Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo

Enda · 3 Nov, 2021 17:30

Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo 01

Sejarah Honda City

Nama Honda City sejatinya sudah sangat melegenda di pasar otomotif lokal maupun global. Bahkan pada 2021 ini PT Honda Prospect Motor memperkenalkan generasi terbarunya yang dinamai City Hatcback RS dan City sedan.

Perlu kalian ketahui, pabrikan jenama Jepang, Honda, melahirkan City sejak 1981. Tidak seperti kebanyakan model (sedan) yang dijajakan, City pertama kali muncul dengan tampilan hatchback 3 pintu.

Baca juga: Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi?

1. Honda City AA/FV/FA (1981-1986)

Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo 02

Honda City AA/FV/FA (1981-1986)

Di negara asalnya, pada November 1981 Honda City generasi pertama diperkenalkan. Pertama kali City hadir dalam bentuk hatchback 3 pintu yang sangat populer di Jepang.

Tak sampai disitu, generasi pertamanya ini turut dipasarkan ke kawasan Eropa dan Australia sampai dengan 1994. Uniknya, City dibenamkan mesin 1.2L yang mana hadir dengan pilihan transmisi manual 4-percepatan dan 3 speed Hondamatic.

Selang satu tahun kemudian, Honda memberikan update pada City. Mobil ini kemudian hadir dengan mesin turbo yang mana dapat memuntahkan tenaga hingga 76 PS. Karena sering dijual bersamaan dengan skuter legendaris Honda Motocompo, generasi pertamanya ini juga sering disebut sebagai City Motocompo.

Menurut sejarahnya, generasi pertamanya ini dijual hingga 1986 yang kemudian digantikan oleh generasi keduanya.

2. Honda City GA (1986-1994)

Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo 01

Honda City GA (1986-1994)

Honda City generasi kedua muncul pada 1986 dengan model yang lebih besar dan sedikit modern. Secara bentuk, City generasi kedua atau yang disebut GA1, mengaplikasikan lampu model kotak dengan bentuk pipih. Seklias bentuk yang diterimanya ini mengingatkan kita pada sosok Honda Civic SB3 atau yang juga biasa disebut Wonder.

Pada 1989 generasi kedua City mendapatkan upgrade dengan model GA2 yang terus diproduksi hingga 1994. Bicara jantung pacu, model ini ditawarkan pilihan mesin 1.3L berteknologi injeksi yang hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

3. Honda City 3A2/3A3 (1996–2002)

Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo 02

Honda City 3A2/3A3 (1996–2002) generasi pertama City di Indonesia

Generasi ketiga Honda City diperkenalkan pada 1996. Mobil ini muncul dengan tampilan berbeda. Jika generasi sebelumnya berpenampilan hatchback, maka pada model ini City hadir dalam bentuk sedan empat pintu sub-kompak.

Honda City sedan generasi pertama mulai diproduksi di Thailand dan dijual mulai tahun 1996 hingga tahun 2002. Honda City sedan generasi pertama ini hadir untuk untuk pasar berkembang di Asia seperti; Indonesia, Filipina, Taiwan, India dan Pakistan.

Pada generasi ini Honda City dirancang untuk pasar Asia dengan membawa slogan “Smart for the new generation” untuk versi 1.3 L berkodekan sasis 3A2 dan “Top-in-class smart” pada varian 1.5L dengan kode sasis 3A3 yang mana dihadrikan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo 03

Honda City Type Z

Pada tahun 2000, Honda City mengalami pembaruan baik dari segi eksterior, interior hingga mesinnya. Honda City versi facelift dengan bentuk sedan ini lebih dikenal dengan Honda City Type Z. Satu tahun kemudian, modelnya tersebut hadir dengan mesin 1.5L VTEC (VTI) yang dikawainkan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Dengan begitu tenaga serta torsi yang dihasilkan lebih besar serta lebih responsif dibanding mesin sebelumnya ditambah dengan adanya penstabil belakang. Secara tampilan, model faceliftnya mendapatkan lampu depan dan belakang baru, serta revisi di bumper.

4. Honda City GD/GE Sedan (2002-2008)

Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo 04

Honda City GD/GE Sedan (2002-2008) generasi kedua City di Indonesia

Pada November 2022 melalui ajang Bangkok International Motor Show, Honda City GD/GE berhasil melakukan debutnya. Untuk memperluas pasar penjualannya, City generasi ini turut dijual dibeberapa negara di kawasan Asia seperti; Indonesia, India, Malaysia, Filipina, Pakistan, Singapura, dan China. Di negara asalnya, Jepang, model ini sendiri dinamai dengan Fit Aria.

City GD dan GE ini diketahui sudah menggunakan teknologi mesin baru yaitu i-DSI 1.5L yang sama persis dipakai oleh generasi pertama Jazz, dengan menghasilkan tenaga maksimum 88 PS serta menghasilkan konsumsi bahan bakar yang baik berkat penggunaan busi ganda di setiap silindernya.

Varian mesin VTEC juga Kembali dihadirkan pada City generasi ini yang diluncurkan pada tahun 2004. Selain mesin VTEC, Honda City juga mendapatkan pembaharuan eksterior seperti; alloy wheels, desain front grille baru, desain lampu depan dan lampu belakang baru, serta desain bumper baru, serta penambahan rear disc brake serta transmisi CVT model triptonic dan fitur paddle shift yang diletakan di setir. Untuk memberikan opsi, City model ini turut ditawarkan pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Baca juga: Sebelum Beli, Lihat Dulu Hasil Uji Konsumsi BBM Honda City 2022

5. Honda City GM2/3 (2008-2013)

Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo 05

Honda City GM2/3 (2008-2013) generasi ketiga City di Indonesia

Generasi berikutnya Honda City sedan muncul pada September 2008 melalui perhelatan International Motor Show di Bangkok. Pada tahun yang sama, City kembali didistribusikan ke beberapa negara, yaitu; India, Pakistan, Malaysia, Indonesia, Filipina, Singapore dan China.

Hadir dengan tampilan yang lebih elegan dan dinamis, Honda City dibenamkan mesin 1.5 i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 120 PS. Selain itu, mobil ini hadir dengan pilihan transmisi otomatis baru yaitu 5-percepatan. Honda City berhasil menjadi model dengan penjualan terbaik di India pada tahun 2009 dan 2010.

Melihat adanya respon penjualan yang baik untuk kawasan Asia, selanjutnya model ini merambah ke beberapa negara yang ada di Eropa, Amerika Latin, Australia dan Afrika Selatan.

Agar terlihat semakin modern, selanjutnya City generasi ini mengalami pembaruan pada tahun 2011 untuk tampilan eksterior serta interiornya. Honda City kemudian untuk pertama kalinya diuji coba dan mendapat predikat tingkat keselamatan terbaik dari ASEAN NCAP pada tahun 2012.

Selain itu, Honda Thailand kemudian meluncurkan City versi Compressed Natural Gas / CNG (berbahan bakar gas) untuk pertama kalinya di dunia pada tahun 2012. Honda City CNG juga sempat masuk Indonesia sebagai model studi dan kemudian didonasikan kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada awal tahun 2015.

6. Honda City GM4/5/6/9 (2014-2020)

Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo 06

Honda City GM4/5/6/9 (2014-2020) generasi keempat City di Indonesia

Jika generasi sebelum Honda City tampil secara perdana di Negeri Gajah Putih, untuk generasi ini melakukan debutnya di India pada awal tahun 2014. Selanjutnya model ini diperkenalkan di Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Pakistan, China dan beberapa di negara Asia lainnya. Model ini diketahui juga turut meramaikan pasar Jepang setelah terakhir kali memasarkan Honda Fit Aria di tahun 2007. Di Jepang, model ini dinamakan Honda Grace.

Selain itu, keberadaan model ini juga kembali dipasarkan di kawasan Amerika Latin melanjutkan kesuksesan generasi sebelumnya. Mobil ini hadir dengan mesin 1.5 liter i-VTEC nya untuk varian bensin, CNG dan kemudian hadir juga dalam varian hybrid serta diesel untuk pertama kalinya. Untuk pilihan transmisinya; manual 5-percepatan dan CVT 7-percepatan.

Melihat tampilannya, mobil ini memiliki bentuk yang lebih sporty serta desain interior yang lebih nyaman. Honda City sedan generasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur One Push Ignition System, Smart Entry System, Smart Auto Touch AC, dan rear AC ventilation.

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, fitur seperti Cruise Control, paddle shift gear, ECO Assist & ECON Button, hingga VSA dan Hill Start Assist sudah bisa kalian jumpai pada model ini. Melanjutkan kesuksesan Honda City generasi sebelumnya, Honda City Kembali meraih predikat tingkat keselamatan terbaik dari ASEAN NCAP pada tahun 2014.

Sebagai informasi, City generasi ini mendapat pembaruan pada tahun 2017 dimana lampu depannya kini dilengkapi dengan Full LED Headlamp with LED DRL dan fitur baru berupa Auto Retractable Door Mirror.

7. Honda City GN (2019-Sekarang)

Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo 07

Honda City GN (2019-Sekarang) generasi kelima City di Indonesia

Diperkenalkan di Indonesia pada 2021, sebenarnya Honda City generasi kelima ini telah lebih dulu melantai di Bangkok melalui ajang International Motor Show pada bulan November tahun 2019 di Thailand. Honda City generasi kelima tampil dengan desain yang lebih sporty sekaligus dinamis untuk kedua variannya, hatchback dan sedan. Pertama kalinya City hadir dengan tipe RS untuk model hatchback yang terlihat jauh lebih sporty dibandingkan model sedannya.

Di Indonesia, Honda City generasi kelima hadir dengan mesin baru 1.5 liter i-VTEC DOHC. Di beberapa negara, mobil ini ditawarkan dengan pilihan mesin diesel serta pertama kalinya menghadirkan e; HEV dan 1.0 liter turbo.

Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo 08

Honda City sedan generasi kelima

Honda City generasi kelima ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur terbaru seperti Remote Engine Start dan Lane Watch untuk meminimalisir blind spot. Selain Indonesia, mobil ini turut merambah kawasan Asia seperti Thailand, Filipina, Malaysia, India dan Vietnam. Honda City diketahui telah meraih predikat tingkat keselamatan terbaik dari ASEAN NCAP pada tahun 2020. Untuk ketiga kalinya, Honda City berhasil mempertahankan predikat bergengsi ini.

Baca juga: Komparasi Honda City Sedan 2022 vs Honda City Hathcback RS, Selisih Rp53 Juta Apa Lebih Menarik?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda City E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru