Segini Konsumsi BBM Honda City 2022, Bisa Ngirit Buat Harian

Nussa · 10 Jan, 2022 09:08

Segini Konsumsi BBM Honda City 2022, Bisa Ngirit Buat Harian 01

Honda City 2022 menjadi generasi kelima dari keluarga City
  • Honda City 2022 sudah dipasarkan di Indonesia
  • Honda City terbaru adalah generasi kelima
  • Honda City 2022 pakai mesin yang sama dengan City Hatchback RS

Honda City 2022 resmi diluncurkan beberapa waktu lalu oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia. Mobil sedan ini resmi diperkenalkan secara virtual pada Oktober 2021. Kehadiran All New Honda City melengkapi jajaran keluarga City lainnya yang lebih dulu mengaspal, yakni City Hatchback RS.

Meski sama-sama menggunakan nama City, tapi ada beberapa perbedaan antara All New City dengan City Hatchback RS, baik pada bagian eksterior maupun bagian interiornya. Jika diperhatikan, desain Honda City 2022 sedikit lebih elegan.

Honda City 2022 sudah memasuki generasi kelima sejak mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1996 lalu. Di tengah gempuran sport utility vehicle (SUV), Honda masih setia memasarkan sedan.

Baca juga : Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo

Eksterior Honda City 2022 Berubah Total

Segini Konsumsi BBM Honda City 2022, Bisa Ngirit Buat Harian 01

Honda City 2022 memiliki tampilan yang lebih elegan dan modern

Pada tampilan luarnya, City 2022 bisa dibilang banyak mengalami perubahan dengan desain yang lebih elegan dan modern. Secara dimensi, sedan ini tidak terlalu besar, panjangnya 4.553 mm, lebar 1.748 mm, dan tinggi 1.467 mm, serta panjang sumbu roda 2.589 mm.

Di bagian muka, Honda City 2022 memiliki grille yang seolah menyatukan dua lampu depan yang ada di sisi kanan dan kiri. Kesan sporty dibangun dari desain lampu depannya yang meruncing. Lampu depannya juga sudah dilengkapi dengan teknologi LED yang diklaim lebih tahan lama dan hemat energi. Kehadiran daytime running light (DRL) juga membuat tampilannya sedikit futuristik.

Segini Konsumsi BBM Honda City 2022, Bisa Ngirit Buat Harian 02

Dari belakang juga masih terlihat elegan

Tak lupa, Honda juga menyematkan lampu kabut di bagian bawah bumper depan dan Door Mirror with LED Turning Signal juga menambah kesan modern pada mobil ini. Di bagian tengahnya, terdapat beberapa lubang ventilasi berukuran kecil yang menambah tampilannya jadi sporty.

Sementara pada bagian samping Honda City 2022 memiliki lekukan yang menegaskan kesan elegan tersebut. Ditambah lagi, penggunaan pelek dengan diameter 16 inci menambah kesan elegan secara keseluruhan. Honda juga memberikan pemanis berupa shark fin pada bagian atas, tapi tetap fungsional.

Interior Honda City Terbaru Mewah

Segini Konsumsi BBM Honda City 2022, Bisa Ngirit Buat Harian 03

Fitur yang disematkan pada Honda City 2022 cukup lengkap

Masuk ke bagian kabin Honda City 2022, kesan modern dan mewah juga nampak terasa. Namun, desain dasbornya yang menggunakan nuansa hitam tidak terlalu memiliki banyak perbedaan dengan versi hatchback.

Panel instrumen dengan layar LCD tampil lebih modern. Kesan premium juga dapat dirasakan ketika memindahkan tuas transmisi, karena Honda membalut shift knob tersebut dengan bahan kulit berkualitas.

Di bagian setir, kesan sporty dibangun dengan penyematan paddle shift. Lalu, hadir pula fitur cruise control pada setir kemudi untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Setir kemudi dengan desain tiga palang ini juga sudah teleskopik. Jadi, lebih mudah untuk mendapatkan posisi berkendara yang ergonomis bagi pengemudi. Terdapat beberapa tombol multifungsi, seperti pengaturan audio dan lainnya.

Baca juga : Tes Lengkap Honda City Sedan: Dibebani Banderol Harga Mahal, Dapat Apa Saja?

Segini Konsumsi BBM Honda City 2022, Bisa Ngirit Buat Harian 04

Tema kabin Honda City terbaru

FItur lainnya yang menarik adalah head unit touch screen dengan ukuran 8 inci di bagian tengah dasbor. Head unit ini juga menyimpan banyak fungsi dan fitur canggih. Untuk memanjakan telinga, Honda sudah menyiapkan 8 buah speaker yang tersebar secara merata di depan dan belakang kabin mobil.

Sehingga, di mana pun penumpang duduk, tetap dapat mendengar alunan musik dengan baik selama perjalanan. Tiap bangku juga sudah memiliki cup holder dan untuk penumpang di barisan kedua disediakan Rear AC System untuk meningkatkan kesejukan dan kenyamana selama di perjalanan.

Segini Konsumsi BBM Honda City 2022, Bisa Ngirit Buat Harian 05

Sudah ada Remote Engine Start

Soal fitur, Honda City 2022 juga cukup lengkap. Terdapat Multi Angle Rear View Camera dengan tiga tampilan, yakni wide view, normal view, dan top view. Sehingga, lebih memudahkan saat akan memarkirkan mobil. Sedan ini juga sudah memiliki teknologi Remote Engine Start.

Jadi, menghidupkan mesin dan AC bisa dilakukan dari luar mobil. Honda City menjadi sedan pertama yang dibekali dengan teknologi tersebut. Sayangnya, belum ditemukan sistem konektivitas ke smartphone melalui Android Auto atau Apple CarPlay.

Dari fitur keselamatannya, Honda City 2022 juga memiliki fitur pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist (HSS), Emergency Stop Signal (ESS), dan airbag sebanyak 6 titik. Selain itu, ada lagi fitur keselamatan lainnya, yakni brake override system, seatbelt reminder, ISOFIX, dan tether.

Segini Konsumsi BBM Honda City 2022, Bisa Ngirit Buat Harian 06

Honda City 2022 dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc tanpa turbo

Untuk menunjang performa, Honda City 2022 dibekali dengan mesin berkode L15ZF berkapasitas 1.498 cc, dengan konfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, dan menggunakan teknologi i-VTEC.

Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 120 hp pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 145 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm. Tenaganya disalurkan ke roda depan dan mesinnya dikawinkan dengan sistem transmisi CVT.

Konsumsi BBM Honda City 2022

Segini Konsumsi BBM Honda City 2022, Bisa Ngirit Buat Harian 07

Honda City di Indonesia hanya hadir dalam satu varian

Dengan mesin yang bertenaga, tentu akan berpengaruh juga ke konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Selain faktor dari mesin, masih banyak faktor lainnya lagi yang dapat mempengaruhi konsumsi BBM suatu kendaraan, mulai dari bobot yang dibawa, tekanan udara pada ban, kondisi lalu lintas, kondisi cuaca, gaya berkendara, dan lainnya.

Honda City 2022 sebelumnya sudah diluncurkan di Malaysia. Di negara tetangga ini, sudah lebih dulu melakukan uji konsumsi BBM terhadap mobil ini. Pengetesan dilakukan dengan cara mengatur tekanan udara pada setiap roda sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Lalu, AC diatur pada suhu 22 derajat Celcius.

Kecepatan maksimal pengemudi juga tidak boleh melebihi 110 kilometer per jam. Mode berkendara juga tidak dipindah ke Econ dan hanya boleh menggunakan Normal, serta penggunaan paddle shift juga dilarang. Pengetesan ini juga dilakukan dengan metode full to full. Setelah melaju sejauh 97,1 kilometer. Ternyata, konsumsi BBM Honda City 2022 mencapai 18,7 kilometer per liter. Sementara pada panel meter, rata-rata konsumsi BBM mobil ini ada di angka 17,1 kilometer per liter.

Sementara dari hasil pengujian kami, konsumsi BBM Honda City 2022 juga masih tergolong memuaskan. Dalam jarak pengetesan tidak kurang dari 70 km, kombinasi tol dan kemacetan kota City masih sanggup menghasilkan 15,7 km/l. Sementara di jalan tol, angkanya di sekitar 21,9 km/l. Bensin yang kami gunakan adalah RON 90, di mana menjadi standar minimum dari mobil ini.

Kesimpulan

Honda City 2022 menjadi salah satu sedan dengan fitur yang cukup lengkap. Mobil ini juga dibekali dengan mesin yang bertenaga. Desainnya juga elegan, modern, dan sporty. Tapi, soal konsumsi BBM, Honda City 2022 dinilai biasa saja untuk angka rata-rata 15-21 kilometer per liter.

Di Indonesia, Honda City 2022 hadir hanya dengan satu varian. Mobil yang memiliki kompetitor Toyota Vios ini dipasarkan dengan harga Rp 359.900.000 (on the road Jakarta).

Baca juga : Adu Ganteng Suzuki Baleno Millennium vs Honda City Type Z, Sedannya Anak Gaul Era 2000-an

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda City E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru