window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suara Mesin Yamaha Nmax Tiba-Tiba Kasar? Cek 3 Komponen Ini

Harry · 14 Sep, 2021 15:30

Meski sudah ada model barunya, Yamaha Nmax generasi pertama masih banyak penggunannya. Bahkan pasaran motor bekasnya pun relatif stabil, lantaran peminatnya pun banyak.

Tarikan mesin ringan, bagasi luas dan posisi berkendara nyaman menjadi beberapa kelebihannya. Tapi kalian juga harus pahami beberapa penyakit khasnya, salah satunya suara kasar yang berasal dari mesin.

Suara Mesin Yamaha Nmax Tiba-Tiba Kasar? Cek 3 Komponen Ini 01

Mesin Yamaha Nmax lawas kode 2DP.

Tentunya suara kasar tadi menandakan ada yang tak normal pada kinerja mesin, meski sebenarnya mesin masih bisa hidup. Tapi yang namanya part internal, kalau dibiarkan terus kerusakannya akan merembet.

Baca juga : Jangan Panik Saat Remote Keyless Yamaha Nmax Hilang, Segera Lakukan Hal Ini

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Menurut Heri Prasetyawan dari Jaw's Speed di Depok, suara mesin tiba-tiba kasar bisa disebabkan oleh 3 komponen. "Penyebabnya ya karena umur pakai dan sering telat ganti oli," kata pria akrab disapa Wawan ini.

Lalu apa saja komponen yang rusak tadi?

1. Tensioner Rantai Keteng

Ini penyakit khas terutama pada Yamaha Nmax keluaran awal, tensioner tiba-tiba rusak dan menimbulkan suara kasar pada mesin. Jika didengar dengan seksama, suara tadi berasal dari mesin sebelah kiri.

Suara Mesin Yamaha Nmax Tiba-Tiba Kasar? Cek 3 Komponen Ini 01

Tensioner rantai keteng.

"Suara mesinnya jadi kaya mesin jahit, itu tensioner. Biasanya per tensioner sudah patah, kalau gak diganti mesin bisa macet dan menghajar komponen lain," jelasnya.

Menurutnya pernah ada kejadian akibat tensioner rantai keteng rusak dan dibiarkan terus, pemilik sampai harus mengganti rantai keteng, lidah rantai keteng segala. Harga tensioner rantai keteng sendiri cuma Rp 146 ribu saja.

Baca juga : Master Rem Yamaha NMax Terlihat Simpel, Ternyata Ada Banyak Komponen Loh!

2. Bearing Noken As

Suara Mesin Yamaha Nmax Tiba-Tiba Kasar? Cek 3 Komponen Ini 02

Bearing noken as (3).

Harganya murah, bahkan tak sampai Rp 100 ribu, tapi kalau sudah rusak suka bikin jengkel. Suara mesin jadi sangat kasar tapi performa mesin masih tetap normal.

"Ini memang penyakit khas, usia pakai biasanya, tinggal ganti saja udah beres," ujar Wawan. Ciri khasnya, suara kasar terdengar semakin cepat seiring putaran mesin.

Baca juga : Kenali 4 Ciri-Ciri Komstir Yamaha Nmax 155 2021 Bermasalah, Bisa Bikin Handling Motor Tak Nyaman!

3. Rocker Arm

Efek telat ganti oli paling mudah menghantam komponen satu ini. "Ada dua, yang atas itu lebih mahal karena untuk VVA, Rp 488 ribu. Kalau yang bawah hanya Rp 180 ribu," jelasnya.

Suara Mesin Yamaha Nmax Tiba-Tiba Kasar? Cek 3 Komponen Ini 03

Rocker arm ada yang atas (9) dan bawah (14), harga pun beda jauh.

Untuk pengecekan suara kasar mesin Yamaha Nmax harus diperiksa satu per satu ketiga komponen, tadi untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Jangan sampai sudah ganti bearing noken as, eh yang rusak rocker arm.

Jadi keluar uang dobel deh.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });