5 Kelebihan Nissan Juke yang Belum Banyak Orang Tahu

Enda · 9 Mei, 2022 13:00

5 Kelebihan Nissan Juke yang Belum Banyak Orang Tahu 01

Jauh sebelum kemunculan Honda HR-V, pada tahun 2011 PT Nissan Motor Indonesia meluncurkan Nissan Juke sebagai crossover kompak. Kelebihan Juke yaitu hadir dengan bentuk yang unik, futuristik sekaligus sporty.

Ketika diperkenalkan pertama kali, Juke mampu memikat konsumen Tanah Air. Hal ini dibuktikan berdasarkan angka penjualannya, selama 2011 NMI berhasil mendistribusikan Juke sebanyak 9.573 unit ke konsumen.

Namun sayang, seiring bertambahnya usia, minat konsumen Indonesia terhadap Nissan Juke kian meredup. Hal ini membuat NMI harus menutup kran penjualan SUV nya tersebut pada tahun 2017.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Bicara kondisi bekasnya, Nissan Juke lansiran awal ini cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, untuk pasaran harga bekasnya saat ini Juke ditawarkan mulai dari Rp105 juta.

Punya harga bekas yang semakin terjangkau, berikut 5 kelebihan Nissan Juke yang belum banyak orang tahu.

Baca juga: Nissan Juke Hybrid 2022 Tawarkan Konsumsi BBM Super Irit, Transmisinya Unik

1. Kelebihan Nissan Juke; Punya Banyak Sistem Pencahayaan

Keistimewaan Nissan Juke

Nissan Juke punya banyak sistem pencahayaan utama

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, secara tampilan fasad Nissan Juke punya desain yang terbilang unik, futurstik sekaligus sporty. Untuk bentuknya sendiri menyerupai katak raksasa.

Mengenai sistem pencahayaannya, mobil ini mampu memberikan visibilitas yang cukup baik ketika berkendara di malam hari. Pada bagian fascianya, Juke menerima lampu yang seolah dibagi menjadi tiga bagian.

Posisi paling atas, mobil ini disematkan lampu halogen dengan reflektor pipih dan menyudut yang dibuat menyatu dengan lampu sein sebagai sinyal untuk berbelok.

Lampu utamanya sendiri mengandalakan bohlamp halogen yang diletakan di bumpernya. Namun untuk generasi faceliftnya yang diperkenalkan pada 2015, pada lampu utamanya Juke berhasil diaplikasikan projector Xenon dengan fitur auto on/off dan auto leveling. 

Bukan cuma itu, pada air damnya mobil ini mendapat tambahan foglamp model bulat yang tentunya sangat berguna ketika berkendara di tempat yang minim penerangan. Untuk lampu belakangnya, Nissan telah membenamkan LED Signature dengan tambahan High-Mounted Stop Lamp serta desain Tail-lamp membuatnya terkesan sporty.

2. Pakai Mesin Livina 1.5L, Perawatan Nissan Juke Tak Terlalu Sulit

Keistimewaan Nissan Juke

Mesin HR15DE Nissan Juke yang juga dipakai Livina dan Evalia

Keistimewaan berikutnya yang dimiliki mobil ini ada pada jantung pacunya. Menurut spesifikasi, Nissan Juke menggendong mesin 1.500 cc yang sama persis digunakan oleh Livina dan Evalia.

Di atas kertas, mesin bensin berkombusi injeksi dengan kode HR15DE Dual CVTV DOHC 4-silinder segaris berkubikasi 1.498 cc yang digunakan, dapat meletupkan tenaga hingga 114 PS di angka 6.000 rpm serta torsi 150 Nm di puataran 4.000 rpm. Sebelum tenaga yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda depan, untuk tingkat percepatannya semua Juke di Indonesia ditawarkan dengan transmisi Xtronic CVT.

Mengenai perawatannya, mesin yang juga dipakai ini terbilang mudah. Hanya saja sebagai catatan, Juke diwajibkan untuk selalu menggunakan RON92 atau Pertamax setiap kali mengisi bahan bakar. Apabila pengguna memakai bensin di bawah itu, hal yang sering kali terjadi ialah timbul suara ngelitik ketika menanjak atau setelah melewati polisi tidur.

Baca juga: Referensi Modifikasi Nissan Juke, Bisa Tampil Sangar atau Elegant

3. Fitur Keselamatan Nissan Juke, Lengkap di Zamannya

Keistimewaan Nissan Juke

Fitur keselamatan Nissan Juke terbilang lengkap di zamannya

Menyoal faktor keselamatan, Nissan Juke dibekali dengan fitur yang terbilang lengkap di zamannya. Seperti yang terlihat, untuk fitur keselamatan aktifnya dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Brake Distribution.

Seperti yang diketahui, ABS sendiri berfungsi untuk menghindari kecelakaan, mengendalikan kendaraan, dan mencegah selip saat pengemudi melakukan rem secara mendadak. Fitur ini bekerja dengan adanya sensor yang mengirimkan sinyal mencegah roda yang terkunci secara otomatis, sehingga pengemudi dapat mengendalikan kendaraan.

Sedangkan EBD berguna untuk membantu ABS untuk menjalankan tugasnya lebih sempurna. EBD bekerja dengan mengidentifikasi keadaan jalan, muatan, kecepatan untuk mengatur pengereman  yang membantu pengereman menjadi lebih halus dan aman.

Lain dari itu, Juke juga dilengkapi dengan rear parking sensor dan rear view camera yang terintergrasi dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inci untuk memudahkan pengguna ketika memakirkan kendaraan. Untuk keselamatan pasifnya terdapat SRS airbag, ISOFIX dan seat belt yang tersedia disemua kursinya.

Oh iya, Nissan Juke telah diaplikasikan keyless remote sebagai fitur keamanan. fitur berupa Intelligent Key ini membuat penggunanya terasa dimudahkan ketika mengunci atau membuka pintu. Disisi lain, penggunanya juga hanya cukup menekan tombol start/stop engine ketika hendak menyalakan dan mematikan mesin.

4 Kelebihan Nissan Juke, Nyaman Buat Pengemudi

Keistimewaan Nissan Juke

Area kokpit Nissan Juke

Sebagai crossover kompak, gaya berkendara Nissan Juke ini terasa cukup nyaman. Di baris pertamanya mobil ini terasa begitu ergonomis berkat desain, serta letak fitur yang dibuat saling berdekatan.

Sistem hiburannya sendiri menggunakan 2 DIN layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung konektifitas Wi-Fi, MP3 Function, USB Connection, AUX serta Bluetooth Connection. Guna memudahkan pengemudi disaat melakukan penyetelan, pada lingkar kemudinya dilengkapi dengan control switch steering.

Perlu diketahui, untuk sistem pendingin udaranya Nissan Juke telah mengaplikasikan climate control. Dan untuk menyesuaikan keingininan pengemudi, maka Nissan sendiri telah memberikan tiga mode berkendara, meliputi NORMAL, SPORT dan ECO.

Karena desainnya yang driver oriented, maka kenyamanan hanya bisa dirasakan oleh pengemudi atau penumpang depan. 

5. Nissan Juke Sanggup Membawa Barang Banyak

Keistimewaan Nissan Juke

Kapasitas daya angkut Nissan Juke terbilang besar

Ketika sedang berpergian keluar kota dengan membawa barang yang banyak, menggunakan Nissan Juke tidak perlu khawatir. Pasalnya untuk kapasitas bagasinya mobil ini bisa dimaksimalkan mencapai space bagasi yang bisa dimaksimalkan 354 liter.

Pelipatan bangku belakangnya pun terbilang mudah dengan metode rasio pelipatan 60 banding 40. Mengenai posisi duduk di baris kedua pun cukup nyaman. Hanya saja pada baris ini ruang kaki cukup sempit serta head room yang terbatas, sehingga lebih cocok digunakan untuk penumpang dengan postur tinggi badan di bawah 165 cm.

Baca juga: Makin Aman, Inilah Fitur Keselamatan Nissan Juke Selengkapnya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Nissan Juke 1.5 CVT Black Interior

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru