window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Masih Ragu-Ragu Pakai Mobil Listrik? Ini Yang Dijamin Hyundai Buat Pemilik IONIQ 5

Prasetyo · 5 Jul, 2022 12:07

Masih Ragu-Ragu Pakai Mobil Listrik? Ini Yang Dijamin Hyundai Buat Pemilik IONIQ 5 01

  • Hyundai IONIQ 5 kini jadi tren pengguna mobil listrik di Indonesia.
  • Buat yang masih khawatir soal baterainya, Hyundai sudah menjamin dengan proteksi terbaik.
  • Ada juga garansi ganti baterai baru jika ditemukan masalah.

Hyundai IONIQ 5 sepertinya solusi masa depan atas kekhawatiran orang yang mau beralih ke mobil listrik. Tidak bisa dipungkiri memang, momok menakutkan dari kendaraan tanpa bahan bakar minyak ini dikhawatirkan menyimpan sejuta masalah.

Paling krusial tentu dari sisi ketahanan baterainya. Stigma orang, terutama masyarakat Indonesia akan komponen listrik yang rentan menimbulkan masalah masih melekat kuat. Diantaranya sanggupkan mobil listrik dipakai saat kondisi hujan atau bahakan terjadi genangan air sampai banjir.

Masih Ragu-Ragu Pakai Mobil Listrik? Ini Yang Dijamin Hyundai Buat Pemilik IONIQ 5 02

Sistem motor listrik Hyundai IONIQ 5

Tony Hadiyanto, Head of Parts Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) juga tak memungkiri adanya ketakutan itu. Namun menurutnya, Hyundai secara global sudah memikirkan solusi yang paling tepat guna menghapus kekhawatiran masyarakat akan mobil listrik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hanya saja, kata dia, pemilik mobil wajib memahami perawatan dan batasan-batasan aman yang bisa dilakukan kendaraannya. Ya, sebenarnya ini berlaku juga buat mobil bermesin bakar internal (ICE).

Baca juga : Tak Pengaruh Harga Mahal, Hyundai IONIQ 5 Bikin Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Meroket

Hyundai IONIQ 5 Tak Masalah Lewati Genangan Air

Masih Ragu-Ragu Pakai Mobil Listrik? Ini Yang Dijamin Hyundai Buat Pemilik IONIQ 5 01

Makin banyak masyarakat Indonesia gunakan mobil listrik

Lebih lanjut Tony menjelaskan jika IONIQ 5 sudah memiliki proteksi tinggi terhadap sistem baterai listriknya. Jadi jangan ragu kalau saat menggunakan mobil ini tiba-tiba turun hujan lebat dan muncul genangan air.

"Bisa lewat tapi perhatikan ketinggian airnya. Jangan sampai lebih dari setengah ban," katanya. Begitupun kalau ternyata mobil terendam banjir. Maka IONIQ masih bisa bertahan karena sistem sel baterainya sudah terproteksi dengan baik.

Masih Ragu-Ragu Pakai Mobil Listrik? Ini Yang Dijamin Hyundai Buat Pemilik IONIQ 5 02

Charging saat hujan juga tetap aman

Tapi kata dia, sebaiknya pada saat mobil terendam banjir ketika tengah diparkir, jangan langsung dihidupkan. Panggil tim teknisi dari Hyundai adalah langkah terbaik. Karena nantinya dilakukan dahulu pengecekan sistem baterai, apakah ada kebocoran atau masih aman.

Perlakuannya Mirip Mobil Mesin Bakar

Masih Ragu-Ragu Pakai Mobil Listrik? Ini Yang Dijamin Hyundai Buat Pemilik IONIQ 5 03

Efek water hammer di mobil mesin bakar

Sebenarnya apa yang dijelaskan Tony tak jauh berbeda dengan perawatan mobil ICE. Jika memang mobil dipaksa menerobos genangan air yang terlalu tinggi, dikhawatirkan terjadi water hammer pada sistem mesin akibat air merembes ke dalam blok mesin dan mempengaruhi kinerja piston.

Demikian juga pada saat mobil terkena banjir sampai setinggi kendaraan. Maka sebaiknya bersihkan dahulu hingga air dan lumpur benar-benar bersih dan kering, baru mobil bisa digunakan kembali.

Baca juga : 5 Hari, Ada Ribuan Orang Indonesia Pesan Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5!

Garansi Baterai Ganti Baru

Masih Ragu-Ragu Pakai Mobil Listrik? Ini Yang Dijamin Hyundai Buat Pemilik IONIQ 5 04

Ada garansi baterai 8 tahun / 160.000 km

Balik lagi soal baterai IONIQ 5, Tony menjelaskan kalau Hyundai sudah menyiapakan layanan purna jua untuk IONIQ 5. Termasuk jaminan garansi baterai hingga 8 tahun atau 160.000 kilometer.

Tak hanya itu, Hyundai juga melakukan pergantian langsung secara gratis apabila ditemukan kondisi kesehatan baterai di bawah 70%. "Pada tipe Standard baik Prime maupun Signature punya 24 modul. Sedangkan Longe Range yang berada di dua variannya memiliki 32 modul. Jika salah satu modul dicek menggunakan alat kondisinya di bawah 70% selama masih ada garansi dari kami, maka baterai kami ganti baru," katanya.

Masih Ragu-Ragu Pakai Mobil Listrik? Ini Yang Dijamin Hyundai Buat Pemilik IONIQ 5 05

Layanan charging listrik darurat 24 jam dari Hyundai

Jangan khawatir juga mobil kehabisan daya baterai pada saat dipakai pelesir ke daerah. Karena Hyundai juga menyiapkan EV Mobile Charging Service. Ini adalah layanan pengisian daya darurat selama 24 jam yang membantu memberikan daya tambahan kepada kendaraan listrik pelanggan agar mereka dapat membawa kendaraannya ke stasiun pengisian daya terdekat. Saat ini Mobile Charging Service Hyundai sendiri tersedia di area Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

Baca juga : Hyundai IONIQ 5: Kondisi Battery Health di Bawah 70% Langsung Ganti Baru Selama Masa Garansi!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia