window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Begini Cara Aktifkan Fitur Navigasi dan Y-Connect di Yamaha XMax Connected 2023

Ilham · 22 Nov, 2022 15:00

sistem navigasi xmax

Versi Indonesia sudah dibekali sistem navigasi.
  • Yamaha XMax 2023 sudah dibekali layar navigasi.
  • Terdapat fitur Y-Connect yang kekinian.

Dengan banderol mencapai Rp 66 juta, Yamaha XMax Connected 2023 menyasar segmen konsumen menengah ke atas. Dan beberapa fitur baru yang diunggulkan terbilang canggih. Sebut saja navigasi dan koneksi smartphone, Y-Connect. 

Nah, untuk mengaktifkan dan mengoptimalkan penggunaan fitur-fitur tersebut tentu dibutuhkan langkah-langkah dalam menjalankannya. Sehingga ada pentingnya untuk membaca buku pedoman pemilik sebelum memakainya.Tapi jika tak sempat, langsung cek dulu cara-caranya berikut ini.

Baca Juga: Mencicipi Sensasi Berkendara WMoto EDraco, Langsung Terasa Bedanya!

Aktifkan Sistem Navigasi

Di Eropa, hanya Yamaha XMax versi tertinggi berjuluk Tech Max yang dilengkapi dengan sistem navigasi. Tapi di Indonesia, fitur ini sudah dilengkapi sebagai standar. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Begini Cara Aktifkan Fitur Navigasi dan Y-Connect di Yamaha XMax Connected 2023 01

Tampilan peta digital hadir di layar TFT

Di mana Yamaha XMax Connected 2023 turut dibekali aplikasi Garmin Street Cross. Lewat aplikasi yang bisa dipantau lewat layar TFT Information ini, pengguna motor dapat semakin dimudahkan ketika menjelajahi tempat-tempat baru selama perjalanan.

Ini berkat hadirnya bantuan digital maps yang muncul pada layar TFT Infotainment Display. Berikut langkah-langkah menggunakannya.

1.Download aplikasi Garmin Street Cross pada smartphone.

2.Buat akun baru pada aplikasi tersebut.

3.Hubungkan (pairing) aplikasi dengan motor menggunakan Bluetooth.
a.Aktifkan Bluetooth pada smartphone
b.Hidupkan Bluetooth pada motor dengan cara : Nyalakan kontak motor, pilih menu setting pada TFT Infotainment display, pilih Connection, pilih Bluetooth, dan pilih Discovery Mode.
c.Lakukan pairing antara motor dengan smartphone.

4.Setelah terhubung, download peta (maps) untuk wilayah Southern Asia pada aplikasi. 

Begini Cara Aktifkan Fitur Navigasi dan Y-Connect di Yamaha XMax Connected 2023 02

Peluncuran di IMOS 2022.

Lalu peta navigasi pun bisa langsung digunakan untuk membantu saat touring keluar kota. Fitur ini juga bisa diandalkan untuk sekadar mencari jalan tikus saat penggunaan harian di dalam kota.

Baca Juga: Barunya Tembus Rp 66 Juta, Yamaha XMax 250 Bekas Cuma Rp 30 Jutaan Nih!

Cara Aktifkan Y-Connect

Selain sistem navigasi, Yamaha XMax Connected 2023 juga dibekali fitur Y-Connect. Sistem tersebut koneksi smartphone yang saat ini tengah marak diandalkan oleh motor-motor baru Yamaha Indonesia seperti R15 hingga Freego. 

Cara menghubungkan motor dengan smartphone dilakukan lewat koneksi Bluetooth yang langkahnya mengunduh aplikasi Y-Connect terlebih dahulu. Kemudian sambungkan peranti dan isi datanya. Setelah terhubung, fitur ini baru bisa digunakan.

Begini Cara Aktifkan Fitur Navigasi dan Y-Connect di Yamaha XMax Connected 2023 03

Punya layar digital ganda.

Fitur ini memberikan informasi kepada penggunanya secara lebih mudah. Lewat fitur ini pengguna dapat mengakses informasi seperti perkiraan cuaca. 

Dengan fitur tersebut, pengendara dapat terhubung dengan sepeda motor untuk mendapatkan informasi seputar data berkendara dan juga kondisi motor secara real time. 

Informasi tersebut meliputi notifikasi dari handphone seperti pesan dan telepon masuk. Serta pesan dengan tampilan visual yang lebih lengkap berupa isi pesan tersebut dan juga nomor atau nama kontak yang melakukan panggilan masuk. 

Semakin komplet, ada notifikasi mengenai motor seperti malfungsi, informasi lokasi parkir terakhir ketika motor terhubung aplikasi hingga kondisi oli & aki.

Tak hanya itu, ada pula histori jalur berkendara (riding log), informasi konsumsi bahan bakar, fitur rank, dan juga Revs Dashboard dengan tampilan yang lebih menarik dan dilengkapi eco indikator.

Canggih juga nih.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });