window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bermesin Turbo, Ini Daftar Kelengkapan Sistem Keselamatan Honda CR-V

Bent Aulia · 18 Jul, 2020 09:00

Bermesin Turbo, Ini Daftar Kelengkapan Sistem Keselamatan Honda CR-V 01

Honda CR-V mendapatkan penambahan mesin berteknologi turbo yang membuatnya menjadi lebih bertenaga. Dengan harga Honda CR-V dari Rp463 jutaan, kenyamanan berkendaranya tak perlu dipertanyakan lagi. Begitu pula kelengkapan sistem keselamatan Honda CR-V yang berlimpah. Ini daftarnya.

Konfigurasi keselamatan aktif

1. Vehicle Stability Assist (VSA)

Honda CR-V dari dulu dikenal memiliki rasa berkendara dan handling yang menyenangkan. Kenyamannya ditambah dengan fitur Vehicle Stability Assist yang akan membantu menjaga kestabilan berkendara, apalagi pada jalan menikung.

Bermesin Turbo, Ini Daftar Kelengkapan Sistem Keselamatan Honda CR-V 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda sendiri mengklaim bahwa VSA bisa mengurangi gejala oversteer dan understeer pada saat bermanuver. Fitur ini akan sangat berguna ketika berkendara di jalanan licin. Mengingat Indonesia berada di iklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi di beberapa daerah.

2. Hill Start Assist (HSA)

Bodi yang kokoh serta ground clearance yang cukup tinggi, mencapai 198 mm, membuat mobil ini menyangkan diajak ke medan kasar. Belum lagi dengan fitur Hill Start Assist yang akan membantu ketika berkendara di jalanan menanjak.

Bermesin Turbo, Ini Daftar Kelengkapan Sistem Keselamatan Honda CR-V 01

Fitur HSA akan memberikan bantuan yang cukup dan memudahkan pengemudi ketika akan berakselerasi pada saat berhenti di pendakian. Meskipun belum diikuti dengan fitur penurunan, tapi HSA sangat memudahkan pada saat membawa mobil ini ke luar kota.

3. Emergency Stop Signal

Salah satu fitur penting untuk menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya yang penuh dengan pengguna jalan. Sistem ini akan aktif memberikan peringatan pada kendaraan di belakang pada saat pengendaran melakukan pengereman secara keras dan tiba-tiba.

Bermesin Turbo, Ini Daftar Kelengkapan Sistem Keselamatan Honda CR-V 02

Ketika pengemudi mengerem dengan keras pada saat melaju 60 km/jam atau lebih, lampu hazard akan aktif berkedip. Hal ini sangat berguna ketika sedang berkendara di jalan tol dalam kondisi kabut, di malam hari, atau pada saat hujan.

4. Brake Override System

Fitur ini juga sering ditemukan pada model Honda lainnya, seperti Honda Jazz. Bagi pengendara baru, bahkan pengemudi yang sudah berpengalaman pun sering mengalami salah injak pedal gas. Dan fitur ini akan mengurangi dampak kecelakaan ketika masalah tersebut terjadi.

Bermesin Turbo, Ini Daftar Kelengkapan Sistem Keselamatan Honda CR-V 03

Keunggulannya terdapat pada teknolgi yang digunakan. Brake Override System menggunakan teknologi pengereman pintar milik Honda. Teknologi ini akan membantu memprioritaskan pengereman pada saat pedal gas serta pedal rem terinjak secara bersamaan.

Konfigurasi keselamatan pasif

1. 6 Airbag

Untuk menjamin keselamatan ketika terjadi benturan, Honda menyematkan enam airbag untuk mobil ini. Seperti kebanyakan mobil lainnya, Honda CR-V terbaru memiliki dual SRS Airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang di baris depan dari benturan.

Bermesin Turbo, Ini Daftar Kelengkapan Sistem Keselamatan Honda CR-V 04

Selain itu ada tambahan sistem airbag lanjutan berupa side airbag guna melindungi sisi tengah dan paha pengemudi dari benturan menengah. Tak hanya pengemudi, penumpang kabin CR-V juga memiliki side curtain airbag ketika terjadi benturan pada sisi samping kendaraan.

2. Seatbelt Pretensioner dan Load Limiter

Sebagian besar mobil Honda sudah mendapatkan fitur tambahan pada seatbelt, yaitu pretensioner dan force limiter. Fitur ini akan mengurangi dampak benturan yang terjadi pada badan penghuni kabin ketika terjadi tabrakan atau benturan yang cukup keras.

Bermesin Turbo, Ini Daftar Kelengkapan Sistem Keselamatan Honda CR-V 05

Pretensioner berfungsi memastikan sabuk pengaman mampu menahan badan penumpang. sedangkan load limiter akan membatasi kekuatan atau daya akibat benturan dan meminimalisir cedera pada dada. Sehingga penumpang di belakang tidak mengalami cedera parah ketika terjadi kecelakaan.

3. ISOFIX

Dengan pasar sebagai mobil keluarga, sistem keselamatan Honda CR-V baru juga disertai dengan ISOFIX. Sistem ini akan memberikan kemudahan bagi keluarga yang membawa bayi dan memasang kursi bayi dengan pas di bangku belakang.

4. Rangka bodi G-Con + ACE

Melengkapi sistem keselamatan Honda CR-V Turbo, ada rangka bodi G-CON yang kokoh. C-CON adalah desain structural ditambah teknologi ACE (Advanced Compatibility Engineering) yang mampu mendistribusikan energi benturan secara merata ke bodi sehingga mengurangi dampak benturan pada penumpang.

Bermesin Turbo, Ini Daftar Kelengkapan Sistem Keselamatan Honda CR-V 06

Teknologi struktur G-CON dan fitur keselamatan yang diberikan bukan hanya memberikan pengalaman berkendara yang baik, tetapi juga menjaga ketika terjadi benturan. Dengan semua fitur keselamatan yang diberikan, Honda CR-V 2020 mendapatkan rating ASEAN NCAP 2018 bintang 5.

Mobil Honda CRV tersedia dalam 3 varian. Harga Honda CRV berkisar dari Rp463 jutaan hingga Rp539 jutaan. Ini merupakan harga mobil CRV 2020 di Indonesia.

Bersaing dengan SUV kompak lainnya, sistem keselamatan Honda CR-V memang sudah cukup baik, meski ada beberapa sistem yang masih belum diberikan Honda. Tapi sebagai SUV perkotaan, rasa berkendara dan kenyamanannya masih membuat mobil CR-V menjadi salah satu pilihan terbaik saat ini.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil