window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-5 2022, Layakkah Dipilih Ketimbang HR-V?

Nussa · 4 Sep, 2022 08:07

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-5 2022, Layakkah Dipilih Ketimbang HR-V? 01

  • Kelebihan dan kekurangan Mazda CX-5 2022 patut dipertimbangkan sebelum membelinya.
  • Mazda CX-5 satu kelas dengan Honda HR-V yang menguasai pasar medium SUV.
  • Harga Mazda CX-5 2022 mulai dari Rp597 jutaan.

Pilihan mobil jenis sport utility vehicle (SUV) sangat beragam di Indonesia, mulai dari Low SUV, Medium SUV, hingga SUV premium. Untuk di kelas SUV premium, salah satu piilhan yang menarik adalah Mazda CX-5. Mobil ini penjualannya cukup baik di Indonesia.

Kehadiran Mazda CX-5 menjadi pesaing ketat Honda HR-V. Tentunya, Mazda tidak mau kalah dengan Honda yang sudah lebih dulu mendapat tempat di hati konsumen. Sementara CX-5, baru diluncurkan pada tahun 2017.

Pada tahun 2022 ini, Mazda juga baru saja melakukan facelift terhadap SUV andalannya tersebut. Untuk itu, CX-5 dibekali dengan beragam kemewahan dan teknologi serta fitur yang canggih untuk merebut hati konsumen di Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-5 2022, Layakkah Dipilih Ketimbang HR-V? 01

Tampilan KODO Design

Karakter SUV yang cukup kental, secara dimensi, mobil ini juga terlihat gagah. Bahasa desain KODO khas Mazda masih begiotu kuat di model baru CX-5 ini. Sehingga tak dipungkiri ia menjaid SUV dengan penampilan stylish.

Mazda CX-5 ditawarkan dengan dua tipe, yakni Elite dan Kuro. Untuk tipe Elite, mengedepankan estetika dan desain untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang suka tampilan elegan. Sedangkan tipe Kuro menggabungkan ornamen hitam dan aksen merah untuk menampilkan impresi berani dan jiwa yang sporty.

Harga Mazda CX-5 2022 tipe Elite Rp597,7 juta (OTR Jakarta) dan Kuro Rp607,7 juta (OTR Jakarta). Harga tersebut termasuk program My Mazda Service. Sedangkan harga Mazda CX-5 bekas mulai dari kisaran Rp200 jutaan, tapi tergantung dengan kondisinya.

Baca juga: Belum Sebulan Meluncur, New Mazda CX-5 2022 Terjual Hampir 900 Unit!

Kelebihan Mazda CX-5

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-5 2022, Layakkah Dipilih Ketimbang HR-V? 02

Mazda CX-5 2022 hadir dalam dua tipe, yakni Elite dan Kuro

All New Mazda CX-5 2022 mengalami penyempurnaan belum lama ini untuk meningkatkan daya pikat para penyuka mobil tipe SUV secara umum dan pecinta merek Mazda secara khusus. Berbeda dengan model sebelumnya yang terdapat tiga varian berbeda, untuk kali ini, hanya ada dua varian saja yakni tipe Elite dan Kuro.

1. Desain Menganut Konsep KODO

Mazda masih menganut konsep KODO Design yang membuat SUV ini jadi terlihat elegan dan mewah. Tarikan garis dari kap mesin, melalui bodi, hingga ke buritan, terasa mengalir. Ditambah dengan lampu utama yang terlihat seperti sepasang mata yang menatap tajam.

CX-5 terbaru memiliki panjang 4.540 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.710 mm, serta jarak sumbu rodanya mencapai 2.700 mm. Tak heran jika secara keseluruhan membuat mobil ini terkesan bongsor. Ditambah dengan jarak terendah ke tanah mencapai 215 mm, mobil ini sanggup untuk melewati medan dengan permukaan jalan yang rusak atau menerabas genangan air yang tinggi.

2. Grille Semakin Modern

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-5 2022, Layakkah Dipilih Ketimbang HR-V? 03

Desain grille 3 dimensi pada Mazda CX-5 2022

Pada All New CX-5, desain grille dibuat berbeda dari model sebelumnya. Grill SUV ini sudah tidak menggunakan model jaring-jaring lagi, melainkan berganti dengan model 3 dimensi yang menambah kesan canggih.

Aksen chrome yang tadinya melintang dari ujung lampu utama ke ujung satunya masih dipertahankan untuk tipe Elite. Sedangkan tipe Kuro, dikelir warna hitam.

3. Lampu Depan yang Canggih

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-5 2022, Layakkah Dipilih Ketimbang HR-V? 04

Teknologi Adaptive LED Headlights pada Mazda CX-5 2022

CX-5 terbaru juga dilengkapi dengan lampu depan yang berteknologi tinggi. Lampunya sudah mengadopsi teknologi LED yang terintegrasi dengan fitur Adaptive LED Headlights. Dengan begitu, memungkinkan untuk lampunya menyesuaikan kebutuhan atau mengatus secara otomatis intensitas cahaya yang dipancarkan.

Selain lampu utamanya, pada lampu kabut juga sudah mengandalkan LED. Model lampunya masih dibuat menyipit, tapi detailnya sedikit berubah, baik pada lampu depan maupun lampu belakangnya.

Baca juga: Mazda CX-5 Facelift 2022 Ada 2 Varian Tipe, Sudah Bisa Dipesan Siapkan Tanda Jadi Segini

4. Sunroof Menambah Kesan Mewah

Tidak banyak SUV yang memiliki sunroof pada bagian atap, salah satu pemiliknya adalah All New CX-5. Adanya sunroof yang dapat dibuka dan ditutup secara elektrik ini tentu memberikan kesan mewah sekaligus kabin yang lapang. Sunroof tersedia juga untuk semua tipe.

5. Suspensi SKYACTIV-Chasis Independent

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, Mazda mengandalkan suspensi SKYACTIV-Chassis Independent MacPherson Strut dan stabilizer bar di bagian depan. Sedangkan untuk suspensi belakang, disematkan Multi-Link dengan stabilizer bar. Suspensi ini dipadukan dengan roda berukuran 19 inci dengan profil ban 224/55.

6. Kabin Mewah dan Modern

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-5 2022, Layakkah Dipilih Ketimbang HR-V? 05

Interior Mazda CX-5, terkesan gelap tapi juga terlihat mewah dan elegan

Kelebihan Mazda CX-5 tidak hanya terlihat dari eksterior saja, tapi di bagian kabin pun juga dapat dirasakan. Mazda menyematkan panel meter dengan paduan warna hitam dan chrome, sehingga terkesan modern. Selain itu, kabinnya dilengkapi juga dengan wireless charging, hands-free power liftgate, hingga drive mode selection indicator.

Terdapat pula ruang bagasi yang inovatif. Penggunanya dapat mengatur papan bagian depan dan belakang secara fleksibel. Sehingga, dapat mengakomodir kapasitas sesuai dengan kebutuhan. Ditambah lagi, papan ini dilapisi dengan material tahan air.

7. Sistem Audio BOSE Jadi Andalan

Untuk memanjakan telinga pengemudi dan penumpang, Mazda menyematkan sistem audio dari BOSE. Kejernihan suara dari sistem audio, dipadukan dengan kekedapan kabin yang baik, menghasilkan suara yang indah di telinga.

8. Sarat Fitur Kenyamanan

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-5 2022, Layakkah Dipilih Ketimbang HR-V? 06

Mazda CX-5 memiliki banyak fitur kekinian

Mazda CX-5 merupakan SUV yang sarat fitur. Salah satu fitur andalannya adalah head up display (HUD), yang disebut oleh Mazda sebagai Windshield Active Driving Display. Selain itu, terdapat fitur canggih lainnya, seperti i-ACTIVSENSE yang meliputi Mazda Radar Cruise Control (MRCC), Blind Spot Monitoring, Lane Departure Warning System, Lane Keep Assist, dan juga Cruising and Traffic Support.

Terdapat juga fitur canggih lainnya, yaitu AC Auto, Auto Hold, Power Liftgate dengan Spindle Damper, Smart City Brake Support, I-Stop, dan lainnya.

9. Performa Mesin SKYACTIV

SUV premium ini dibekali dengan mesin SKYACTIV-G 2.5 L, dengan kapasitas 2.488 cc, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mesin tersebut mencapai 190 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum hingga 252 Nm pada 4.000 rpm. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 6 percepatan.

Baca juga: Adu SUV 5-seater Rp500 jutaan yang Manggung di IIMS 2022, Honda HR-V Ungguli Mazda CX-5 dan MG HS Edisi Khusus?

Kekurangan Mazda CX-5

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-5 2022, Layakkah Dipilih Ketimbang HR-V? 07

Mazda CX-5 dibanderol lebih dari setengah miliar rupiah

Meskipun Mazda CX-5 memiliki banyak kelebihan, tapi bukan berarti mobil ini sepenuhnya sempurna. SUV yang didatangkan secara utuh dari Jepang ini juga memiliki beberapa kekurangan.

1. Suku Cadang Mahal

Dengan statusnya sebagai SUV premium, maka harga suku cadangnya pun mengikuti harga mobilnya. Dibandingkan dengan para kompetitor sekelasnya, harga suku cadang CX-5 bisa dikatakan cukup mahal.

2. Harga Baru Fantastis, Bekasnya Anjlok

Dibandingkan dengan SUV lain harga Mazda CX-5 bisa dibilang cukup fantastis. Namun, bisa dimaklumi mengingat status mobil ini yang merupakan kendaraan Completely Built Up (CBU).

3. Kapasitas Penumpang Terbatas

Mazda CX-5 hanya dapat menampung lima orang dewasa di dalamnya. Sementara, konsumen di Indonesia memiliki sifat komunal yang bepergian ke suatu tempat beramai-ramai. Sehingga, kapasitas penumpang bisa menjadi salah satu faktor penentu seorang konsumen untuk membeli mobil. Meskipun, bukan di urutan pertama.

Kesimpulan

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-5 2022, Layakkah Dipilih Ketimbang HR-V? 08

Banderol Mazda CX-5 sebanding dengan apa yang ditawarkan

Dengan harga lebih dari setengah miliar rupiah, All New Mazda CX-5 sangat patut mengingat banyak juga fitur yang disematkan. Soal desain, tentu kembali ke selera masing-masing. Tapi, rasanya desain yang diusung Mazda dapat diterima berbagai kalangan. Soal kekurangan, tidak terlalu sebanding dengan beragam kelebihan yang ditawarkan.

Baca juga: Tampilannya Dianggap Lebih Keren, Mazda CX-50 Bisa Bikin CX-5 Tutup Usia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Mazda CX 5 GT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil