Nissan Juke, Crossover Unik Penantang Honda HR-V yang Kini Terlupakan

Mark Jacob · 10 Agu, 2020 09:00

Nissan Juke, Crossover Unik Penantang Honda HR-V yang Kini Terlupakan 01

Nama Nissan Juke rasanya beberapa tahun belakangan ini sudah mulai jarang terdengar di telinga pecinta otomotif Indonesia. Padahal crossover yang dijual di Tanah Air seharga Rp303 jutaan hingga Rp332 jutaan ini punya desain yang unik dan fitur yang cukup oke. Lantas, bagaimana tentang spesifikasi Nissan Juke, mobil berkapasitas 5 orang penumpang yang satu ini?

Sayangnya, banyak orang menilai jika desain yang diusung oleh Nissan Juke yang ada saat ini cukup usang atau ketinggalan zaman. Modelnya belum mendapatkan penyegaran sehingga kalah bersaing. Desain Nissan Juke didominasi oleh lengkung fender berotot dan ground clearance yang tinggi. Desain tersebut terinspirasi dari gaya desain Nissan Maxima, mobil listrik konsep Nissan yang dipamerkan di ajang Frankfurt Auto Show 2007.

Eksterior Nissan Juke

Beberapa orang mengatakan jika desain Nissan Juke terlihat seperti menggelembung bagaikan kodok raksasa. Lampu depan model membulat dengan lampu halogen biasa dan lampu senja serta lampu sein mirip alis membuat desainnya terlihat sedikit aneh bagi sebagian orang. Di sisi samping, pintu bagian belakang mengadopsi model coupe, dengan gagang pintu yang berada sedikit di atas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Nissan Juke, Crossover Unik Penantang Honda HR-V yang Kini Terlupakan 01

Pada generasi yang ada saat ini, Nissan Juke mengalami ubahan. Lampu yang tadinya halogen kini sudah memakai projector Xenon dengan fitur auto on/off dan auto leveling. Desain grille juga mengadopsi bahasa desain dengan aksen V Motion khas Nissan. Konsumen dapat memilih 5 varian warna yang ditawarkan mulai dari smokey grey metallic, diamond silver metallic, burning red, floral white dan pacific blue.

Interior Nissan Juke

Di bagian interior, Nissan Juke menawarkan tempat duduk 5 penumpang. Konfigurasi joknya pun cukup fleksibel, karena jok belakang dapat dilipat hingga rasio pelipatan 60 banding 40. Sehingga dapat memudahkan untuk membawa barang berukuran besar. Posisi duduknya terbilang nyaman dan ergonomis. Di bagian depan, ruang kaki cukup lega dengan ruang kepala yang tak kalah lega.

Nissan Juke, Crossover Unik Penantang Honda HR-V yang Kini Terlupakan 02

Di jok belakang, sayangnya ruang kepalanya sedikit sempit karena model atap yang melandai ke belakang. Desain interiornya pun terbilang sederhana dan memang cukup usang dibanding kompetitornya. Di bagian tengah, Nissan memberikan head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang sudah terintegrasi dengan berbagai fitur kekinian.

Sebut saja Bluetooth, wifi, mp3, usb, radio, dan voice command. Pengemudi juga dapat mengakses berbagai fitur tersebut lewat tombol pengaturan yang ada di setir. Sehingga memudahkan saat berkendara.

Performa Spesifikasi Nissan Juke

Soal mesin, mobil ini dibekali dengan mesin berkode HR15DE dengan kapasitas 1.500 cc, 4 silinder bertenaga 112 ps @6.000 rpm dengan torsi maksimal 150 Nm @4.000 rpm. Pilihan transmisinya hanya memakai Xtronic CVT yang ada pada generasi Nissan terdahulu. Pengemudi juga dapat memilih mode berkendara yang ada pada Nissan Juke seperti mode Normal, Eco dan Sport. Sehingga pengemudi dapat memilih karakter berkendara yang diinginkan sesuai kondisi.

Nissan Juke, Crossover Unik Penantang Honda HR-V yang Kini Terlupakan 03

Fitur Nissan Juke

Fitur yang dimiliki oleh mobil berdesain unik ini juga tergolong lengkap. Seperti fitur keamanan dan keselamatan yang sudah memakai SRS airbag untuk penumpang depan dan seatbelt di seluruh kursi. Juke juga dibekali dengan system pengereman ABS dan electronic brake distribution serta brake assist yang mampu memberikan keaman saat pengereman mendadak.

Di bagian belakang, juga terdapat sensor parkir dan kamera mundur untuk kenyamanan saat melakukan parkir. Sedangkan fitur keamanannya, kuncinya sudah memakai model keyless dengan immobilizer. Mobil yang menjadi pesaing dari New Honda HR-V ini bisa dibilang sangat cocok untuk konsumen dengan jiwa muda yang menyukai petualangan.

New Honda HRV memiliki total 5 varian. Harga Harga New Honda HRV berkisar dari Rp 302 juta hingga Rp 421 jutaan. Ini merupakan harga HRV di tahun 2020. Konsumen juga bisa mencari harga promo Honda HRV dari situs otomotif.

Nissan Juke, Crossover Unik Penantang Honda HR-V yang Kini Terlupakan 04

Bagi sebagian orang, desain Nissan Juke ini dianggap aneh dan kurang proporsional untuk dilihat. Namun bagi mereka yang menyukai, Nissan Juke dianggap sebagai salah satu mobil crossover dengan desain yang sporty. Namun kenyatannya, Nissan Juke kurang laku di Indonesia. Apakah mungkin karena desainnya yang unik? Atau spesifikasi Nissan Juke yang cukup baik? Sampaikan di kolom komentar ya!

Nissan Juke
Harga Rp303 jutaan - Rp332 jutaan OTR Jakarta
Spesifikasi Teknis Nissan Juke
Mesin 1.500 cc, 4 silinder, DOHC
Bertenaga 112 ps @6.000 rpm
Dengan torsi 150 Nm @4.000 rpm
Penggerak Roda depan
Transmisi Xtronic CVT dengan mode Normal, Eco dan Sport
Suspensi depan MacPherson strut with coil spring
Suspensi belakang Torsion beam
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Solid disc
Velg dan ban 17 inci - 215/55

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

Komentar

Harga tukar tambah yang adil

Nissan Juke 1.5 CVT Black Interior

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru