window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cocok Untuk Mobil Keluarga, Apa Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena C26?

Enda · 20 Apr, 2022 15:00

Kelebihan dan kekurangan Nissan Serena C26

Pada 2013 Nissan Indonesia memperkenalkan Nissan Serena C26 di Tanah Air. Sebagai High Roof Medium MPV keluarga yang menempati posisi di bawah Elgrand dan di atas Evalia, mobil ini sejatinya telah lebih dulu diperkenalkan di negara asalnya pada tahun 2010.

Memiliki kabin yang lapang serta dapat mengakomodasi anggota keluarga hingga tujuh orang sekaligus, Nissan Serena C26 sendiri dihadrikan dalam beberapa varian, yakni X dan Highway Star (HWS). Ada juga tipe Autech yang diperkenalkan saat mobil ini mendapatkan penyegaran setelah dua tahun peluncurannya.

Dijajakan hingga 2018, Nissan Serena C26 berhadapan langsung dengan Mitsubishi Delica, Toyota Nav1 dan Mazda Biante. Mengetahui harga bekasnya, untuk pasaran saat ini Serena C26 ditawarkan mulai dari Rp130 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apabila kalian tertarik meminangnya dalam waktu dekat, baiknya simak lebih dulu kelebihan dan kekurangan Nissan Serena C26 di bawah ini.

Baca juga: Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27, Mana yang Lebih Praktis dan Nyaman?

Kelebihan Nissan Serena C26

1. Kabin Luas Sangat Cocok Digunakan Sebagai Mobil Keluarga

Kelebihan dan kekurangan Nissan Serena C26

Nissan Serena C26 punya kabin yang luas

Melihat daripada data di atas kertas, secara dimensi Nissan Serena C26 memiliki panjang 4.770 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.865 mm. Untuk wheelbase nya sendiri mencapai 2.860 mm. Mengenai dimensi yang dimiliki, mobil ini sedikit lebih gambot dibandingkan Serena C25 yang masuk ke Indonesia lewat Importir Umum (IU).

Mempunyai ukuran yang lebih besar dari generasi sebelumnya, secara keluasan kabin mobil ini terbilang lapang. Terlebih di baris keduanya, selain posisi duduknya sangat nyaman dengan busa yang tebal, Serena C26 memiliki jarak legroom yang terbilang jauh sehingga dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Tak hanya itu, di baris ketiganya penumpang dewasa juga akan merasakan nyaman saat berpergian berkat lantai kabin yang dibuat rata secara keseluruhan. Oh iya, selain terasa nyaman berkat jok busa yang dibuat tebal, semua baris jok sudah dapat fitur reclining.

Bicara akan kapasitas daya angkut barang, semua jok dalam kondisi tegak menyisakan ruang bagasi sebesar 213 liter. Berbeda apabila jok paling belakangnya dilipat ke samping, kapasitas bagasinya meningkat menjadi 758 liter.

2. Nissan Serena C26 Nyaman Berkat Fitur Unggulan yang Dimiliki

Kelebihan dan kekurangan Nissan Serena C26

Fitur unggulan pada Nissan Serena C26

Sebagai MPV kelas menengah, Nissan Serena C26 memiliki fitur modern yang mampu memberikan kesan nyaman saat berkendara. Seperti yang terlihat, didalamnya kalian bisa menjumpai adanya fitur berupa head unit layar sentuh berukuran 6 inci pada center clusternya yang dapat diatur menggunakan steering wheel audio control switch.

Lain dari itu kalian juga bisa menjumpai adanya layar LCD berukuran 10 inci yang menempel di plafon, cruise control, engine start/stop, tilt&telescopic, auto digital AC climate control with heater, double blower dan auto sliding door.

Guna memberikan kenyaman lebih, jok baris kedua juga sudah dilengkapi dengan armrest tengah, meja multifungsi, dan cupholder. Tempat penyimpanan kecil juga sangat banyak, mulai dari dua buah glovebox di bagian penumpang tengah, hingga laci penyimpanan di bawah jok baris kedua.

Pada tipe teratasnya, kalian bisa menemukan panoramic sunroof dengan ukuran cukup besar yang mana selain meningkatkan visibilitas mengemudi juga dapat memberikan gaya berkendara.

Sebagai informasi, untuk keselamatan serta keamanannya, Serena C26 telah dibekali dual front airbags, front side airbags, curtain airbags, ABS, EBD, Brake Assist (BA), Hill Start Assis (HSA) keyless entry, engine immobilizer dan alarm system.

3. Suspensi Nissan Serena C26 Karakternya Empuk

Kelebihan dan kekurangan Nissan Serena C26

Suspensi Nissan Serena C26 terbilang empuk

Menurut spesifikasi Nissan Serena C26 disematkan suspensi berjeniskan MacPherson Strut with Stabilizer di bagian depan serta Torsion Beam with Stabilizer di roda belakang. Mengenai ayunan yang dihasilkan, mobil ini terasa empuk ketika melewati jalan yang berkontur.

4. Perpindahan Gigi Terasa Halus

Kelebihan dan kekurangan Nissan Serena C26

Transmisi CVT X-Tronic pada Nissan Serena C26

Pada bagian dapur pacunya, Serena C26 tersematkan mesin bensin 2.000 cc berkodekan MR20DD DOHC 4-silinder segaris 16 valve yang mampu meletupkan tenaga hingga 147 PS @5.600 rpm serta torsi puncak sebesar 210 Nm @4.400 rpm.

Mengenai tingkat percepatannya, mesin yang diletakan secara melintang tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT X-Tronic yang sama persis digunakan X-Trail. Mengenai performa yang dihasilkan, perpaduan antara mesin dengan transmisi CVT nya tersebut menghasilkan gaya berkendara yang halus dan nyaman. Namun apabila menggunakan mode S (Sport), tenaga yang dihasilkan terasa cukup buas.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena C24, MPV Mewah yang Harganya Terjangkau

Kekurangan Nissan Serena C26

1. Belum Dilengkapi Tiptronic

Cocok Untuk Mobil Keluarga, Apa Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena C26? 05

Sebagai MPV mewah, transmisi CVT X-Tronic Nissan Serena C26 tidak dilengkapi dengan fitur tiptronic. Hal ini sebenarnya cukup disayangkan karena penggunanya tidak bisa mengganti posisi tingkat percepatan sesuai dengan keinginan berkendara.

2. Gejala Limbung Cukup Terasa

Memiliki postur tubuh yang jangkung serta karakter suspensinya yang empuk, saat dipacu melebihi 120 km/jam tak jarang penggunanya akan merasakan gejala limbung. Hal ini tentunya bisa berbahaya apabila pengemudi kehilangan dalam konsentrasi berkendara.

3. Konsumsi BBM Tidak Bisa Dibilang Irit

Kelebihan dan kekurangan Nissan Serena C26

Bermodalkan mesin 2.000 cc serta bobot kendaraan yang terbilang berat, untuk konsumsi BBM nya mobil ini tidak bisa dibilang irit. Beberapa sumber menyebutkan bahwa penggunaan dalam kotanya mobil ini hanya bisa menempuh jarak 9-10 km/liter. Sedangkan pemakaian luar kotanya, jarak yang ditempuhnya bisa berada di angka 10-13 km/liter.

4. Radius Putar Besar Menyulitkan Pengguna Ketika Putar Arah

Selain tubuhnya yang bongsor, nyatanya Nissan Serena C26 juga memiliki radius putar yang besar mencapai 5.7 meter. Hal ini tentunya akan sedikit menyulitkan penggunanya ketika melewati jalan yang sempit serta melakukan parkir dan putar arah. Di sini pengemudi diharuskan mengambil ancang-ancang atau jarak supaya bisa mengendalikan handlingnya dengan mudah.

5. Kekedapan Kabin Kurang Senyap

Kelebihan dan kekurangan Nissan Serena C26

Kekedapan kabin Nissan Serena C26 kurang senyap

Soal kekedapan kabin, Nissan Serena C26 dirasa kurang senyap. Hal ini bisa dirasakan ketika menggunakan mode Sport, dimana raungan suara mesin bisa terdengar jelas di dalam kabain. Tak hanya itu, suara lain dari luar kabin juga merangsek masuk ke dalam seperti gesekan permukaan ban dengan aspal saat melaju di kecepatan tinggi serta suara lainnya dari luar kendaraan.

Kesimpulan

Harga bekas yang cukup terjangkau untuk sebuah mobil keluarga, saat ini Nissan Serena C26 masih sangat ‘worth it’ digunakan. Selain umurnya yang masih muda, dan rasa berkendara nyaman, secara tidak langsung status sosial penggunanya juga meningkat berkat segmentasi kendaraan yang bermain di kelas MPV menengah.

Namun sebelum benar-benar meminangnya, kalian diharuskan menyiapkan dana lebih apabila melakukan perbaikan atau perawatan dikemudian hari. Pasalnya untuk suku cadangnya, mobil ini bisa menguras isi dompet.

Baca juga: Harga Mirip, Beberapa Fitur Ini Bikin Nissan Serena C24 Lebih Nyaman Dari Kijang Kapsul

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Nissan Serena X

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil