window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sinyal Mobil Listrik Murah Wuling Mini EV Semakin Dekat Dijual di Indonesia, Ini Buktinya!

Adit · 28 Jan, 2022 17:30

Sinyal Mobil Listrik Murah Wuling Mini EV Semakin Dekat Dijual di Indonesia, Ini Buktinya! 01

 

  • Sinyal kehadiran mobil listrik murah dari Wuling semakin dekat
  • Bentuknya beda dari Wuling Mini EV? 

Mobil listrik murah Wuling Mini EV sebentar lagi bakal mengaspal di jalan Indonesia. Setelah dipamerkan oleh pabrikan di beberapa kesempatan, paten kendaraan mungil tersebut kini sudah didadaftarkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham RI. 

Besar kemungkinan tidak menunggu lama lagi sampai akhirnya produk tersebut dijual bebas di dalam negeri. Ini seperti yang dilakukan oleh Honda terhadap paten BR-V dan HR-V terbaru, tak berapa lama mobil baru itu meluncur kecuali Honda HR-V yang masih dinantikan kehadirannya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sinyal Mobil Listrik Murah Wuling Mini EV Semakin Dekat Dijual di Indonesia, Ini Buktinya! 01

Ragam mobil listrik mungil yang dibangun dari platform Wuling GSEV.

Baca Juga: Akhirnya Wuling Produksi Mobil Listrik di Indonesia, Modelnya Wuling Mini EV?

Balik lagi ke topik utama. Prinsipal pabrikan telah mematenkan wujud mobil serupa Wuling Mini EV yang punya bentuk kecil nan mengotak. Nama pemohonnya adalah SAIC GM Wuling Automobile yang bermarkas di Guangxi, China. 

Desainernya yakni Chenwei Gao, Sheng Xia, dan Mu Li dari Tiongkok. Paten tersebut didaftarkan melalui firma hukum di Indonesia, kemudian diumumkan oleh DJKI pada 25 Januari 2022. 

Sinyal Mobil Listrik Murah Wuling Mini EV Semakin Dekat Dijual di Indonesia, Ini Buktinya! 02

Satu paten mobil listrik Wuling yang desainnya berbeda dari Wuling Mini EV.

Ada dua model paten mirip Wuling Mini EV yang didaftarkan. Kami sebut mirip karena tidak sepenuhnya sama persis Wuling Mini EV maupun Wuling E100 yang pernah diperkenalkan Wuling Motors di pameran otomotif tahun lalu. 

Untuk model yang pertama memiliki kabin yang kecil. Tampak dari pilar C dan D yang tidak begitu memanjang ke belakang. Bisa jadi kabinnya hanya memuat dua penumpang karena kecilnya dimensi mobil. Selebihnya dari depan, tetap didesain berundak dengan kaca melandai. 

Sinyal Mobil Listrik Murah Wuling Mini EV Semakin Dekat Dijual di Indonesia, Ini Buktinya! 03

Khusus yang ini juga deainnya beda dari Wuling Mini EV, kemungkinan kabinnya muat 4 orang.

Model kedua secara keseluruhan desain tak begitu jauh dari yang pertama. Hanya saja dimensinya lebih panjang, pilar C mobil tersebut lebih panjang serupa Wuling Mini EV. Boleh dibilang formatnya nanti bakal 2+2 karena ada ruang yang cukup membawa penumpang di kabin belakang. 

Bila ingat, model ini menyerupai mobil listrik Wuling yang tengah disiapkan oleh pabrikan dengan kode E230. Tengok saja bagian kaca sampingnya dengan foto yang sebelumnya beredar tengah melakoni uji jalan, kelihatan mirip kan?

Sinyal Mobil Listrik Murah Wuling Mini EV Semakin Dekat Dijual di Indonesia, Ini Buktinya! 04

Mobil listrik Wuling yang diduga memiliki kode E230.

Baca Juga: Belum Meluncur di Indonesia, Wuling Mini EV Sudah Dapat Penyegaran

Model Wuling GSEV Baru?

Bisa jadi model ini sebagai jawaban atas mobil listrik Wuling yang dibangun dari platform Global Small Electric Vehicle (GSEV). Dalam peta jalan pabrikan selama menapaki bisnisnya di kendaraan elektrifikasi secara global, pada 2022 akan lahir generasi baru Wuling GSEV di Indonesia.

Sehingga tidak menutup kemungkinan modelnya akan berbeda dari Wuling Mini EV seperti paten tadi. Desainnya telah disesuaikan dengan selera konsumen tanah air, berikut fitur dan kemampuan akomodasinya. Ini juga seperti yang telah dikemukakan Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko.

Sinyal Mobil Listrik Murah Wuling Mini EV Semakin Dekat Dijual di Indonesia, Ini Buktinya! 05

Wuling Mini EV yang dibangun dari platform Wuling GSEV.

Dirinya menyebut Wuling telah melihat kebiasaan berkendara di Indonesia untuk menunjang aktivitas komuter dengan jarak yang tidak terlalu jauh, serta berkendara maksimal empat penumpang. 

"Potensi segmen mobil listrik kini semakin besar dengan adanya percepatan elektrifikasi kendaraan oleh pemerintah, tren mobil listrik global yang berkembang pesat dan mempengaruhi pasar otomotif Indonesia," jelas Danang. 

Jadi, menarik dinantikan bagaimana bentuk dari mobil listrik mungil dari Wuling yang akan dijual di Indonesia. Paling tidak bisa memberikan warna baru iklim penggunaan mobil tidak selalu memiliki ruang kabin besar, tapi juga ringkas sesuai kebutuhan mobilitas. 

Baca Juga: Wuling Indonesia Sebar Teaser Baru, Tanda Mini EV Segera Meluncur?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Wuling Mini EV Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia