window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Yamaha WR 250R Ogah Main Tanah Dioprek Jadi Supermoto, Pakai Knalpot Riset Khusus

Fariz · 9 Jun, 2022 17:00

Yamaha WR 250R Ogah Main Tanah Dioprek Jadi Supermoto, Pakai Knalpot Riset Khusus 01

Modifikasi Yamaha WR 250R yang diubah menjadi supermoto
  • Ban belakang 160/60-17 bikin tampilan WR 250R padat berisi.
  • Knalpot riset khusus untuk WR 250R.

Yamaha WR 250R lahir sebagai motor trail medium yang dibekali pelek ring 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Lingkar roda tersebut dikombinasi dengan suspensi depan dan belakang yang jenjang.

Tentu saja tujuannya agar WR 250R dapat dengan mudah melewati obstacle seperti bebatuan besar hingga batang pohon saat diajak bermain di jalur off road.

Namun Elfri Jufri lebih memilih WR 250R yang dipinangnya untuk dimodifikasi dengan aliran supermoto. Tentu saja harus menanggalkan roda orisinalnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

“Konsep modifikasinya real motard aja. Soalnya WR 250X kan gak masuk Indonesia, trus WR 250R masuk kategori street legal, dan belum pernah punya supermoto merek Yamaha,” sebut penasehat juga founder dari Supermoto Indonesia (SMI) Bandung ini.

Yamaha WR 250R Ogah Main Tanah Dioprek Jadi Supermoto, Pakai Knalpot Riset Khusus 01

Setang pakai yang lebih lebar dan kuat dari Nekken

Baca juga: YRA Tularkan Skill Berkendara Off Road, Pemilik Yamaha WR 155 R Wajib Ikut Nih!

Wheelset Supermoto

Untuk merealisasikan konsepnya tersebut, Caos Custom Bike (CCB) pun ditunjuk. Pertama tentu saja dengan mengubah wheelset trailnya menjadi wheelset supermoto. 

Yamaha WR 250R Ogah Main Tanah Dioprek Jadi Supermoto, Pakai Knalpot Riset Khusus 02

Wheelset jadi supermoto dengan cakram lebar 320 mm yang sesaki area tengah pelek

Menggunakan pelek Scarlet Racing lebar 3,5 inci depan dan 4,25 inci di belakang. Warna yang dipilih merah anodized yang cukup kontras dengan warna bodinya.

Yamaha WR 250R Ogah Main Tanah Dioprek Jadi Supermoto, Pakai Knalpot Riset Khusus 03

Foot peg pakai Expedition berkelir biru yang senada dengan bodi

“Bannya pakai Michelin Pilot Power 2CT 120/70-17 depan dan 160/60-17 belakang. Pelek lebar 5 inci di belakang sebenernya masih muat, beda profil bannya aja nanti. Cakram ROZ 320 mm ini aslinya buat YZ250, makanya kami bikin ulang braket kaliper pakai aluminium dural,” rinci Lerry Rahmat Rizky, owner CCB.

Selesai dengan area kaki-kaki, beberapa aksesoris pendongkrak tampilan dipasangkan. Seperti mengganti setang yang lebih lebar menggunakan Nekken dipadu handguard Zeta XC. Ada juga foot peg Expedition dengan kelir biru senada bodi. 

Yamaha WR 250R Ogah Main Tanah Dioprek Jadi Supermoto, Pakai Knalpot Riset Khusus 04

Terdapat sepasang lampu tambahan untuk memaksimalkan pancaran sinar WR 250R Elfri di malam hari

Baca juga: Yamaha WR 155 R Jadi Andalan bLu cRu Rider di Kejurnas Enduro Rally Championship

Lampu tambahan dengan warna kuning dan putih turut dipasangkan. “Lampu tambahan wajib untuk turing jauh, apalagi kalau sudah kemalaman sangat membantu. Hampir semua motorku pake lampu tambahan,” urai Elfri.

Yamaha WR 250R Ogah Main Tanah Dioprek Jadi Supermoto, Pakai Knalpot Riset Khusus 05

Knalpot Pro Speed untuk WR 250R hasil risetan langsung CCB

Knapot Riset Khusus

Agar performa mesin 250 cc 1 silindernya lebih terasa, knalpot full system diganti pakai Pro Speed. “Ini kami develop langsung di pabriknya, karena tadinya kan mereka gak punya untuk WR 250R. Ada juga power box di lehernya,” lanjut Lerry yang bengkelnya ada di bilangan Pancoran, Jaksel.

Terakhir sekujur bodinya dibalut decal custom dengan kombinasi warna hitam, biru, dan sedikit tarikan garis merah. “Grafis kami diskusikan aja, ada beberapa kali modifikasi. Warna pelek pun merah biar senada dengan garis merah di decal, matching kan, hehehe…” tutup Elfri.

Akhirnya punya Supermoto Yamaha! Mau nambah lagi?

Yamaha WR 250R Ogah Main Tanah Dioprek Jadi Supermoto, Pakai Knalpot Riset Khusus 06

Yamaha WR 250R beraliran supermoto

Caos Custom Bike: 0817-0089-400

Data Modifikasi Yamaha WR 250R
Decal Custom by ADS
Pelek depan Scarlet Racing 3.50 x 17 inci
Pelek belakang Scarlet Racing 4.25 x 17 inci
Ban depan Michelin Pilot Power 2CT 120/70-17
Ban belakang Michelin Pilot Power 2CT 160/60-17
Slider Aluminium dural custom by Caos Custom
Footstep Expedition
Slang rem Hel
Raiser ProTaper
Setang Nekken
Handgrip TDR
Handguard Zeta XC
Cakram ROZ 320 mm semi-floating
Knalpot Pro Speed

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });