window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perang City Car, Suzuki Ignis atau Honda Brio? Berikut Plus Minusnya!

Yusuf · 5 Okt, 2020 17:00

Perang City Car, Suzuki Ignis atau Honda Brio? Berikut Plus Minusnya! 01

Segmen pasar citycar di Indonesia memang banyak diisi oleh masing-masing Agen Pemegang Merk (APM). Sebut saja, baik itu Suzuki, Honda, atau Toyota, mereka memiliki jagoan masing-masing yang siap memikat konsumen Indonesia yang memiliki budget pas-pasan. Untuk ketiga harga mobil tersebut, bukan hanya perang fitur yang dibawa, tetapi perang harga antar model juga sangat sengit di antara mereka.

Mengenai harga yang ditawarkan, Suzuki Ignis yang diproduksi di luar Indonesia, dipatok dengan harga Rp Rp 171 sampai Rp 190 jutaan. Suzuki Ignis yang ada di Indonesia, diluncurkan dalam empat varian, pertama adalah GL MT (Rp 171 jutaan), GL AGS (Rp 181 jutaan), GX MT (190 jutaan) dan yang terakhir adalah GX AGS (Rp 200 jutaan).

Sementara pesaing terdekatnya, All New Brio, ditawarkan dengan lebih banyak pilihan. Setidaknya, ada lima varian yang disodorkan kepada konsumen yang bisa disesuaikan dengan bujet mereka. Untuk varian terendahnya, All New Brio S MT ditawarkan dengan harga Rp 146 jutaan. Sedangkan kasta tertingginya, yakni All New Brio RS CVT dibanderol dengan Rp 199,6 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk harga yang ditawarkan memang sangat kompetitif di antara keduanya. Namun, dengan jika diteliti dengan seksama, untuk fitur yang dibenamkan pada All New Brio S MT, sangat minim fitur lantaran banyak yang dipangkas untuk mengurangi ongkos produksinya.

Berbeda dengan Suzuki Ignis, di mana pada varian terendahnya sudah memiliki fitur yang mumpuni dan lumayan lengkap jika dikomparasi dengan Brio varian terendah. Selisih harganya pun terbilang lumayan, ada selisih Rp 25 jutaan.

Melihat fitur unggulan yang dibawa oleh Suzuki Ignis, desain yang disajikan oleh PT Suzuki Indomobil Sales memang mencerminkan city car dengan esensi adventure yang kuat. Di mana pada aksesoris yang dihadirkan pada bagian depan, samping dan belakang, mobil ini dibekali dengan suguhan berbeda dari kompetitornya.

Perang City Car, Suzuki Ignis atau Honda Brio? Berikut Plus Minusnya! 01

Tentu, bagi konsumen yang ingin tampil beda desain yang disematkan memiliki daya Tarik yang berbeda. Apalagi beberapa detail di eksterior sangat begitu diperhatikan oleh Suzuki. Mulai dari front and rear diffuser, sampai paduan warna yang digunakan memberikan sebuah nuansa yang lebih berkelas dibandingkan beberapa kompetitornya.

Jika melihat desain All New Brio, mobil ini lebih terlihat biasa dengan desain yang lurus sejak generasi pertama. Mungkin perbedaan terletak pada desain lampu, grill dan bagian bumper belakang serta lampunya.

Sementara dari ruang interiornya, beberapa perbedaan yang paling ketara adalah mengenai penggunaan material plastik. Suzuki Igns memilih menampilkan perpaduan dua warna yang cukup kontras. Sedangkan All New Brio bermain aman dengan pengadopsian satu warna yang seragam, yakni hitam.

Untuk urusan kelegaan ruang, bisa dikatakan kedua jenis ini menawarkan kapasitas yang tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama nyaman dengan akomodasi yang pas-pasan ala city car. Namun, pada All New Brio bagi saya masih terasa lapang dibandingkan Suzuki Ignis.

Salah satu hal yang paling bisa dinikmati dari Suzuki Ignis adalah kenyamanan yang dihadirkan oleh suspensi. Ignis, meski hadir dengan bentuk yang sangat kompak, namun untuk urusan kenyamanan sangat bisa diandalkan. Hal ini begitu terasa ketika melewati speed bump yang sering ada di jalan raya.

Kenyamanan suspensi tidak membuat mobil ini begitu bergetar, tetapi peredaman bekerja dengan sangat baik. Tentunya, berbekal keunggulan tersebut, membuat Suzuki Ignis mendapat tempat di hati konsumennya.

Perang City Car, Suzuki Ignis atau Honda Brio? Berikut Plus Minusnya! 02

Terakhir untuk urusan jantung pacu. Pada Suzuki Ignis memang di atas kertas tenaga yang dihasilkan lebih kecil dari All New Brio. Namun, hentakan tenaga yang keluar dari ruang mesin, masih sangat nyaman untuk dikendarai pada dalam ataupun luar kota.

Dibandingkan dengan All New Brio, memang hentakan tenaga yang dihasilkan lebih galak dari pada Ignis. Akan tetapi, nilai plus lainnya adalah limpahan torsi dari Suzuki Ignis begitu besar, sehingga permainan mesin di RPM bawah ke tengah, sangat bisa diandalkan.

Kesimpulan

Meski disokong dengan kapasitas mesin yang sama, yakni 1.2 liter namun Ignis sangat bisa diandalkan. Bahkan, kenyamanan settingan suspensi Suzuki Ignis juga sangat terasa nyaman dalam penggunaan sehari-hari.

Mengenai layak atau tidak mobil ini menjadi pilihan? Konsumen yang ingin memiliki mobil dengan rentang harga yang lebih kompetitif, tentu Suzuki Ignis bisa menjadi sahabat perjalanan. Bahkan, untuk beberapa medan baik onroad ataupun lite offroad, Suzuki Ignis bisa menjadi pilihan yang tepat.

Spesifikasi Suzuki Ignis
Panjang 3.700 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.595 mm
Mesin K12M 1.2L 4 Silinder
Tenaga 83 PS
Torsi 113 Nm
Kapasitas Penumpang 5 orang

 

Spesifikasi All New Brio
Panjang 3.815 mm
Lebar 1.680 mm
Tinggi Tinggi
Mesin 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW
Tenaga 90 PS
Torsi 110 Nm
Kapasitas Penumpang 5 penumpang

Yusuf

Suka dengan motorsport dan senang touring untuk bertualang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil