Mesin ini juga digunakan pada mobil besutan Nissan lainnya seperti Nissan Grand Livina dan Nissan Evalia. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini kami menyajikan tabel spesifikasi Nissan Juke 2015.

Spesifikasi Nissan Juke 2015
Dimensi Bodi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.135 mm x 1.765 mm x 1.565 mm

Wheelbase

2.530 mm

Performa Mesin

Tipe Mesin

1.5 Liter DOCH 4 Silinder Segaris (HR15DE)

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Daya Maksimum

114 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

150 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

XTRONIC CVT

Kaki-Kaki

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Setelah membahas spesifikasi dan daya tarik mobil ini, satu pertanyaan muncul yaitu bagaimana dengan fitur keselamatan Nissan Juke? Karena tentu fitur ini sangat penting demi keamanan pengemudi dan penumpang.

Fitur Keselamatan Nissan Juke

Masuk dalam fitur keselamatannya, Nissan Juke menyediakan berbagai fitur inovatif yang dapat membuat aman para penggunanya. Seperti adanya Seatbelt di setiap kursi, Dual SRS Airbag di bagian pengemudi dan penumpang, Rear Parking View, pengereman dengan sistem ABS, EBD, dan BA, dan masih banyak lagi.

Makin Aman, Inilah Fitur Keselamatan Nissan Juke Selengkapnya 01

Desain bodi Nissan Juke yang Anti Mainstream karena berbeda dengan mobil SUV lainnya

Untuk lebih jelasnya, kami akan menjelaskan secara singkat dan jelas mengenai fitur keselamatan Nissan Juke di bawah ini.

1. Fitur Keselamatan Aktif Nissan Juke

Yang pertama akan dibahas soal fitur keselamatan aktif Nissan Juke. Terdapat beberapa komponen penting yang sifatnya dapat menunjang keselamatan berkendara Anda. Berikut informasi selengkapnya.

  • Dilengkapi Sistem ABS, EBD, dan BA

Untuk keamanan aktif mobil Nissan Juke telah terdapat sistem rem ABS, EBD, dan BA yang berfungsi untuk menghindari kecelakaan. Sistem ini telah ada di semua varian mobil Nissan Juke.

Makin Aman, Inilah Fitur Keselamatan Nissan Juke Selengkapnya 02

Ilustrasi perbedaan ada dan tidak adanya sistem ABS, EBD, dan BA pada mobil

Anti-Lock Braking System (ABS) adalah sebuah sistem rem untuk menghindari kecelakaan, mengendalikan kendaraan, dan mencegah selip saat pengemudi melakukan rem secara mendadak. ABS bekerja dengan adanya sensor yang mengirimkan sinyal untuk apakah ada roda yang akan dikunci secara otomatis, sehingga pengemudi dapat mengendalikan kendaraan dengan baik.

Sedangkan Electronic Brake Distribution (EBD) adalah fitur yang membantu ABS untuk menjalankan tugasnya lebih sempurna. EBD ini bekerja dengan mengidentifikasi keadaan jalan, muatan, kecepatan untuk mengatur pengereman.

Adanya Brake Assist (BA) di sistem pengereman Nissan Juke 2015 ini membuat mobil lebih aman. Brake Assist sendiri mempunyai fungsi untuk mengoptimalkan pengereman di saat adanya sensor sinyal yang masuk. Kolaborasi ketiga sistem ini membuat pengguna Nissan Juke akan merasa aman ketika berkendara.

  • Parkir Lebih Aman dengan Rear Parking Sensor dan Rear View Camera

Fitur keselamatan selanjutnya adalah adanya Rear Parking Sensor dan Rear View Camera di setiap varian mobil Nissan Juke. Pengguna tidak perlu khawatir untuk melakukan parkir mundur karena adanya kedua fitur ini.

Makin Aman, Inilah Fitur Keselamatan Nissan Juke Selengkapnya 03

Head Unit yang terdapat fitur Rear View Camera

Di Head Unit berukuran 7” ini akan menampilkan bagian belakang mobil saat melakukan parkir mundur. Dengan adanya Rear Parking Sensor, mobil akan mendeteksi bagian belakang mobil sehingga tidak akan menyebabkan adanya benturan.

2. Fitur Keselamatan Pasif Nissan Juke

Setelah puas membahas tentang fitur aktif, kita akan beranjak ke segmen fitur keselamatan pasif Nissan Juke. Umumnya, di segmen ini lebih menonjol soal pembahasan Airbags dan Seat Belt.

  • Dual Front SRS Airbag

Fitur keselamatan pertama yang dipunyai oleh Nissan Juke adalah adanya Dual Front SRS Airbag. Fitur ini telah tersedia di semua tipe. Mungkin fitur ini juga ditemukan di mobil merk lain. Tentu saja fitur ini sangat penting karena dapat melindungi pengemudi dan penumpang jika terjadi benturan yang tidak diinginkan.

Makin Aman, Inilah Fitur Keselamatan Nissan Juke Selengkapnya 04

Terdapat dua Airbag di bagian pengemudi dan penumpang pada mobil Nissan Juke

Dual Airbag terdapat di bagian depan yaitu bagian lingkar kemudi dan Dashboard. Jadi pastikan untuk tidak menempatkan suatu barang di atas Dashboard demi kemaksimalan fitur ini.

Sistem Airbag ini adalah ketika adanya benturan atau tabrakan keras, sensor mobil akan mengirim sinyal dan secara otomatis Airbag akan mengembang dan melindungi Anda dari benturan. Sehingga para pengguna tidak akan mengalami cedera.

  • Seat Belt di Setiap Kursi

Jika berbicara tentang fitur keselamatan, tentu tidak terlepas dengan Seat Belt ini. Dalam mobil Nissan Juke semua varian telah disediakan sabuk pengaman di setiap kursi para pengguna.

Makin Aman, Inilah Fitur Keselamatan Nissan Juke Selengkapnya 05

Terdapat Seat Belt yang membuat pengguna semakin aman di setiap kursi

Lebih amannya lagi, telah terdapat Seat Belt Adjuster yang berfungsi untuk menyesuaikan tinggi bahu penumpang. Jadi selain membuat aman, Seat Belt Adjuster ini juga dapat membuat nyaman para penggunanya.

Kesimpulan

Dari kedua varian mobil Nissan Juke, sudah menyediakan berbagai fitur keselamatan yang memberikan keamanan untuk penggunanya. Lebih hebatnya lagi, semua tipe yang ditawarkan, sudah menyediakan fitur keselamatan yang sama.

Namun di antara kedua varian Nissan Juke yaitu 1.5 RX dan 1.5 RX Revolt juga mempunyai perbedaan yang mencolok pada bagian eksteriornya. Sebagai contoh eksterior varian Revolt, varian tertinggi Nissan Juke, mempunyai warna kombinasi yang membuat mobil lebih terlihat Sporty.

Jika Anda ingin mempunyai mobil dengan eksterior yang Epic dan sporty, Nissan Juke Revolt dapat dijadikan pilihan.

Setelah membaca ulasan singkat kami mengenai fitur keselamatan Nissan Juke, apakah Anda sudah menentukan pilihan?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Nissan Juke 1.5 CVT Black Interior

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru