window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki Ignis 2020: Review, Spesifikasi, dan Harga

Bent Aulia · 23 Mei, 2020 09:00

Pandemik Virus Corona tak menjadi alasan bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk menunda perkenalan mobil barunya. April lalu, PT SIS membawa facelift dari mobil Suzuki Ignis 2020 dengan ubahan kosmetik untuk penyegaran di pasar hatchback yang cukup ramai. Mobil Suzuki Ignis memiliki total 4 tipe. Harga mobil Suzuki Ignis terbaru berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 juta. Ini merupakan harga Ignis 2020.

Dony Saputra selaku 4W Marketing Director SIS mengungkapkan bahwa “New Ignis mendapatkan tampilan yang lebih bergaya, lebih mudah, dan lebih gagah bersama fitur lengkap untuk mendukung mobilitas kaum urban.”

Suzuki Ignis 2020: Review, Spesifikasi, dan Harga 01

Bersaing dengan hatchback keluaran Jepang lainnya, seperti Honda Brio atau Toyota Agya, mobil Ignis menjadi salah satu pilihan hatchback terbaik yang menawarkan berbagai fitur lengkap.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Eksterior

Bagian luar terasa sangat berbeda dibandingkan edisi pre-facelift bersama penyegaran yang diberikan. Termasuk pada bagian depan yang sudah dilengkapi fog lamp dan lampu depan berteknologi projector LED ditambah guard diffuser dan bumper depan berwarna silver.

Suzuki Ignis 2020: Review, Spesifikasi, dan Harga 01

Hanya saja mobil Suzuki Ignis GL belum mendapatkan fog lamp. Bumper depan juga masih polos dibandingkan varian GX, sama seperti sisi samping. Tapi keduanya sama-sama mendapatkan velg 15 inci dual tone yang lebih sporty. 

Bumper belakang juga mendapatkan ubahan layaknya bagian depan. Tambahan lainnya seperti wiper dan defogger untuk meningkatkan visibilitas pada saat hujan. Ubahan baru termasuk 9 warna pada mobl Suzuki Ignis yang bisa Anda pilih, salah satunya Stargaze Blue with Silver Roof yang menawan.

Interior

Di dalam, mobil Suzuki Ignis Indonesia mendapatkan tampilan yang hampir sama dengan edisi sebelumnya. Dimensinya yang kompak tapi masih memberikan kesan lapang di dalam mobil. Sedangkan konsol tengah dan gagang penutup pintu dibuat senada dengan eksterior. 

Perubahan pada cover jok mobil Ignis menjadi ubahan paling signifikan yang terlihat saat ini. Ruang di dalam mobil Ignis bisa dibilang masih lapang untuk penumpang di belakang. Namun sayangnya headrest belum tersedia di baris kedua.

Suzuki Ignis 2020: Review, Spesifikasi, dan Harga 02

Selain mendapatkan Multi Information Display dengan beragam informasi perjalanan pada kedua varian. Tapi hanya varian Suzuki Ignis GX yang mendapatkan beberapa fitur pelengkap, seperti pengaturan AC Digital dengan climate control serta kemudi muti fungsi.

Dari segi keselamatan, mobil Suzuki Ignis GL dan GX berbagi fitur yang sama. Diantaranya sistem pengereman ABS+EBD+BA, Dual SRS Airbag serta Side Impact Beam. Tak ketinggalan sensor parkir yang memudahkan Anda untuk memarkirkan mobil.

Mesin dan Performa

Mesin yang digunakan pada kedua varian juga masih sama. Jadi tidak ada perbedaan dalam masalah performa bagi mobil Ignis GL maupun GX. Dalam facelift kali ini, Suzuki masih mempertahankan mesin K12M dengan konfigurasi empat silinder berkapasitas 1.197 cc.

Dengan teknologi multipoint injection, mobil Suzuki Ignis mampu menyemburkan tenaga hingga 82 daya kuda pada putaran 6.000 rpm serta torsi puncak 113 Nm pada putaran 4.200 rpm. Dengan dimensinya yang kompak dan bobot yang ringan, tenaganya terbilang cukup untuk mobil perkotaan.

Suzuki Ignis 2020: Review, Spesifikasi, dan Harga 03

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika membeli Ignis bertransmisi otomatis adalah transmisi AGS yang digunakan berbeda dengan transmisi otomatis pada umumnya. Mekanismenya hampir mirip dengan transmisi manual. Jadi butuh adaptasi bagi pengemudi baru untuk menyesuaikan dengan pengendaraannya.

Kenyamanannya cukup terasa karena mobil Ignis menggunakan suspensi MacPherson strut dengan coil spring di depan, serta torsion beam dengan coil spring di belakang. Roda depan disematkan rem disc, sedangkan di belakang model tromol. Jadi fungsi sensor ABS bisa mencegah roda terkunci di bagian depan.

Harga

Jika sebelumnya Suzuki membawa tiga varian Ignis ke Indonesia, mobil Suzuki Ignis Sport ternyata tidak lagi dijual saat ini. Jadi hanya ada dua varian Suzuki Ignis yang dipasarkan saat ini. Perbedaan fitur dan aksesoris yang terletak pada keduanya menjadi penentu harga yang disematkan.

Suzuki Ignis 2020: Review, Spesifikasi, dan Harga 04

Varian termurah mobil Suzuki Ignis terdapat pada tipe GL dengan transmisi otomatis. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp171 jutaan. Sedangkan mobil Ignis termahal disematkan pada Ignis GX bertransmisi AGS yang dipasarkan dengan harga Rp200 jutaan.

Salah satu keunggulan mobil Ignis adalah salah satu hatchback dengan value for money yang baik. Layanan purna jual mobil Suzuki Ignis Indonesia bisa ditemukan dengan mudah. Belum lagi biaya perawatan yang terbilang murah dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. Berikut daftar harga Suzuki Ignis 2020 dengan berbagai modelnya.

Tipe Harga
Suzuki Ignis GL M/T Rp171 jutaan
Suzuki Ignis GL AGS Rp181 jutaan
Suzuki Ignis GX M/T Rp191 jutaan
Suzuki Ignis GX AGS Rp200 jutaan

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ignis GX MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil