window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Spesifikasi dan Harga Isuzu Panther, Rajanya Diesel Yang Bertahan Eksis

Anissa · 12 Jun, 2020 14:00

Review Spesifikasi dan Harga Isuzu Panther, Rajanya Diesel Yang Bertahan Eksis 01

Isuzu Panther merupakan salah satu model mobil MPV yang sudah sangat akrab dengan para pecinta otomotif di Indonesia. Mobil yang sering disebut-sebut sebagai Rajanya Diesel di Indonesia ini memang masih dipasarkan dengan kisaran harga Rp280 jutaan hingga Rp340 jutaan.

Belum lama ini, Isuzu Panther menghadirkan generasi barunya. Selain untuk memperbarui mobil ini, generasi terbarunya juga hadir karena adanya kebijakan internasional penggunaan daya emisi yang harus bertaraf EURO 4. Di Indonesia sendiri kebijakan tersebut telah diberlakukan mulai tahun 2019 lalu, dan oleh karena itu, Isuzu Panther mengubah teknologi Direct Injection menjadi Common Rail. 

Tetapi bukan itu saja hal yang perlu diketahui mengenai Isuzu Panther. Bagi para konsumen yang berminat untuk membeli Isuzu Panther, sebaiknya baca dulu review mobil Isuzu Panther berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga

Hal pertama yang akan kita bahas dari review mobil Isuzu Panther kali ini adalah soal harganya. Saat ini, di Indonesia sendiri ada sedikitnya empat varian Isuzu Panther. Harga Isuzu Panther 2020 berkisar Rp280 jutaan hingga Rp340 jutaan. Ini merupakan harga Isuzu Panther baru dan tidak beda jauh dengan harga Panther 2019. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat rincian harganya berikut ini.

Harga Mobil Isuzu Panther
Varian Harga
Isuzu Panther Smart Rp287.900.000
Isuzu Panther LV Rp294.800.000
Isuzu Panther LS Rp317.400.000
Isuzu Panther Grand Touring Rp343.700.000

Spesifikasi

Spesifikasi Isuzu Panther
Mesin Isuzu Panther
Tipe Mesin 4JA1L Turbocharger
Kapasitas 2.499 cc
Power Output 80 PS @ 3.500 rpm
Torsi  192 Nm @ 1.800 rpm
Dimensi Isuzu Panther
Panjang 4.535 mm
Lebar 1.770 mm
Tinggi 1.873 mm (1.920 mm untuk varian Grand Touring)
Kaki-Kaki dan Suspensi Isuzu Panther
Ukuran Ban 235/70 R15
Velg Allow Wheel
Bahan Bakar Isuzu Panther
Sistem Common Rail
Kapasitas Tangki 55 Liter
Jenis Bahan Bakar Diesel

Sejak tahun 1990-an hingga sekarang, gelar “Raja Diesel” masih dengan setia melekat pada mobil Isuzu Panther ini. Kendati pasar mobil MPV di dunia otomotif Tanah Air semakin ramai dengan hadirnya berbagai model MPV yang baru, nyatanya Isuzu Panter masih bisa membuktikan eksistensinya sebagai salah satu model MPV dengan mesin yang tangguh dan dapat diandalkan.

Review Spesifikasi dan Harga Isuzu Panther, Rajanya Diesel Yang Bertahan Eksis 01

Isuzu Panther ini dikenal dengan beberapa nama berbeda di berbagai negara. Di Filipina, Isuzu Panther dikenal dengan nama Isuzu Crosswind, sementara di Vietnam mobil ini disebut sebagai Chevrolet Tavera. Mobil Isuzu Panther ini sempat mendapatkan facelift di tahun 2005, dan pembaruan terakhir pada 2019.

Eksterior

Pada bagian depannya, bisa terlihat bahwa Isuzu Panther generasi terbaru menghadirkan lampu depan mobil Isuzu Panther dengan ukuran yang agak lebar dengan lampu sein di sisi kanan dan kirinya. Penggunaan lampu ini dinilai bisa memberikan pencahayaan yang lebih baik demi kenyamanan berkendara di malam hari. 

Review Spesifikasi dan Harga Isuzu Panther, Rajanya Diesel Yang Bertahan Eksis 02

Isuzu Panter juga menghadirkan Fog Lamp di bagian bawahnya demi memberikan penerangan yang lebih baik ketika berkendara dalam keadaan berkabut ataupun hujan lebat. Grille depannya tampil keren dengan adanya logi Isuzu di bagian tengah, menegaskan ciri khas Isuzu Panther sebagai salah satu mobil andalan dari Isuzu. 

Review Spesifikasi dan Harga Isuzu Panther, Rajanya Diesel Yang Bertahan Eksis 03

Di bagian sampingnya, Isuzu Panther terkesan lebih modern dan minimalis berkat garis tegas yang melintang dari bagian depan hingga ke belakang. Tidak hanya itu, MPV gagah ini juga memiliki roof rail di bagian atapnya. Akses keluar masuk kendaraan untuk penumpang juga dipermudah dengan adanya pijakan side step di bagian samping. 

Untuk bagian belakangnya, Isuzu Panther juga masih tampak gagah. Pada bagian ini terdapat Stop Lamp Isuzu Panther dengan desain memanjang ke bawah. Ada pula lampu kombinasi dan kait derek pada bagian belakang mobil ini. 

Review Spesifikasi dan Harga Isuzu Panther, Rajanya Diesel Yang Bertahan Eksis 04

Sedangkan untuk pilihan warnanya sendiri, Isuzu Panther ini menawarkan 5 pilihan warna berbeda. Kelima pilihan warna tersebut antara lain Black Solid, Bright Red, Dune Grey Metallic, Arctic Silver Metallic, dan Platinum Silver Metallic.

Interior

Jika melihat bagian interiornya, kita akan langsung disambut dengan dashboard-nya. Bagian dashboard dari Isuzu Panther ini terlihat sederhana, tetapi cukup gagah berkat desain setir yang berukuran cukup besar. Dashboard-nya sendiri dilengkapi dengan dua buah AC Blower yang bisa melakukan pendinginan secara menyeluruh di dalam kabinnya. 

Review Spesifikasi dan Harga Isuzu Panther, Rajanya Diesel Yang Bertahan Eksis 05

Pada bagian atas dashboard ini tersedia sebuah panel audio yang bisa memutar musik melalui Bluetooth dan Port USB. Panel audio ini juga mampu memberikan opsi musik seperti radio AM/FM, CD, DVD dan AUX. Pada dashboard-nya juga tersedia tombol yang berfungsi untuk mengatur layar visual yang ditempatkan di bagian atas kabin. 

Untuk bagian setirnya sendiri, Isuzu Panther membalutnya dengan bahan kulit yang tentunya berkualitas, sehingga pengemudi dapat merasa nyaman dan tidak cepat merasa lelah ketika mengemudi. Desain setirnya juga masih sama dengan generasi sebelumnya yang memberikan kesan modern pada interior mobilnya. 

Beralih ke bagian kursinya, Isuzu Panther ini menggunakan kursi yang dibalut dengan material kulit berkualitas tinggi. Kursinya juga cukup empuk dan memiliki desain yang cukup elegan. Kapasitas kursinya sendiri bisa menampung hingga 7 orang penumpang. Kapasitas penumpang yang cukup besar ini sangat cocok bagi konsumen yang mencari mobil keluarga. 

Review Spesifikasi dan Harga Isuzu Panther, Rajanya Diesel Yang Bertahan Eksis 06

Ada pula head unit single DIN tanpa layar yang bisa digunakan untuk mendengarkan radio, MP3, dan memutar CD. Pintunya juga dilapisi dengan material kulit dengan warna dual tone, hitam dan beige. Untuk varian tertingginya, yakni Grand Touring, sudah memiliki kamera parkir mundur untuk kemudahan parkir yang terdapat di sudut spoiler sebelah kiri atas.

Kemudian untuk ruang bagasinya masih sama dengan generasi sebelumnya. Tetapi Isuzu Panther ini memang cukup fleksibel, sehingga jika konsumen membutuhkan kapasitas bagasi yang lebih luas lagi, maka kursi di bangku ketiga bisa dilipat untuk menyediakan ruang bagasi tambahan. Karena adanya fleksibilitas ini juga, konsumen tidak perlu khawatir ketika harus membawa barang bawaan yang banyak. 

Fitur

Sekarang kita beralih ke fitur yang dimiliki oleh Isuzu Panther. Untuk fitur keamanannya, mobil ini menggunakan beberapa fitur keamanan dasar yang dimiliki oleh mobil pada umumnya. Isuzu Panther telah dilengkapi dengan fitur pengereman Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Electronic Stability Control (ESC). Fitur-fitur tersebut dinilai mampu memberikan pengendaraan yang lebih nyaman dan aman.

Tidak lupa, pada Isuzu Panther ini juga disematkan Dual Front Airbags pada kursi bagian depan untuk meminimalisir dampak kecelakaan pada pengemudi dan penumpang. Selain itu, 3 Point Seat Belt juga digunakan pada setiap kursi agar pengemudi dan penumpang selalu berada di posisi yang stabil meskipun berkendara di jalan yang tidak rata. Ada pula fitur Immobilizer dan Anti Theft Alarm System yang bisa meminimalisir tindak pencurian.

Kemudian untuk fitur hiburannya, Isuzu Panther memiliki panel audio visual yang tergantung di bagian atap kabin yang bisa digunakan untuk menikmati video musik atau film melalui port USB sehingga seluruh penumpang hingga baris belakang bisa menikmati hiburan. Dengan adanya fitur ini, berkendara dengan jarak yang cukup jauh pun tidak akan terasa membosankan. 

Panel Audio pada bagian dashboard-nya juga bisa musik melalui koneksi Bluetooth atau Port USB. Selain itu, Isuzu Panther juga dilengkapi dengan radio single DIN, pemutar CD, dan MP3. Untuk melengkapi sistem audionya, mobil ini dilengkapi dengan speaker dan tweeter.

Mesin

Seperti yang kita ketahui, saat ini, Isuzu Panther terdiri dari empat varian berbeda, yakni Isuzu Panther Smart, Isuzu Panther LS, Isuzu Panther LV, dan Isuzu Panther Grand Touring. Semua varian Isuzu Panther ini juga mengandalkan mesin yang sama, yakni mesin berkapasitas 2.499 cc dengan turbocharger. Sayangnya, mesin yang digunakan Isuzu Panther di Indonesia ini masih berstandar EURO 2, dan terus diusahakan agar bisa segera memenuhi standar EURO 4 yang kini sudah berlaku.

Review Spesifikasi dan Harga Isuzu Panther, Rajanya Diesel Yang Bertahan Eksis 07

Transmisinya sendiri sama untuk semua variannya, yakni transmisi manual lima percepatan. Tenaga yang dihasilkan juga cukup baik, yakni 80 PS pada putaran mesin 3.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 192 Nm pada putaran mesin 1.800 rpm. 

Performa Berkendara

Meskipun menggendong mesin yang sama, masing-masing varian dari Isuzu Panther ini ternyata memiliki kemampuan akselerasi yang berbeda. Selain memiliki kemampuan akselerasi yang cukup baik, mobil Isuzu Panther ini juga dikenal sebagai mobil diesel yang hemat bahan bakar. Untuk kemampuan akselerasi dan konsumsi bahan bakarnya, bisa kita lihat dalam tabel berikut ini. 

 
Varian Akselerasi 0-100 km/jam Kecepatan Maksimal Konsumsi Bahan Bakar

Isuzu Panther Smart

Isuzu Panther LV

Isuzu Panther LS

17 detik 134 km/jam 12 Km/Liter
Isuzu Panther Grand Touring 18 detik 133 km/jam 12,5 Km/Liter

Kemampuan akselerasi yang dimiliki Isuzu Panther ini cukup baik, dan mobil ini cukup hemat bahan bakar. Tetapi sayangnya, penggunaan bahan bakar diesel bisa menimbulkan getaran yang dapat terasa hingga ke dalam kabin ketika berkendara.

Video

Kesimpulan

Secara keseluruhan, bisa disimpulkan bahwa Isuzu Panther generasi terbaru ini memiliki desain eksterior yang lebih modern. Kapasitasnya yang besar pun cocok untuk konsumen yang mencari mobil keluarga.

Fitur keselamatan dan hiburan yang dimilikinya juga cukup mumpuni. Pengemudi maupun penumpang bisa berkendara dengan nyaman dan aman dengan adanya fitur-fitur ini. Bukan itu saja, penggunaan teknologi Common Rail juga dinilai mampu menghemat bahan bakar sehingga lebih ramah lingkungan.

Sayangnya, bagasi mobil ini tidak terlalu luas sehingga harus mengorbankan kursi di barisan ketiga jika kita membutuhkan kapasitas bagasi yang lebih luas. Selain itu, karena pembaruan yang dilakukan Isuzu terhadap mobil Isuzu Panther ini cenderung lambat, maka hal ini dapat berdampak terhadap harga jual kembali mobil ini yang akan menurun.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil