window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Fitur Kia Carens vs Toyota Kijang Innova Reborn, Kijang Kalah Kelas?

Yongki Sanjaya · 16 Mar, 2022 16:30

Komparasi Fitur Kia Carens vs Toyota Kijang Innova Reborn, Kijang Kalah Kelas? 01

Segmen medium MPV bakal kedatangan Kia Carens yang menjadi pemain baru. Sejauh ini, Toyota Kijang menjadi pemain tunggal di kelas MPV medium berbonnet, setelah Isuzu Panther undur diri. Lantas, apakah fitur yang dimiliki oleh Kia Carens ini bisa mengimbangi Toyota Kijang Innova Reborn?

Sebagai informasi, kini Toyota Kijang Innova tipe tertinggi diisi oleh trim V kemudian trim G dibawahnya. Sebab, trim Q naik kelas menjadi Toyota Venturer dengan beberapa upgrade fitur. Sebagai mobil keluarga ikonik di Indonesia, Kijang Innova ini dikenal nyaman dengan fitur yang cukup oke. 

Dengan adanya pendatang baru, apakah Kijang Innova tipe V ini masih lebih oke daripada Kia Carens? Mari kita bandingkan keduanya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Fitur di Eksterior Kijang Innova Reborn, Bergaya Konservatif dibandingkan Kia Carens

Komparasi Fitur Kia Carens vs Toyota Kijang Innova Reborn, Kijang Kalah Kelas? 01

Melihat sosok Kijang Innova, penampilannya bergaya elegan dan tangguh, karena mengadopsi gaya dari Hilux. Namun penampilan seperti ini malah terkesan kuno bila dibandingkan dengan Kia Carens.

Desain grill Carens gayanya pipih dengan mengaplikasikan garis horizontal yang terintegrasi LED DRL serta lampu utama bertekologikan LED dual-beam. 

Carens juga didukung pencahayaan khas KIA terbaru; ‘The Star Map’. Desain stop lampnya mengaplikasikan bentuk menyudut dengan teknologi LED yang dibuat seolah terhubung dengan kedua sisinya berkat adanya LED bar panjang di tengah.

Komparasi Fitur Kia Carens vs Toyota Kijang Innova Reborn, Kijang Kalah Kelas? 02

Untuk Kijang Innova, bagian grille berbentuk trapesium sehingga agak mirip dengan Toyota Hilux tipe terbaru. Fitur eksteriornya cenderung mengutamakan fungsi daripada keindahan estetika dimana bumper bawah Toyota Innova disematkan LED foglamp yang menyatu dengan lampu sein. 

Kemudian untuk bagian belakang mendapatkan penyegaran pada bagian garnish polish pada bagian tengah untuk menempatkan plat nomor kendaraan. 

Fitur di Interior Kia Carens Lebih Oke Dari Toyota Kijang Innova?

Komparasi Fitur Kia Carens vs Toyota Kijang Innova Reborn, Kijang Kalah Kelas? 03

Sebagai MPV kelas mid-end, maka fitur kenyamanan jadi faktor penting yang jadi pertimbangan saat akan membelinya. Setidaknya, fitur yang tersedia tak cuma sekedar lengkap tapi juga memiliki value yang baik. 

Terdapat beragam fitur pada Innova Reborn didukung fitur seperti Premium Illumination LED dipadukan Digital Auto AC. Fitur ini dapat mengatur AC bagian belakang dari Head Unit yang membuat interior Kijang Innova terlihat mewah saat di dalam kabin. 

Ada pula fitur hiburan berupa Head Unit berukuran 9 inci yang memiliki fitur Radio, USB, Bluetooth, Miracast, dan Smartphone Connection. Pada bagian dashboard kemudi sudah dilengkapi fitur TFT type MID yang memberikan info lebih inovatif dan informatif.  

Semakin menarik karena Kijang Innova Reborn memiliki 3 fitur berkendara, yakni Drive Mode, Power Mode, dan Eco Mode. Selanjutnya di bagian setir disematkan steering switch dan pengaturan stir sudah tilt dan telescopic.

Komparasi Fitur Kia Carens vs Toyota Kijang Innova Reborn, Kijang Kalah Kelas? 04

Pada baris kedua Innova Reborn V sudah memiliki Rear Seat Entertainment yang dapat menghibur keluarga anda saat di perjalanan. Kursinya dilengkapi pula dengan ISOFIX, kemudian ada meja portable yang bisa menahan beban maksimal 10 kg dan disematkan juga cup holder. Untuk pengisian daya gadget bisa menggunakan power outlet 12 volt. 

Jenis jok baris kedua ini memiliki fitur one touch thumble untuk akses ke baris ketiga. Untuk penumpang baris ketiga pun tetap nyaman karena sudah memiliki blower AC sehingga tidak kegerahan. 

Fitur Kia Carens Didukung Peranti Kekinian

Komparasi Fitur Kia Carens vs Toyota Kijang Innova Reborn, Kijang Kalah Kelas? 05

Pada interiornya, KIA Carens 2022 berhasil memadukan konsep desain ‘Joy for Reason’. Konsep ini menyuguhkan rasa berkendara yang nyaman, hangat dan rasa rileks.

Memiliki tiga baris tempat duduk untuk tujuh penumpang, bangku baris keduanya dapat dilipat dengan mudah secara elektrik hanya dengan satu sentuhan. 

mobil asal Negeri Gingseng yang didatangkan secara utuh dari India ini juga memiliki fitur berupa ambient light dengan mode pilihan 64 warna di dalam kabin. Fitur sunroof dengan tilt and slide mode membuat Carens ungguli Kijang Innova, yang bisa membuat betah penggunanya untuk berlama-lama di dalam mobil. 

Komparasi Fitur Kia Carens vs Toyota Kijang Innova Reborn, Kijang Kalah Kelas? 06

Pada bangku depan telah berventilasi, atau ada penyejuk dan penghangat, serta sistem pengisian ulang baterai nirkabel. Di sisi lain, pengguna bisa mengisi daya gawai dengan menggunakan port pengisian daya Type C di beberapa lokasi.

Selain itu, Kia Carens didukung AC double blower, instrumen full-digital, cruise control, start/stop engine button,  driving mode (Eco, Normal, dan Sport) dan sistem hiburan dengan layar sentuh 10,25 inci dan konektivitas Apple Carplay dan Android Auto. Suasana semakin menyenangkan karena imbuhan sistem audio premium lansiran Bose dengan 8 speaker. 

Fitur Keselamatan Kia Carens Lebih Oke Dari Toyota Kijang Innova Reborn? 

Komparasi Fitur Kia Carens vs Toyota Kijang Innova Reborn, Kijang Kalah Kelas? 07

Fitur keselamatan Kijang Innova terbilang baik walau tak begitu istimewa, yaitu memiliki 3 Airbags yang berada pada di setir, lutut pengemudi, dan di bagian penumpang depan. Pada sisi safety, seluruh varian New Kijang Innova kini telah dilengkapi dengan fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Komparasi Fitur Kia Carens vs Toyota Kijang Innova Reborn, Kijang Kalah Kelas? 08

 

Soal fitur keselamatan, KIA Carens sedikit lebih unggul karena dilengkapi dengan enam buah airbag untuk menjamin keselamatan seluruh penumpangnya. Fitur lainnya berupa ABS+EBD, Electronic Stability Control, Hill-Start Assist, Downhill Brake Control dan kamera 360 derajat.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Kia Carens 1.4T Premiere (6 seats) 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil