window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Palisade Paling Berkelas Dibanding Rivalnya

Prasetyo · 4 Agu, 2022 17:01

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Palisade Paling Berkelas Dibanding Rivalnya 01

  • Rekomendasi mobil keluarga 2022 untuk segmen Big SUV adalah Hyundai Palisade.
  • Tampilannya berkelas baik di eksterior maupun interior.
  • Fitur keselamatan memang bukan yang terbaik, tapi kelengkapan fitur lainnya patut diapresiasi.

Hyundai Palisade merupakan SUV besar yang diminati kalangan tertentu. Berkelas, mungkin itu istilah yang pantas melekat pada mobil terbesar Hyundai saat ini di Indonesia tersebut. Karena hal ini pula yang membuat Palisade kami jadikan rekomendasi mobil keluarga 2022.

Mengapa? Karena secara spesifikasi Palisade memang diatas SUV Jepangan yang populer disini, yaitu Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Lantaran dari jenis sasis yang digunakan saja sudah berbeda.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Palisade Paling Berkelas Dibanding Rivalnya 02

Tampilannya ala mobil Eropa

Palisade pakai sasis monokok, sementara Fortuner dan Pajero Sport ladder frame sehingga membuatnya jadi lebih nyaman dari segi pengemudi maupun penumpang belakang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Secara harga, Palisade juga diatas Pajero Sport. Harga Hyundai Palisade paling murah per Agustus 2022 yakni Rp842 juta. Sementara harga Mitsubishi Pajero Sport paling mahal ada di Rp720,5 juta. Itu berarti harga kedua mobil ini terpaut lebih dari Rp120 juta yang membuat Palisade bisa dikategoriskan mobil premium.

Baca juga : Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Palisade Pilihan Bapack-bapack Parlente

Penjualan Bersaing dengan SUV Jepang

Dibandingkan Fortuner dan Pajero Sport yang sama-sama SUV 7 penumpang, penjualan Hyundai Palisade ternyata cukup berhimpitan. Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) menyatakan periode Januari - Juni 2022 penjualan Palisade tercatat sekitar 1.200 unit. "Tahun lalu kita bisa jual 1.300 unit lebih," kata dia.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Palisade Paling Berkelas Dibanding Rivalnya 01

Mitsubishi Pajero Sport penguasa pasar SUV 7 penumpang

Coba kita bandingkan dengan penjualan Pajero Sport di periode yang sama tahun ini adalah 12.601 unit. Sementara penjualan Fortuner 10.361 unit. Catatan ini pun membuktikan jika dengan harga yang lebih mahal, Paisade ternyata bisa sama lakunya dengan dua penguasa pasar SUV tujuh penumpang.

Walaupun sejatinya kompetitor Hyundai Palisade dari Jepang bukan kedua model itu. Secara harga, Mazda CX-9 sangat bersaing dengan Palisade. Namun untuk SUV stylish ala Mazda ini penjualannya jauh kalah moncer dibanding Palisade.

Varian dan Harga Hyundai Palisade

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Palisade Paling Berkelas Dibanding Rivalnya 02

Nyaman untuk berkendara jarak jauh

Hyundai menawarkan Palisade dalam dua tipe, yakni Prime dan SIgnature. Namun khusus tipe Signature tersedia opsi pengegrak roda 2WD dan 4WD.

Berikut rincian harga Hyundai Palisade 2022:

  • Prime AT: Rp842 juta
  • Signature AT: Rp977 juta
  • Signature AWD AT: Rp1,11 miliar

Namun semua tipe ini menggunakan mesin serupa. Yakni mengandalkan jantung pacu R 2.2L CRDi 4 silinder e-VGT. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 200 PS pada 3.800 rpm dan torsi 440 Nm pada 1.750-2.750 rpm.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Palisade Paling Berkelas Dibanding Rivalnya 03

Mesin R 2.2L CRDi

Untuk transmisinya Palisade dipadukan dengan otomatis 8-percepatan yang diatur menggunakan tombol Shift-By-Wire (SBW). SUV ini juga menyediakan Drive Mode yang terdiri dari COMFORT, ECO, SPORT dan SMART.

Baca juga : Dijual Mulai dari Rp842 juta, Berikut 5 Hal Menarik New Hyundai Palisade

Fiturnya Cukup Lengkap

Sebagai mobil kategori premium, Palisade dilengkapi dengan fitur ABS + EBD, Electronic Stability Control (ESC), Vehicle Stability Management (VSM), Hill-start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal (ESS), Multi Collison Brake (MCB), Brake Assist System (BAS), Downhill Brake Control (DBC), Electronic Child Safety Lock System, TPMS, 6 airbags dan rem cakram di semua roda.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Palisade Paling Berkelas Dibanding Rivalnya 04

Jok penumpang belakang lega

Sayangnya untuk model pre-facelift, ketersediaan Hyundai SmartSense dan Bluelink masih absen. Anda bisa menemukan kedua fitur cerdas ini pada Hyundai Palisade 2022 yang baru saja rilis akhir Juli lalu. Lantas bagaimana dengan rivalnya, Mazda CX-9?

Ternyata SUV ini sudah dilengkapi fitur ADAS  i-ACTIVSENSE. Yaitu meliputi Adaptive Front-lighting System (AFS), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support (Forward & Reverse) (SCBS F & R), Pedestrian Brake (F) dan terakhir Driver Attention Alert (DAA).

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Palisade Paling Berkelas Dibanding Rivalnya 05

Ada panoramic sunroof

Tidak ketinggalan fitur keselamatan standar seperti sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control dan Traction Control, Hill Launch Assist (HLA) dan Emergency Stop Signal (ESS). Juga telah ada.

Menariknya, Pajero Sport yang harganya jauh lebih murah ternyata juga sudah punya ADAS, termasuk ketersediaan 7 airbags. Cuma Toyota Fortuner yang tak dilengkapi fitur keselamatan cerdas ini.

Namun balik lagi tentang cita rasa Hyundai Palisade yang begitu premium, rasanya susah disandingkan dengan Pajero Sport untuk jadi mobil keluarga terbaik.

Baca juga : New Hyundai Palisade Vs Mazda CX-9, Siapa yang Paling Unggul di Segmen Big SUV AWD ?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Palisade Prime 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil