Sudah Pakai Turbo, Honda Civic Hatchback Kalah Irit Mazda3 Hatchback

Yongki Sanjaya · 26 Okt, 2020 18:00

Sudah Pakai Turbo, Honda Civic Hatchback Kalah Irit Mazda3 Hatchback 01

Segmen mobil hatchback premium Tanah Air tidak banyak kandidatnya. Hanya ada dua mobil yang masuk ke dalam kategori hatchback premium. 

Mobil tersebut adalah Honda Civic Hatchback dan Mazda3 Hatchback. Honda Civic Hatchback dibanderol Rp499 jutaan, sedangkan All New Mazda3 Hatchback dijual Rp508 jutaan.

New Honda Civic Hatchback RS memadukan ‘Heritage’ dari keluarga Civic dipadu dengan karakter varian RS yang sporty. Untuk generasi Civic Hatchback, Honda merancang mobil tersebut dengan mesin baru dengan turbo. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Pada awalnya Honda Civic Hatchback bermain sendirian di segmen tersebut. Hingga pada ajang GIIAS 2019 lalu, Mazda mengeluarkan Mazda3 Hatchback sebagai rival utama.

Dari segi mesin, Honda patut jumawa karena Civic Hatchback tenaganya lebih besar daripada Mazda3. Ini karena adanya turbo pada Civic yang membuat tenaganya melimpah. Lalu, bagaimana soal konsumsi bahan bakar keduanya?

Untuk itu mari kita ulas lebih jauh soal mesin dan konsumsi bahan bakar kedua hatchback mewah ini.

Spesifikasi Sangar Civic Hatchback 

Sudah Pakai Turbo, Honda Civic Hatchback Kalah Irit Mazda3 Hatchback 01

New Honda Civic Hatchback RS memadukan ‘Heritage’ dari keluarga Civic dipadu dengan karakter varian RS yang sporty. Untuk generasi Civic Hatchback, Honda merancang mobil tersebut dengan mesin baru dengan turbo. 

Honda Civic RS Hatchback dibekali mesin berkapasitas 1.498 cc 4 silinder turbo bertenaga 173 dk dan torsi 220 Nm yang dipadu dengan CVT. Secara spesifikasi, mesin tersebut masih sama seperti versi awal saat Civic Hatchback pertama kali diluncurkan di Indonesia.

Hal yang cukup membuat Civic RS Hatchback tersohor bukan cuma dari desain yang ganteng, tapi juga dari mesinnya yang sudah dipersenjatai turbocharger. Perangkat turbo tersebut menjadi kompensasi menambah tenaga dari mesinnya yang tergolong kecil.

Berdasarkan pengujian, konsumsi BBM Honda Civic RS Hatchback berkisar antara 14,3 sampai dengan 20,8 km/liter. Jika pilihan Anda adalah membawa Civic Hatchback untuk berkendara agresif dan sering melesat di jalan bebas hambatan, tentu angka efisiensi bahan bakar tadi sulit untuk diraih.

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.501 mm, lebar 2.075 mm dan tinggi 1.421 mm. Dimensi tersebut untuk ukuran sebuah mobil sudah termasuk ke dalam kategori mobil yang cukup panjang. Pengaruhnya yaitu pada sisi bobot mobil yang berat, membuat power to weight ratio yang kurang bagus. 

Konsumsi bahan bakar Mazda3 Hatchback Lebih Bersahabat 

Sudah Pakai Turbo, Honda Civic Hatchback Kalah Irit Mazda3 Hatchback 02

Di balik kap mesin, Mazda3 Hatchback memiliki mesin berkapasitas 1.998 cc, 4 silinder, DOHC, SKYACTIV-G. Di atas kertas, kapasitas mesin Mazda3 jauh lebih besar dibanding Honda Civic Hatchback yang hanya 1.498 cc. 

Bagaimana dengan data performanya? Mazda3 Hatchback bisa dibilang kalah tenaga dibanding Honda Civic Hatchback.

Mesin tersebut sanggup mengeluarkan tenaga hingga 155 ps @6.000 rpm dengan torsi 200 Nm @4.000 rpm. Di atas kertas pula, tenaga dan torsi mesinnya masih berada di bawah Honda Civic Hatchback.

Konsumsi bahan bakar untuk rute tol perjalanan kombinasi mampu mencatatkan angka hingga 14,3 km/liter. Angka ini bisa dibilang sangat baik untuk sebuah mobil dengan kapasitas 2.000 cc. 

Rute dalam kota dengan kondisi kombinasi lancar dan macet sanggup menghasilkan data konsumsi bahan bakar di angka 22,2 km/liter. Angka ini benar-benar menjadi catatan yang sangat impresif untuk sebuah mobil hatchback premium yang ada di Tanah Air. 

Walaupun kalah dari segi performa, namun All New Mazda3 sanggup memenangi persaingan di ranah konsumsi bahan bakar. Hatchback ini lebih baik dibanding kompetitornya.

Secara dimensi, All New Mazda3 Hatchback memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.435 mm. Di atas kertas, ukurannya lebih kompak dibanding Honda Civic Hatchback.

Sehingga secara power to weight to ratio dan handling, Mazda3 lebih baik dibandingkan dengan Honda Civic Hatchback. Hal ini jelas menjadi kelebihan dari Mazda3, selain desainnya yang lebih keren.

Kesimpulan

Sudah Pakai Turbo, Honda Civic Hatchback Kalah Irit Mazda3 Hatchback 03

Jika kamu adalah seorang yang menyukai kecepatan dan desain yang sporty, maka kamu akan lebih cocok membeli Honda Civic Hatchback. Performa mesinnya lebih unggul, bahkan pengeremannya pun juga tak kalah mumpuni.

Mazda3 Hatchback memiliki handling yang luar biasa mantap, terutama saat melahap tikungan demi tikungan. Konsumsi bahan bakarnya pun juga lebih baik dibanding Honda Civic Hatchback yang kapasitas mesinnya lebih kecil. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru