window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

MPV Boxy di Bawah Rp150 Juta, Nissan Serena C26 Tawarkan Segudang Kenyamanan Berkendara

Enda · 5 Apr, 2024 13:05

Nissan Serena C26

Setelah Serena C24, Nissan Indonesia menghadirkan Nissan Serena C26 di Tanah Air.

Sebelum Serena C26, sebenarnya ada Serena C25 yang didatangkan oleh Importir Umum (IU).

Serena C26 sendiri meluncur secara resmi di Indonesia pertama kali pada 2013 atau tiga tahun setelah mendebut di negara asalnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai High Roof Medium MPV keluarga yang menempati posisi di bawah Elgrand dan di atas Evalia, mobil ini sejatinya memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki para pesaingnya.

Pasaran harga bekas mulai dari Rp130 jutaan, Serena C26 sendiri awalnya ditawarkan dalam dua varian, yakni X dan Highway Star (HWS).

Selanjutya ada varian Autech yang dihadirkan saat mobil ini mendapatkan penyegaran setelah dua tahun peluncurannya.

Sebagai pesaing Mitsubishi Delica, Toyota Nav1 dan Mazda Biante, Serena C26 dihadirkan hingga 2018.

Untuk mengetahui lebih dekat dengan mobil keluarga ini, simak terus ulasan berikut.

Apabila kalian tertarik meminangnya dalam waktu dekat, baiknya simak lebih dulu kelebihan dan kekurangan Nissan Serena C26 di bawah ini.

Baca juga: Cocok Untuk Mobil Keluarga, Apa Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena C26?

Spesifikasi Nissan Serena C26

Dimensi

Nissan Serena C26

Tampilan samping Nissan Serena 2013

Melihat daripada data di atas kertas, secara dimensi Nissan Serena C26 memiliki panjang 4.770 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.865 mm, serta untuk wheelbase nya sendiri mencapai 2.860 mm.

Serena C26 juga memiliki radius putar di angka 5,7 meter.

Secara dimensi keseluruhan mobil ini sedikit lebih gambot dibandingkan Serena C24 maupun C25 sekalipun.

Memiliki ukuran yang lebih besar dari generasi sebelumnya, secara keluasan kabin mobil ini terbilang lapang.

Pada jok baris kedua selain posisi duduknya sangat nyaman dengan busa yang tebal, Serena memiliki jarak legroom yang terbilang jauh sehingga dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Di baris ketiga penumpang dewasa juga akan merasakan nyaman saat berpergian berkat lantai kabin yang dibuat rata secara keseluruhan.

Nissan Serena C26

Bagasi Serena masih tetap lapang

Mengenai kapasitas daya angkut barang, mobil ini menyisakan ruang bagasi sebesar 213 liter.

Beda ceritanya jika jok paling belakangnya dilipat ke samping, kapasitas bagasinya meningkat menjadi 758 liter.

Oh iya, untuk pintu tengah jenis sliding door yang digunakan memiliki jarak tinggi mencapai 802 mm dari lantai kabin hingga atap.

Dengan atap yang tinggi memudahkan pengguna ketika keluar-masuk kabin.

Dimensi Nissan Serena C26
Panjang 4.770 mm
Lebar 1.735 mm
Tinggi 1.865 mm
Wheelbase 2.860 mm
Radius putar 5,7 meter
Kapasitas bagasi 213 liter
Kapasitas bagasi dengan jok belakang dilipat 758 liter
Jarak kabin dengan plafon 802 mm

Fitur

Nissan Serena C26

Interior Serena C26

Menempati segmen Medum MPV boxy dengan menyasar segmen menengah atas, Serena memiliki beragam fitur yang disematkan.

Seperti yang terlihat pada bagian luar, lampu utamanya dibekali bohlamp xenon dengan penyesuaian tinggi lampu secara otomatis, serta tingkat kecerahan yang ekstrim gua memberikan visibilitas berkendara lebih jelas.

Sisi sampingnya dilengkapi spion dengan pengaturan elektrik dan pelipatan otomatis, serta pintu tengah dengan bukaan geser yang diaplikasikan fitur power sliding door.

Dengan fitur sliding door maka memudahkan pengguna ketika ingin membuka pintu atau menutupnya hanya dengan menekan tombol atau menarik tuas handle.

Beranjak ke bagian dalam, Serena memiliki fitur hiburan berupa head unit layar sentuh berukuran 6 inci pada center clusternya yang dapat diatur menggunakan steering wheel audio control switch.

Tak hanya itu, guna memberikam kenyamanan selama berkenara, head unitnya terintegrasi dengan layar LCD berukuran 10 inci yang menempel di plafon.

Lainnya ada pula cruise control, engine start/stop, tilt&telescopic, auto digital AC climate control with heater, double blower, power outlet, serta beberapa kompartemen penyimpanan terbuka mulai dari dashboard hingga baris ketiganya.

Memberikan kenyaman secara lebih, jok baris kedua juga sudah dilengkapi dengan armrest tengah, meja multifungsi, dan cupholder.

Nissan Serena C26

Jok bisa direbahkan secara maksimal

Tempat penyimpanan kecil juga sangat banyak, mulai dari dua buah glovebox di bagian penumpang tengah, hingga laci penyimpanan di bawah jok baris kedua.

Khusus tipe teratas, mobil ini berhasil dibekali panoramic sunroof dengan ukuran besar yang dapat memberikan pandangan luas sekaligus meningkatkan gaya berkendara.

Dari segi keselamatan Serena telah dibekali dual front airbags, front side airbags, curtain airbags, yang secara total memiliki 6 airbags.

Sebagai fitur keselamatan standar juga mobil ini berhasil disematkan ABS, EBD, Brake Assist (BA), Hill Start Assist (HSA) keyless entry, engine immobilizer serta alarm system.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena C24, MPV Mewah yang Harganya Terjangkau

Suspensi

Nissan Serena C26

Tampilan belakang Serena C26

Nissan Serena C26 menggunakan sistem peredam kejut dengan jenis MacPherson Strut with Stabilizer di bagian depan serta Torsion Beam with Stabilizer pada roda belakang.

Karakter yang dihasilkan dari suspensinya sendiri terasa empuk ketika melewati jalan yang berkontur.

Memiliki bantingan yang empuk, Serena C26 terasa sedikit limbung ketika dipacu dalam kecepatan cukup tinggi.

Faktor lainnya yang menimbulkan gejala limbung yakni postur bodi-nya yang tinggi.

Suspensi Nissan Serena C26
Suspensi depan MacPherson Strut with Stabilizer
Suspensi belakang Torsion Beam with Stabilizer

Baca juga: Harga Mirip, Beberapa Fitur Ini Bikin Nissan Serena C24 Lebih Nyaman Dari Kijang Kapsul

Mesin dan Transmisi

Nissan Serena C26

Mesin MR20DD

Bicara jantung pacu, Serena C26 dibekali mesin bensin berkapasitas 1.997 cc dengan kode MR20DD DOHC 4-silinder segaris 16 valve.

Di atas kertas mesinnya dapat memeras tenaga sebesar 147 PS di 5.600 rpm serta torsi puncak pada putaran 210 Nm di angka 4.400 rpm.

Mesinnya sendiri diposisikan secara melintang dengan dipadukan transmisi CVT X-Tronic, dengan menghasilkan putaran yang selanjutnya diteruskan ke roda depan.

Performa yang dihasilkan, perpaduan antara mesin dengan transmisi CVT nya tersebut menghasilkan gaya berkendara yang halus dan nyaman.

Guna menysuaikan keinginan dan kebutuhan berkendara, mesinnya dilengkapi dengan tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal dan Sport.

Nissan Serena C26

Tuas transmisi CVT

Sebagai MPV mewah, transmisi CVT X-Tronic pada mobil ini tidak dilengkapi dengan fitur tiptronic yang biasanya digunakan untuk menambah atau mengurangi gigi secara manual melalui tuas di dekat setir.

Mengenai konsumsi BBM Nissan Serena C26 terbilang moderat, tidak bisa dibilang irit, tidak juga boros.

Tak sedikit pemilik merasakan untuk penggunaan bahan bakar dengan berkendara di dalam kota, mobil ini berada di angka 9-10 km/liter.

Sedangkan pemakaian luar kotanya, jarak yang ditempuhnya bisa mencapai 10-13 km/liter.

Mesin dan Transmisi Nissan Serena C26
Kapasitas 1.997 cc
Kode mesin MR20DD
Konfigurasi DOHC 4-silinder segaris 16 valve
Tenaga 147 PS @5.600 RPM
Torsi 210 Nm @4.400 RPM
Transmisi CVT X-Tronic
Mode berkendara Eco, Normal dan Sport
Konsumsi BBM dalam kota 9-10 km/liter
Konsumsi BBM luar kota 10-13 km/liter

Kesimpulan

Nissan Serena C26 jadi pilihan menaik untuk sebuah mobil keluarga yang nyaman, memiliki fitur lengkap dengan harga bekas terjangkau.

Namun tak sedikit menjadi pertimbangan calon pembeli yakni layanan after sales Nissan yang kian jarang serta harga spare part yang mahal.

Untuk itu sebelum benar-benar meminangnya, kalian diharuskan menyiapkan dana lebih apabila ingin melakukan perbaikan atau perawatan dikemudian hari.

@garasi.autofun Udah nyaman, serba praktikal pula! #xtrail #t31 #mobilbekas #reviewmobilbekas ♬ 80s science fictional synth wave(163281) - Dream Age

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Nissan Serena X

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil