window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Lebih Mahal Rp 1 Jutaan Dari Tipe Terbawah, Kenapa Yamaha NMax Connected Wajib Dibeli?

Ary · 25 Jan, 2021 21:00

Saat meluncur akhir 2019 silam, calon pembeli All New Yamaha NMax mungkin tidak mendapatkan banyak pilihan. Kala itu, opsinya hanyalah meliputi varian Standard Version dan Connected ABS saja. Dengan pemandangan demikian, otomatis konektivitas gawai hanya didapat ketika membeli NMax teratas. Sebaliknya, hanya segelintir saja kebaruan tersuguhkan ketika meminang versi paling bawah.

Pemilihan terhadap varian terbawah jelas tidak ideal jika ekspektasi Anda adalah untuk merasakan konektivitas Yamaha NMax. Namun menjadi dilema karena fitur itu harus ditebus dengan nominal Rp 33,750 juta (harga All New NMax Connected ABS). Rasanya itu pula yang menjadi alasan Yamaha Indonesia menambah varian baru Yamaha NMax, November 2020 lalu.

Lebih Mahal Rp 1 Jutaan Dari Tipe Terbawah, Kenapa Yamaha NMax Connected Wajib Dibeli? 01

varian baru All New Yamaha NMax Connected hadir di akhir 2020.

Keberadaan All New NMax Connected jelas mengisi ceruk antara versi bawah dan atas. Dengan begitu, ia diharapkan mampu mengobati pengharapan calon konsumen tanpa harus memilih NMax tipe standar. Toh dari sisi harga, NMax versi tengah ini dibanderol Rp 31 juta. Ya, hanya terpaut Rp 1,250 juta dengan All New NMax Standard. Selisih itulah yang Anda bayar untuk menikmati konektivitas Yamaha NMax.

Varian Tengah Yamaha NMax Punya Konektivitas Gawai 

Untuk mengaktifkannya, Anda harus terlebih dulu mengunduh aplikasi bernama Y-Connect dari Play Store maupun App Store. Setelah itu, lakukan registrasi dengan cara mendaftarkan alamat email dan password yang akan digunakan, dilanjutkan setelahnya dengan mengisi data pribadi seperti nama, tanggal lahir dan nomor telepon. Baru kemudian proses menghubungkan motor dengan smartphone bisa dilakukan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Perangkat Communication Control Unit (CCU) yang terpasang pada NMax berperan menjadi perantara untuk melakukan koneksi. Dengan catatan, Bluetooth pada gawai menyala dan kontak motor dalam posisi ON. Di aplikasi tadi pula akan muncul beberapa opsi sebagai langkah menghubungkan motor dengan smartphone. 

Cara pertama dapat dilakukan dengan memindai QR Code pada CCU bersebelahan dengan aki motor. Kedua, bisa juga scan barcode VIN (Vehicle Identification Number) yang didapat saat pembelian Yamaha NMax Connected. Anda juga bisa melakukannya secara manual yaitu menginput sendiri nomor rangka kendaraan. Setelah itu tinggal tekan tombol pairing yang tersedia di aplikasi tersebut.

Lebih Mahal Rp 1 Jutaan Dari Tipe Terbawah, Kenapa Yamaha NMax Connected Wajib Dibeli? 01

Konektivitas gawai dapat ditemui pada Yamaha NMax tipe tengah.

Setelah smartphone dan motor sudah terhubung, dari sinilah Anda dapat mengetahui jika ada panggilan telepon, pesan singkat bahkan email masuk. Notifikasi akan muncul pada panel meter digital NMax yang ditandai dengan berkedipnya salah satu ikon, misal: Jika ada telepon masuk, maka lambang telepon lah yang akan memberi tanda.  

Anda pun bisa mendapatkan informasi lain dari aplikasi di gawai tadi. Hal utama yang bisa Anda lihat adalah mengenai status oli mesin dan aki motor. Kemudian pemberitahuan jika ada malfungsi pada Yamaha NMax Anda. Ketika adanya masalah, ECU motor bakal menginformasikannya ke CCU, untuk kemudian diteruskan aplikasi Y-Connect. Disaat bersamaan, ada pemberitahuan ke email yang berisi notifikasi malfunction. 

Ada juga beberapa manfaat lainnya seperti informasi mengenai konsumsi bahan bakar. Termasuk pula revs dashboard. Di sini akan muncul accelerometer digital berupa spidometer dan takometer. Jika koneksi berjalan baik, penunjukannya bakal akurat sesuai bukaan gas.

Lebih Mahal Rp 1 Jutaan Dari Tipe Terbawah, Kenapa Yamaha NMax Connected Wajib Dibeli? 02

Fitur Smart Key System tak dipunyai Yamaha NMax tipe terendah.

Sudah Menggunakan Smart Key System

Tentu bukan konektivitas semata. Pembelian tipe tengah juga menguntungkan karena Anda sudah mendapatkan sistem kunci Smart Key System (SSS). Ya, hanya butuh putar knop saja untuk mengontak motor (On/Off). Sementara di tipe bawah, sistem itu masih menggunakan anak kunci. Perlu juga diketahui, fitur pada All New NMax Connected ini sama seperti kepunyaan Yamaha NMax tipe teratas (All New NMax Connected ABS).

Minus Rem ABS dan TCS

Sayangnya, varian ini minus pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Traction Control System (TCS). Sebagai informasi, kedua hal itulah yang menjadi pembeda utama antara NMax tipe tengah dan atas. Meski begitu, penghenti laju kepunyaannya masih cukup memadai. Toh, lingkar cakram di kedua roda sudah terpasang sebagai perlengkapan standar pengereman Yamaha NMax.

Lebih Mahal Rp 1 Jutaan Dari Tipe Terbawah, Kenapa Yamaha NMax Connected Wajib Dibeli? 03

Warna silver prestige layak dijadikan favorit pemilih tipe ini.

Satu-satunya Varian dengan Opsi Warna Silver 

Seperti varian lain, All New NMax Connected juga menghadirkan beberapa pilihan warna. Namun ada satu opsi yang paling menarik yaitu Prestige Silver. Penyajiannya tak ubahnya dengan Yamaha XSR 155. Dan, warna ini hanya dapat Anda temukan pada tipe ini saja. Kendatipun tak suka, Anda masih bisa memilih tiga warna lainnya yang terdiri dari Maxi Signature Black & Gold, Matte Blue dan Matte Red. 

Sementara untuk yang lainnya, Yamaha Indonesia menetapkan perlakuan serupa terhadap ketiganya. Baik Yamaha NMax tipe bawah, tengah maupun atas sama-sama memiliki penyajian wajah yang baru. Pada bagian lampu utama misalnya, sudah kedapatan list untuk menegaskan sorot mata hasil pendaran lampu berjenis LED. Diikuti pula dengan melandainya bentuk windshield dan perubahan bentuk lampu sein. Ubahan paling mencolok justru terjadi pada buritan. Bodi belakang All New Yamaha NMax terlihat lebih kembung, mengikuti bentuk lampu belakang yang jua baru. 

Lebih Mahal Rp 1 Jutaan Dari Tipe Terbawah, Kenapa Yamaha NMax Connected Wajib Dibeli? 04

Wajah baru All New Yamaha NMax lebih dinamis.

Pun begitu dengan fitur. Seluruh varian NMax sudah dibekali fitur Stop & Start System (SSS) dan power outlet untuk mengisi daya gawai. Termasuk pula soal bekalan jantung mekanis. Mesin SOHC satu silinder berteknologi Bluecore dan VVA (Variable Valve Actuation) terbaru kini digendong oleh generasi terbaru NMax. 

Berkat itu pula ia sanggup melontarkan daya sebesar 15,3 Ps di 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. Output tersebut tersalur ke roda belakang vai racikan bore x stroke : 58 x 58,7 mm dan rasio kompresi 11,6:1. Selain mesin, pengembangan juga terjadi pada kapasitas tangki bensin yang kini menjadi 7,1 liter (sebelumnya hanya 6,6 liter). 

Kesimpulan

Kehadiran varian tengah All New NMax Connected harusnya menjadi solusi untuk Anda yang ingin merasakan konektivitas gawai racikan Yamaha Indonesia. Yang mana, fitur ini tak bisa didapatkan hanya dengan membeli tipe terbawah. Mengenai harga memang lebih mahal. Tapi, selisih sekitar Rp 1 jutaan itu juga Anda bayar untuk mendapatkan fitur tambahan berupa sistem kunci pintar layaknya tipe teratas. 

Di sisi lain, Anda pun tak perlu menambah uang lebih andaikata merasa tak kepalang membutuhkan fitur seperti sistem pengereman ABS dan kontrol traksi yang disediakan pada All New NMax Connected ABS. Namun, Anda tetap bisa punya kebanggaan karena ada satu warna yang tak dipunyai oleh NMax atas dan bawah tadi.  

 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });