Menilik Kepraktisan Antara Suzuki New Carry dan Daihatsu Gran Max, Lebih Praktis Mana?

Enda · 13 Jun 2020 16:00

Ketika mencari sebuah kendaraan jenis pick up, maka akan ada beberapa opsi ditawarkan. Namun sebelum membeli, baiknya ketahui soal kepraktisan.

Suzuki New Carry diketahui memiliki kepraktisan baik kabin penumpang maupun bak untuk muat barang. Namun kita tidak bisa langsung menyimpulkan bahwa Suzuki New Carry lah yang paling praktis, sebagai kendaraan niaga di kisaran harga Rp150 jutaan.

Pasalnya ada sang kompetitor utama yang kerap kali membuat calon pembeli pusing saat diharuskan memilih. Pick up dari keluarga Astra, Daihatsu Gran Max hadir lebih dulu dengan menyajikan kepraktisan yang sepadan.

Sebelum membandingkan diantara keduanya, setidaknya akan ada empat parameter dalam pembahasan komparasi kali ini. Pembahasan dalam hal kepraktisan nantinya akan meliputi kapasitas bak, luas kabin, gaya berkendara, serta laci penyimpanan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kesimpulan antara Suzuki New Carry dan Daihatsu Gran Max lebih praktis mana.

Kapasitas bak

Sebagai pengganti Carry Futura dan Mega Carry, Suzuki New Carry ditawarkan dengan dua pilihan kargo, Flat Deck dan Wide Deck. Begitupun juga Gran Max, Daihatsu menawarkan bak Standard dan Three Away yang diklaim sebagai bak terluas dijajarannya. Dalam segi kepraktisan penggunaan bak, Keduanya sama-sama bisa dibuka dari tiga sisi dan mampu memuat barang hingga 1 ton. Menyoal dimensi, Daihatsu harus mengakui bahwa New Carry lebih menjuarai dalam ukuran kargo. 

Suzuki New Carry

Suzuki New Carry
Flat Deck 2.505mm x 1.665mm x 360mm
Wide Deck 2.505mm x 1.745mm x 425mm

Daihatsu Gran Max

Daihatsu Gran Max
Standard 2.350mm x 1.585mm x 300mm
Three Way 2.350mm x 1.585mm x 360mm

Luas kabin

Seakan mengerti keinginan konsumen, baik Gran Max maupun New Carry, ditawarkan dengan kabin luas yang bisa dimuat hingga tiga orang. Untuk menciptakan gaya gerak yang bebas, keduanya sama-sama meletakan tuas transmisi pada Center Cluster. Namun saat bicara kepraktisan, New Carry masih terbilang unggul.

Mobil Suzuki Carry Pick up tersedia dalam 6 varian. Harga Suzuki Carry berkisar dari Rp 146 juta hingga Rp 160 jutaan. Ini merupakan harga Suzuki Carry 2020 yang tidak terlalu beda juh dengan harga Suzuki Carry 2019. Dimana Suzuki Carry 2019 hanya tersedia dalam 4 varian dan dibanderol dengan biaya berkisar dari Rp 136 juta hingga Rp 145 jutaan.

Terlihat lekukan desain fender atau biasa disebut spakbor dalam kabin New Carry tidak dapat dijumpai. Berbeda dengan Gran Max, kita masih bisa menjumpai lekukan fender tadi sehingga dapat menggangu pijakan dalam kabin. Hal ini juga dikarenakan poros roda pada Gran Max lebih maju ketimbang New Carry.

Gaya berkendara

Secara gaya berkendara, baik New Carry dan Gran Max mempunyai pandangan yang luas. Lagi-lagi bicara kepraktisan dalam gaya berkendara, New Carry masih unggul. Suzuki sendiri telah menawarkan varian yang tengah dilengkapi Power Steering. Sehingga dalam melakukan poros putar, stir akan terasa lebih mudah dan enteng. Selain itu jok pada pengemudi juga bisa diatur menyesuaikan posisi agar pengemudi lebih berkonsentrasi dan tidak mudah lelah dalam berkendara.

Laci Penyimpanan

Sebagai mobil niaga laci penyimpanan barang sangatlah penting. Daihatsu dan Suzuki nyatanya sangat memperhatikan hal ini. Gran Max sendiri telah menyematkan dua Glove Box yang bisa digunakan untuk menaruh berbagai alat untuk keperluan bisnis. Selain itu Daihatsu juga menyematkan konsol yang diletakan di bawah kisi-kisi lover AC sebelah kanan pengemudi, guna memberi kemudahan untuk menaruh uang koin atau benda kecil lainnya.

Suzuki pun tidak ingin kehilangan ide, bahkan Suzuki New Carry memiliki tiga buah Glove Box, yang dua terletak di Dashboard bagian penumpang dengan ukuran lebih besar dibanding Glove Box Gran Max. Suzuki tidak memberi penutup pada Glove Box rupanya agar penumpang atau pengemudi dengan mudah menaruh alat keperluan bisnis. Selain itu Glove Box kecil di tengah yang berada tepat di bawah knob pengaturan AC bisa digunakan untuk menaruh Handphone atau E-Toll Card dengan lebih praktis.

Lagi-lagi soal laci penyimpanan New Suzuki Carry Pick up masih terbilang sangat praktis.

Saat bicara kepraktisan membuka bak, keduanya sama-sama praktis dan ditawarkan dengan kargo yang bisa dibuka melalui tiga sisi. Tampilan dalam keduanya juga terlihat lapang, dikarenakan tuas transmisi kini diletakan pada Center Cluster yang menempel pada Dashboard. Dalam hal ini baik penumpang maupun pengemudi dapat bergerak secara bebas.

Namun kesimpulan yang bisa didapat dari parameter di atas, Suzuki New Carry memiliki kepraktisan lebih unggul dari Daihatsu Grand Max. Namun begitu keputusan kembali ada ditangan Anda.

Perlu diperhatikan juga, keduanya memiliki harga yang sama yakni dibanderol Rp153.1 juta untuk masing-masing tipe teratas. New Carry mempunyai tampilan eksterior maupun interior terlihat lebih segar. Meskipun Daihatsu tidak memberikan penyegaran terhadap Gran Max, suku cadangnya mudah untuk ditemui, mengingat memiliki banyak persamaan dengan Terios maupun Xenia. 

Komentar

Mobil Terbaru