window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tak Banyak yang Tahu, Ini Perbedaan Kia Carens 2022 1.5L dan 1.4L Turbo yang Selisihnya Sampai Rp60 Jutaan

Enda · 1 Sep, 2022 08:30

Perbedaan varian Kia Carens

Ketika diperkenalkan pada Maret tahun ini lewat ajang Jakarta Auto Week, PT Kreta Indo Artha (KIA) menampilkan dua varian Kia Carens 2022 yakni 1.4L Turbo dan diesel 1.5L Turbo. Setelah lima bulan berlalu, pada GIIAS kemarin pihaknya secara resmi menjual Carens dengan varian yang berbeda.

Tidak seperti saat diperkenalkan, untuk pasar Tanah Air Kia Carens dijual dengan mesin 1.4L Turbo dan bensin 1.5L. Untuk harganya, varian 1.5L dibandrol Rp389 juta, sedangkan 1.4L Turbo diniagakan Rp449 juta.

Memiliki perbedaan harga baru mencapai Rp60 juta, apa bedanya Kia Carens 1.5L dan 1.4L Turbo? Daripada penasaran, simak ulasannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Sediakan Dua Varian, Ini Dia Perbedaan Kia Carens Versi Indonesia dengan Versi India

Tampilan Keduanya Terlihat Sama

Perbedaan varian Kia Carens

Tampilan Kia Carens 1.5L dan 1.4L Turbo tak ada yang berbeda

Kia Carens 1.5L dan 1.4L Turbo secara tampilan terlihat sama. Untuk tampilan depan keduanya menggunakan grill terbaru Kia dengan bentuk pipih mengaplikasikan garis horizontal berlapiskan krom yang terintegrasi LED DRL berpenampilan unik. Bicara lampu utamanya, mobil ini sudah menggunakan tekologikan LED dual-beam yang dibagi menjadi beberapa bilah.

Di bagian samping, keduanya tersematkan roof rail di atapnya, body cladding pada pintu, dan untuk lingkar rodanya menggunakan velg R16 dual tone dengan ban berprofil 205/65.

Melihat bagian belakang mobil, varian 1.5L dan 1.4L Turbo untuk stoplampnya telah mengadopsi teknologi LED. Selain itu juga terdapat reflektor stoplamp serta sensor parkir yang berada di bumper.

Kia Carens 1.4L Turbo Hanya Sanggup Diisi 6 Orang

Perbedaan varian Kia Carens

Jok captain seat hadir di varian 1.4L Turbo

Beranjak ke bagian dalam, secara penampilan dashboard keduanya sama yang mana pada bagian atas terdapat tekstur bergradasi. Untuk sistem hiburannya sendiri keduanya telah menggunakan head unit layar sentuh sebesar 10,25 inci yang dibuat rata dengan dashboardnya.

Sebagai kecanggihan serta bentuk kemudahan terhadap penggunanya, sistem hiburannya telah didukung konektivitas Apple Carplay dan Android Auto yang dipadukan 8 speaker BOSE, serta terhubung secara langsung dengan switch control steering.

Melihat pada bagian atap baris pertama, baik 1.5L dan 1.4L Turbo sudah dilengkapi dengan sunroof yang dapat meningkatkan gaya berkendara, juga memberikan visibilitas yang lebih baik.

Guna memberikan kenyamanan lebih, kedua varian Kia Carens sudah dilengkapi tilt dan telescopic steering, soket USB di depan tuas transmisi, wireless charging, beberapa tombol untuk menjalankan fitur, serta start/stop engine button yang berada di bawah kisi-kisi AC sebelah kanan.

Perbedaan varian Kia Carens

Kia Carens 2022 mendapat tirai jendela

Oh iya, di dalam kabinnya Carens 1.5L dan 1.4L Turbo terasa nyaman sekaligus mewah berkat hadirnya tirai jendela di baris kedua dan bangku depan berventilasi. Selain itu, Kia juga menambahkan fitur berupa ambient light dengan mode pilihan 64 warna.

Sebagai pembeda, pada baris kedua 1.4L Turbo untuk joknya menggunakan model Captain seat dengan fitur sliding reclining dan arm rest. Sedangkan model 1.5L nya dibuat menyatu tanpa adanya pembatas dan untuk pelipatan joknya menggunakan 60:40 Split Double Folding & Sliding.

Meski begitu untuk pelipatan bangku pada baris keduanya Kia Carens terbilang mudah karena telah menganut teknologi elektrik. Saat ingin melipat jok, kalian hanya perlu menekan tombol dengan satu kali sentuhan di samping head rest untuk melipat bangku dengan metode one touch tumble.

Baca juga: Tidak Dimiliki Toyota Kijang Innova, Ini 5 Keunggulan Kia Carens 2022

Fitur Keselamatan Keduanya Sepadan

Perbedaan varian Kia Carens

Semua varian Kia Carens dilengkapi 6 airbags

Menyoal fitur keselamatan, Kia Carens 1.5L dan 1.4L Turbo sama-sama dibekali enam buah airbag untuk menjamin keselamatan seluruh penggunanya.

Supaya terasa lebih aman dan nyaman, keduanya juga dilengkapi dengan ABS + EBD, rem carkam di semua roda, HSA (Hill Start Assist), TPMS, ESC (Electronic Stability Control), DBC (Downhill Brake Control), VSM (Vehicle Stability Management), BAS (Brake force Assist System), cruise control, kamera mundur, sensor parkir, dan ISOFIX. Sebagai bentuk keamanan, Carens yang dijual di Tanah Air sudah tersematkan remote start-stop dan keyless entry.

Mesin dan Transmisi Setiap Varian Berbeda

Perbedaan varian Kia Carens

Mesin 1.4L Kappa - Dual CVVT, Kia Carens 2022

Kia Carens 1.4L Turbo hadir dengan mesin bensin Kappa - Dual CVVT, Direct Injection. Di atas kertas jantung pacunya sanggup memeras tenaga hingga 140 PS @6.000 rpm dan torsi puncak 242 Nm @1.500 – 3.200 rpm. Untuk gearboxnya sendiri menggunakan transmisi otomatis 7 percepatan dengan kopling ganda (Dual Clutch) yang terasa responsif dan energik.

Bicara varian 1.5L, Carens tipe ini menggunakan enjin 1.5L Smartstream Gamma II 1.5L DOHC Dual CVVT yang juga digunakan oleh Hyundai Stargazer. Untuk tenaga yang dihasilkan, secara performa tipe ini mencapai 115 PS @6.300 rpm dan torsi puncak 144 Nm @4.500 rpm. Berbeda dengan varian 1.4L Turbo, versi 1.5L dipadukan dengan transmisi Intelligent VT atau yang kita kenal dengan CVT.

Kesimpulan

Memiliki selisih harga baru mencapai Rp60 juta, Kia Carens 2022 varian 1.5L dengan 1.4L Turbo tak hanya memiliki perbedaan di sektor jantung pacu dan transmisi. Dari segi kenyamanan keduanya juga berbeda karena untuk Carens 1.4L Turbo sudah menggunakan jok model captain seat yang tampil prestisius sekaligus lebih nyaman digunakan.

Setelah mengetahui sejumlah perbedaan antara varian 1.5L dan 1.4L Turbo Kia Carens, kalian lebih tertarik pilih yang mana?

Baca juga: Komparasi Fitur Kia Carens vs Toyota Kijang Innova Reborn, Kijang Kalah Kelas?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Kia Carens 1.4T Premiere (6 seats) 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil