window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA Lebih Mahal dari Toyota Avanza 1.5 G CVT Tapi Lebih Layak Dibeli

Enda · 25 Okt, 2023 13:31

Toyota Avanza

Bicara Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, kedua LMPV 7-seater ini sama-sama diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang terlihat kembar identik, Xenia dan Avanza gen 3 memiliki beberapa perbedaan terlebih di bagian fasad sebagai identitasnya.

Sebagai informasi, Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA kini dibandrol Rp275.850.000 OTR Jakarta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sedangkan Toyota Avanza 1.5 G CVT, mobil ini diniagakan Rp272.500.000 untuk harga wilayah Jabodetabek.

Memiliki selisih harga baru hanya Rp3.350.000, mending pilih Xenia 1.5 R CVT ASA atau Avanza 1.5 G CVT?

Perbedaan Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA Vs Toyota Avanza 1.5 G CVT

Eksterior

Toyota Avanza

Eksterior Avanza 1.5 G

Menyoal fitur,  Xenia 1.5 R CVT ASA dan Avanza 1.5 G CVT sama-sama disematkan lampu utama LED dengan bentuk pipih dan tajam yang mendukung fitur follow me home

Tak hanya itu, keduanya juga dilengkapi foglamp halogen yang diletakan di bumper.

Melihat bagian samping,keduanya diaplikasikan spion elektrik dengan pelipatan otomatis, serta velg 16 inci dual-tone, yang menurut kami Xenia memiliki bentuk lebih sporty.

Daihatsu Xenia

Eksterior Xenia 1.5 R

Untuk buritan, Xenia dan Avanza mempunyai fitur yang sama seperti rear wiper dan stoplamp LED dengan aksen black smoked.

Baca juga: 8 Keunggulan Daihatsu Xenia Dibanding Toyota Avanza yang Sering Tidak Terlihat

Interior

Toyota Avanza

Interior Avanza

Xenia dan Avanza gen 3 dibangun menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang dikembangkan dengan membawa konsep: kualitas tinggi harga terjangkau, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Berkat platform yang digunakan, untuk interiornya kini terasa lebih luas, terlebih keduanya memiliki jok fleksibel yang bisa disesuaikan menjadi "sofa mode" untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika melakukan perjalanan jauh.

Untuk fitur lainnya, kedua mobil ini disematkan head unit layar sentuh 9 inci yang mendukung konektifitas USB dan Bluetooth yang dipadukan dengan empat speaker serta dua buah tweeter.

Menariknya, head unit yang digunakan dapat dikendalikan melalui tombol pada setir sehingga memudahkan pengguna ketika mekakukan pengaturan.

Daihatsu Xenia

Dashboard Xenia

Lainnya,kedua mobil ini memiliki jok dengan pengaturan adjustable, tilt & telescopic steering dan MID switch steering.

Untuk layar MID yang digunakan berukuran 4,2 inci dengan tampilan modern dan informatif, kemudian AC digital dengan pengaturan otomatis yang dapat mendinginkan suhu lebih cepat, tombol start/stop engine, arm rest mulai dari baris pertama hingga kedua, AC double blower, serta laci penyimpanan barang sampai dengan baris ketiga.

Oh iya, untuk nuansa interior Xenia 1.5 R CVT ASA lebih sporty ketimbang Avanza 1.5 G CVT.

Jika Avanza didominasi dengan warna hitam, Xenia mendapatkan aksen merah di beberapa bagian seperti jok, dashboard dan panel instrument.

Baca juga: Toyota Avanza Kini Tak Ada Lagi yang Dilengkapi TSS

Fitur Keselamatan Daihatsu Xenia Lebih Komplit

Daihatsu Xenia

Tampilan belakang Xenia 1.5 R

Untuk fitur keselamatan, Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza mendapatkan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) Emergency Stop Signal (ESS), Brake Assist (BA).

Tak hanya itu, keduanya juga dilengkapi Vehicle Stability Control (VSA), Hill Start Assist (HSA), kemera belakang, sensor parkir, ISOFIX, immobilizer, keyless entry serta alarm system.

Sebagai pembeda, Xenia berhasil tersematkan around view camera 360 derajat, dan fitur ADAS yang dinamai ASA (Advances Safety Assist).

Fitur ASA pada Xenia mencakup Collison Warning Function, Leading Vehicle Departure Warning, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control.

Gunakan Mesin 1.500 Cc

Toyota Avanza

Mesin 2NR-VE

Xenia 1.5 R CVT ASA dan Avanza 1.5 G CVT dibekali mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang dapat memeras tenaga sebesar 106 PS di 6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm pada 4.200 rpm.

Guna membuatnya berjalan, mesinnya dipadukan transmisi CVT yang selanjutnya ditranslasi ke roda depan.

Kesimpulan

Memiliki selisih harga baru hanya Rp3.350.000, menurut kami Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA lebih layak dipilih ketimbang Avanza 1.5 G CVT, bagi kalian yang menginginkan fitur keselamatan lebih lengkap.

Tak hanya fitur keselamatan yang lebih lengkap, secara tampilan eksterior dan interior Xenia memberikan kesan lebih sporty.

Namun apabila kalian ingin harga lebih terjangkau serta brand Toyota, menjatuhkan pilihan pada Avanza 1.5 G CVT adalah keputusan yang tepat.

Baca juga: Daihatsu Xenia Limited Diluncurkan, Cuma 20 Unit!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil