window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Segini Kapasitas Oli Mesin Nissan Grand Livina, Evalia dan March Beserta Biaya Penggantian

Enda · 3 Nov, 2023 11:25

Kapasitas oli mesin Nissan Grand Livina, Evalia dan March

Tak sedikit orang yang bertanya-tanya berapa banyak kapasitas oli mesin Nissan Grand Livina, Evalia dan March.

Untuk diketahui, baik Grand Livina, Evalia, dan March varian 1.5 sama-sama dibekali mesin bensin berkodekan HR15DE 4-silinder segaris DOHC 16 valve 1.498 cc dengan tenaga 111 PS di 6.000 rpm serta torsi 143 Nm pada 4.400 rpm.

Mesin ini dipadukan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sekedar informasi, pada model facelift Grand Livina, transmisi maticnya sudah menggunakan CVT yang diklaim menghasilkan tenaga lebih responsif namun irit bahan bakar.

Seberapa Banyak Kapasitas Oli Mesin Nissan Grand Livina, Evalia dan March?

Kapasitas oli mesin Nissan Grand Livina, Evalia dan March

Penggantian oli mesin Nissan Grand Livina

Menggunakan mesin yang sama persis, berapa banyak kapasitas oli mesin Nissan Grand Livina, Evalia dan March setiap kali melakukan pergantian tanpa harus mengganti filter oli membutuhkan 2,8 liter.

Beda halnya apabila mengganti oli berikut dengan filternya, maka membutuhkan 3 liter.

Oh iya, untuk oli mesin yang digunakan disarankan memiliki nilai kekentalan oli di angka 10W-30 atau 10W-40.

Baca juga: Nissan March vs Mitsubishi Mirage Bekas, Mana City Car 1.200 Cc Paling Komplit Dari Fitur dan Performa?

Berapa Biaya Ganti Oli Mesin Evalia dan March?

Kapasitas oli mesin Nissan Grand Livina, Evalia dan March

Service festival Evalia dan March

Hanya berlaku untuk Evalia dan March, mulai dari 1 November hingga 31 Desember 2023 Nissan Indonesia kembali menghadirkan paket promo penggantian oli mesin dan filter oli.

Melalui program Nissan Service Festival, pemilik Evalia dan March cukup membayar Rp299.000 yang berlaku di seluruh dealer resmi Nissan di Indonesia.

Tak hanya itu, pemilik juga dapat merasakan paket servis dan general repair dengan diskon hingga 40%, yang mana seluruh paket pada program Nissan Service Festival - Evalia dan March Series telah termasuk part, jasa, dan PPN 11%.

Untuk paket program servis berkala (PMS) yang ditawarkan diantaranya  Paket PMS Silver (Kelipatan 10.000 KM) senilai Rp539.000, Paket PMS Gold (Kelipatan 20.000 KM) mulai dari Rp659.000, dan paket PMS Platinum (40.000 KM) mulai dari Rp1.069.000.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia, Mobil Keluarga dengan Harga Terjangkau

Berapa Penggantian Oli Transmisi Evalia dan March?

Kapasitas oli mesin Nissan Grand Livina, Evalia dan March

Penggantian oli transmisi

Pada program Nissan Service Festival kali ini terdapat paket general repair perawatan transmisi untuk Evalia dan March.

Paket perawatan transmisi diantaranya paket flush oli matic mulai dari Rp889.000 dan paket ganti oli manual senilai Rp399.000.

Terdapat juga paket perawatan kaki-kaki yang ditawarkan diantaranya Paket Ganti Shock Absorber Depan, Paket Ganti Shock Absorber Belakang, Paket Ganti Bumper Bound, Insulator, Bearing Roda Belakang, dan Link Arm Depan.

Syarat dan ketentuan untuk dapat mengikuti program ini, yakni: Promo tidak digabungkan dengan promo lainnya diluar program Nissan Service Festival - Evalia dan March, serta promo berlaku selama persediaan masih ada, dan promo berlaku untuk pekerjaan yang dilakukan di bengkel resmi Nissan.

Apa Kelemahan Nissan Grand Livina, Evalia dan march?

Kapasitas oli mesin Nissan Grand Livina, Evalia dan March

Perbaikan kaki-kaki Grand Livina

Kelemahan Nissan Grand Livina, Evalia dan March yang sering dialami penggunanya yakni kerap timbul suara ngelitik dari mesin atau knocking, yang mempengaruhi performa kendaraan.

Gejala knocking sendiri diakibatkan dari pemiliknya yang jarang melakukan tune up serta menggunakan bensin di bawah standar pabirkan.

Untuk menghindari timbulnya suara ngelitik dari mesin, kalian diwajibkan untuk menggunakan bensin dengan RON92 atau pertamax serta melakukan tune up secara berkala.

Selanjutnya, ketiga mobil ini memiliki kelemahan pada kaki-kaki depan yang kerap kali timbul suara ketika melewati jalan berkontur.

Umumnya kerusakan terjadi pada bushing arm, ball joint, tie rod, karet support, link stabilizer, rack steer, dan beberapa lainnya dikarenakan faktor usia dan pemakaian.

Guna menjaga keawetan, ada baiknya setiap melewati jalan yang rusak sebaiknya selalu mengurangi kecepatan serta jangan terlalu sering membawa beban berat.

Tak hanya timbul suara ngelitik serta suara aneh dari bagian depan ketika melewati jalan yang rusak, kelemahan lain pada Grand Livina, Evalia dan juga March yakni memiliki memiliki teknologi serta sensor yang lebih rumit dibanding beberapa mobil Jepang lainnya.

Untuk itu pemilik tidak boleh sembarangan melakukan modifikasi kelistrikan seperti menambah audio serta sistem pencahayaan jika tidak dilakukan oleh orang yang ahli dibidangnya.

Karena tak sedikit kejadian pemilik yang mencoba melakukan modifikasi pada sistem kelistrikannya justru membuat performa menurun, rusaknya sensor bahkan hingga ECU.

Baca juga: Akibat Peredam Panas, Bikin Nissan Grand Livina Sering Alami Kasus Kebakaran

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil