window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi D:X Concept Jadi Penerus Delica yang Berteknologi PHEV

Prasetyo · 25 Okt, 2023 17:31

mitsubishio d:x concept 2023

Mitsubishi D:X Concept 2024 merupakan MPV 6-seater sebagai penerus Delica yang menggunakan tenaga PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle).

Mitsubishi juga ikut membuat kejutan di pameran Japan Mobility Show 2023 dengan menampilkan Mitsubishi D:X Concept.

Banyak yang menyebut jika D:X Concept merupakan penerus dari Mitsubishi Delica untuk menembus era elektrifikasi yang saat ini memang sudah dijalani seluruh pabrikan otomotif dunia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

mitsubishio d:x concept 2023

Konsep MPV namun setangguh SUV

Sayangnya ini baru sebatas konsep sehingga bisa saja penampilannya berbeda ketika diproduksi massal nantinya.

"Mitsubishi D:X Concept adalah sebuah mobil konsep yang menggabungkan teknologi terbaik Mitsubishi Motors, khususnya teknologi elektrifikasi dan all-wheel control," kata Takao Kato, President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors.

Baca juga: Honda Tampilkan 4 Mobil Konsep di Japan Mobility Show 2023, Sport Car Listrik Sampai Taksi Tanpa Pengemudi

Mitsubishi D:X Concept MPV Crossover Hybrid

mitsubishio d:x concept 2023

Compact tapi terlihat tangguh

Menarik untuk melihat mobil terbaru Mitsubishi ini, karena sepertinya pabrikan berlambang tiga berlian itu menggambarkan D:X Concept sebagai MPV Crossover elektrifikasi.

Mobil ini menggabungkan desain body boxy khas Delica, kabin lapang alan MPV, namun punya kemampuan menerjang medan off-road layaknya sebuah SUV.

Desain bagian depannya seolah menafsirkan ulang dari konsep Dynamic Shield yang kini sudah diturunkan pada tampilan fascia depan seluruh lini mobil Mitsubishi. 

Tapi D:X Cocnept mendapatkan lampu LED strip berbentuk T di depan dengan bagian tengah yang menyambung dengan atap sebagai kaca depan, sementara di bawahnya menjadi satu dengan bemper.

Adapun lampu utamanya tersempil di sisi kiri dan kanan bemper depan seperti yang juga sudah diaplikasikan pada beberapa mobil Mitsubishi seperti Xpander hingga Xforce.

mitsubishio d:x concept 2023

Tampilan belakangnya

Alih-alih tampilan depannya futuristik, para desainer Mitsubishi malah menciptakan area sisi bodi yang terlihat kekar dengan ruang fender yang besar, pengaplikasian over fender, serta desian velg yang unik dan dipadankan ban tipe MT.

Karakter Delica terlihat dari grafis jendela samping yang memanjang dari depan kabin hingga pilar D, dan dengan pilar D yang kokoh. 

Di bagian atap juga tersemat roof box model slim, sementara di belakang juga senada ditempatkan lampu LED model T.

Warna bodinya adalah tembaga mewah yang terinspirasi dari glamping dengan tekstur semi-gloss baru yang memancarkan kesan berkualitas.

Baca juga: Toyota FT-Se dan FT-3e Gebrak Japan Mobility Show 2023, Calon GR Series Bermesin Listrik?

Kabin Lapang Tapi Futuristik

mitsubishio d:x concept 2023

Jok penumpang belakang model captain seat

Dirancang berdasarkan konsep desain "Ruang Maksimum dan Keselamatan untuk Manusia, Off-Roader Maksimal untuk Petualangan Tanpa Batas", mobil ini menggabungkan ruang kabin yang nyaman, menyenangkan dan lapang dari sebuah MPV dengan pengendalian jalan yang luar biasa dari sebuah SUV, dan memberikan performa berkendara yang bertenaga dan nyaman dari sebuah PHEV tanpa batas aktivitas yang dapat dilakukan.

Interior monobox yang luas memberikan ruang yang lebih untuk seluruh penghuninya. 

Kursi panorama yang berputar dan bergerak ke atas dan ke bawah, serta jendela depan dan kap tembus pandang yang memberikan bidang pandang terbuka dan luas menciptakan kokpit udara, menawarkan pengalaman berkendara yang belum pernah terjadi sebelumnya seolah-olah melayang di udara.

mitsubishio d:x concept 2023

Akses membuka pintunya

Kursi panorama dapat digerakkan ke atas dan ke bawah untuk posisi duduk yang optimal. 

Posisi mata yang tinggi memastikan visibilitas ke depan, membuat berkendara lebih mudah dan menciptakan rasa keterbukaan.

Saat istirahat, kursi depan dapat diputar ke belakang untuk menciptakan ruang interior di mana semua penumpang dapat menikmati percakapan.

mitsubishi d:x concept 2023

Pakai atap panoramic glass

Kap tembus pandang yang memanjang dari kaca jendela depan hingga ke bawah menampilkan kombinasi informasi seperti kondisi permukaan jalan di depan dan sudut belok ban depan.

Fitur suara interaktif AI concierge memberikan informasi tentang rute ke tujuan, kondisi cuaca, dan informasi lainnya untuk membantu memastikan pengalaman berkendara yang aman dan bebas stres.

Kesan premium diberikan oleh kulit asli berwarna cokelat yang digunakan pada panel instrumen dan jok, sedangkan bagian logam berwarna abu-abu alumit digunakan sebagai aksen untuk mengekspresikan kesan perlengkapan berkualitas tinggi.

mitsubishi d:x concept 2023

Juga pakai audio system dari Yamaha

Sebuah sound system generasi baru yang dikembangkan atas kerjasama dengan Yamaha Corporation telah dikembangkan lebih lanjut.

Untuk menghasilkan suara tiga dimensi yang bertenaga, banyak speaker diposisikan di sandaran kepala dan lokasi lain yang sesuai, sehingga menghasilkan sensasi imersi yang tinggi dan tak tertandingi dalam kabin yang lapang.

Seluruh penumpang dapat menikmati pengalaman musik yang berkualitas dan imersif, menambah keseruan petualangan sekaligus memberikan kenyamanan menenangkan saat istirahat.

Baca juga: Isuzu Bawa Truk Anti Minum Solar di Japan Mobility Show 2023

Siap Berpetualang Kemana Saja

mitsubishi d:x concept 2023

Kaca depannya sangat lebar

Mitsubishi D:X Concept menggunakan sistem kontrol S-AWC yang merupakan sistem AWD untuk kendaraan listrik.

Sementara sistem PHEV ramah lingkungan menawarkan pengalaman berkendara yang mengasyikka dengan mode EV untuk penggunaan sehari-hari dan mode hybrid untuk perjalanan jarak jauh. 

Mode berkendara yang berbeda dapat dipilih sesuai kondisi, membuat mobil siap untuk segala jenis petualangan.

Sayangnya belum disebutkan seperti apa detil spesifkasi Mitsubishi D:X Concept ini.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mitsubishi Xforce Ultimate CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia