window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Banyak foto Honda HR-V 2021 telah bocor, Small SUV tingkat fenomena ini akan mengantarkan perubahan besar baru.

Bent Aulia · 15 Des, 2020 13:00

Banyak foto Honda HR-V 2021 telah bocor,  Small SUV tingkat fenomena ini akan mengantarkan perubahan besar baru. 01

Honda HR-V bisa dibilang merupakan SUV kompak yang populer tak hanya di Indonesia, tapi juga di pasar global. Dan laporan terbaru menyebutkan model terbaru akan datang di awal 2021 mendatang. Hal ini terungkap dari spyshot yang memperlihatkan tampilan Honda HR-V 2021 masih dengan kamuflase pada pertengahan 2020 silam.

All New Honda HR-V Meluncur tahun 2021

2021 bisa disebut sebagai tahun paling agresif bagi Honda. Pasalnya pabrikan asal Jepang ini diprediksi akan memperkenalkan berbagai mobil barunya di Indonesia. Mulai dari mobil yang dirilis tahun 2020, hingga model baru yang akan diperkenalkan awal tahun depan.

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tahun ini, Honda membawa pembaharuan pada Honda City dan Honda CR-V di Thailand dan beberapa negara di ASEAN. Dengan sejarah penjualan Honda, tak menutup kemungkinan kedua mobil ini siap dibawa ke Indonesia tahun depan.

kamuflase Honda HR-V 2021

Dan yang menarik ada Honda HR-V 2021. SUV kompak yang terakhir mendapatkan pembaharuan pada 2018 silam dilaporkan akan mendapatkan ubahan terbaru pada awal 2021 mendatang. Nantinya, HR-V bisa saja masuk ke Indonesia pada paruh kedua 2021.

Dikenal juga dengan nama Honda Vezel di Jepang, generasi terbaru HR-V terungkap sedang melakukan uji jalan di Jepang pertengahan tahun lalu. Mendapatkan ubahan yang cukup signifikan, tampilannya terasa lebih berani dengan garis-garis bodi yang lebih tegas.

kamuflase sisi samping Honda HR-V 2021

Mulai dari fascia depan dengan karakter tegas dari grille heksagonal yang menonjol dan lampu depan LED yang lebih sipit. Meski profil samping tanpa perubahan berarti, lampu belakang tampak mendapatkan revisi layaknya model di depan.

kamuflase sisi belakang Honda HR-V 2021

Di bagian dalam, interior Honda HR-V 2021 dipercaya membawa tampilan interior yang sepenuhnya baru. Mulai dari tata letak dashboard baru, sistem infotainment layar sentuh yang lebih modern serta fitur konektivitas canggih untuk menambah kenyamanan di dalam kabin.

Belum ada penjelasan lebih lanjut tentang mesin yang ditawarkan. Mengingat sebagian besar model baru mendapatkan mesin hybrid, tak menutup kemungkinan HR-V akan mendapatkan powertrain yang lebih efisien. Begitu pula dengan transmisi manual dan CVT yang mungkin dipertahankan.

mesin Honda HR-V 2020

Begitu juga dengan banderol yang ditawarkan. Pasalnya masih lama sebelum Honda merilis mobil ini, Tapi kemungkinan besar harga Honda HR-V 2021 akan lebih tinggi dibandingkan model yang dipasarkan di Indonesia saat ini.

HR-V akan bersaing dengan SUV kompak yang baru, semisal Hyundai Kona, Mazda CX-3, dan Kia Seltos, serta duo pendatang baru Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang juga diprediksi datang di awal tahun depan.

Sejarah Honda HR-V

Ada yang menarik dari sejarah Honda HRV. Model SUV kompak ini sebenarnya sudah meluncur pertama kali pada tahun 1997. Penjualan yang tak begitu tinggi membuatnya dipangkas dari produksi. Baru pada tahun 2013 HR-V ‘dihidupkan’ kembali di tengah maraknya permintaan konsumen terhadap model SUV.

Honda HR-V 1999

Generasi pertama Honda HR-V

HR-V debut pertama kali sebagai mobil konsep J-WJ, masuk dalam empat seri J-Mover Honda yang diluncurkan pada Tokyo Motor Show 1997 dan Geneva Motor Show 1998. Dengan sedikit perubahan dibandingkan konsep yang dibawa, HR-V dipasarkan secara eksklusif di Jepang untuk pasar anak muda.

Honda HR-V 2001

Tak hanya memasarkannya di pasar domestik, Honda akhirnya membawa HR-V ke Eropa dengan mesin D16W1 1.6L SOHC atau mesin Honda D16W5 SOHC VTEC dengan sistem penggerak semua roda. Sedangkan transmisi CVT dipersiapkan sebagai pilihan opsional.

Diproduksi di Suzuka, Jepang, Honda HR-V generasi pertama berbagi platform dengan Honda Logo. Awalnya menggunakan konfigurasi penggerak semua roda dalam bodi tiga pintu pada Februari 1999, Honda memperkenalkan penggerak roda depan tujuh bulan setelahnya.

interior Honda HR-V 2001

Model lima pintu yang diberi nama GH4 diperkenalkan pada Maret 2000. Kala itu, Honda menawarkan opsi mesin VTEC dengan tenaga 123 hp untuk model penggerak empat roda maupun penggerak roda depan.

Dari segi dimensi, versi lima pintu dibuat lebih panjang 110 mm dengan wheelbase 100 mm lebih panjang. Semua model sudah mendapatkan suspensi depan MacPherson strut dan suspensi belakang five-link tipe De Dion.

Bahkan HR-V memiliki fitur keselamatan yang terbilang tinggi di zamannya. Dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), airbag SRS ganda, spion lipat, serta jok belakang lipat dengan power steering.

dashboard Honda HR-V 2001

Fitur lainnya termasuk kaca penyerap panas, AC, lampu kabut serta spoiler belakang dengan lampu rem yang dipasang tinggi. Ada pilihan lainnya termasuk roof rail sewarna bodi serta spoiler atap belakang yang lebih besar dibandingkan versi standar.

Pada saat itu, pembeli tak begitu tertarik dengan SUV kompak dibandingkan saat ini. Jadi HR-V generasi pertama bertahan hampir satu dekade sebelum dipangkas dari produksi Honda sejak tahun 2006. Namun HR-V pernah mendapatkan facelift pada 2002 dengan perubahan minor.

Generasi kedua Honda HR-V

HR-V mendapatkan generasi kedua ketika meluncur pada North American International Auto Show 2013 sebagai Urban SUV Concept. Sesuai namanya, mobil ini siap menjadi SUV keluarga perkotaan. Sedangkan kehidupan kedua HR-V diproduksi setara dengan Honda Jazz dan sedan kompak Honda City.

Honda HR-V 2020

Akhirnya HR-V meluncur pada November 2013 di Tokyo Motor Show 2013 dengan nama Honda Vezel. Nama ‘Vezel’ ini diambil dari ‘bezel’ dengan potongan pertama di bagian depan. Dibuat berdasarkan Honda Jazz, HR-V menjad SUV terkecil Honda, berada di bawah Honda CR-V.

Model Vezel di Jepang mulai dijual Desember 2013. Tersedia dengan dua pilihan mesin, yang pertama kendaraan bertenaga bensin dan kendaraan listrik hybrid. Di Jepang, versi hybrid bahkan menyumbang 90% dari penjualannya.

interior Honda HR-V 2020

Dalam hal kepraktisan, HR-V yang dipasarkan di Eropa membawa ruang bagasi 453 L serta 1.026 L ketika kursi belakang diturunkan. Honda menggambarkan kabinnya ‘sangat serbaguna’, karena menggunakan sistem Magic Seats yang dibawa dari Honda Jazz.

Sedangkan di Indonesia, Honda HR-V pertama kali terungkap sebagai model prototipe di Indonesia International Motor Show ke-22 pada 18 September 2014. Dengan atensi reaktif dari penggemar di Indonesia, HR-V dijual setahun kemudian sebagai model rakitan lokal.

Honda HR-V 2020

Ada beberapa pilihan yang diberikan bagi konsumen Tanah Air. Termasuk Honda HR-V 1.5 dan bermesin 1.6L. Opsi 1.5L kala itu tersedia dalam model dasar Honda HR-V A dengan transmisi manual serta Honda HR-V S dengan pilihan transmisi manual dan CVT.

Satu-satunya trim yang tersedia untuk varian bermesin 1.8L yang lebih bertenaga yaitu Honda HR-V Prestige. Kelengkapan fitur di dalam mobil juga lebih ramai. Termasuk lampu depan LED proyektor dengan DRL, velg two-time, interior full-leather, dan fitur panoramic sunroof untuk kesan yang lebih elegan.

Perbedaan Honda HR-V 2021 dan edisi terdahulu

Memang belum ada penjelasan lebih lanjut tentang detail eksterior dan perubahan yang diberikan pada mobil in. Namun dengan bocoran yang diunggah di media sosial, bodi mobil memang banyak perubahan.

render Honda HR-V 2021

Perubahan total terlihat, bahkan hampir mengubah ciri khas yang ditawarkan pada HR-V terbaru. Pasalnya HR-V 2021 tak lagi menggunakan platform Honda Jazz. Kali ini HR-V membawa model baru Honda Global Platform.

Eksterior Honda HR-V 2021

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tampilan dan desain eksterior HR-V 2021 memiliki tampilan yang jauh berbeda. Mulai dari fascia depan yang terasa lebih berotot dan agresif. terlihat dari grille chrome yang tebal, mengganti bilah grille yang lebar. Sekilas terasa mirip dengan Honda Insight.

bagian depan Honda HR-V 2021

Di depan, lampu depan menggunakan teknologi LED yang lebih runcing dan lebih tipis, layaknya Honda Accord terbaru Di bagian bawah, ruang lampu kabut terasa lebih lebar dan dibuat lebih tegak. Tepat pada bumper, ada aksen berwarna hitam pada bagian bawah grille depan.

Dari samping, tak ada yang berubah dari HR-V. Meski tak lagi menggunakan konsep coupe dua pintu. Di mana handle pintu terlihat sejajar dengan pilar C. Tapi dimensi yang lebih panjang, hingga mencapai 5 meter, membuat bangku baris kedua terasa lebih lega.

bagian belakang Honda HR-V 2021

Masuk ke bagian belakang, emblem khas Honda dengan lis chrome memanjang ditempelkan pada buritan, termasuk lampu belakang dengan ukuran yang lebih kecil. Bagian belakang dibuat semakin sporty dengan shark fin antenna dan spoiler belakang. Desain lampu pada bumper belakang juga dibuat membulat.

Interior Honda HR-V 2021

Sayangnya belum ada penjelasan maupun gambar lebih lanjut mengenai bagian dalam Honda HR-V 2021. Tampilan dalam model ini masih menjadi misteri. Tapi tentu saja akan ada banyak perubahan, termasuk berbagai fitur baru yang ditawarkan pada edisi terbaru HR-V.

AC Honda HR-V 2020

Mulai dari pengaturan dashboard, head unit yang lebih besar layaknya model baru, serta pengaturan kursi dan konfigurasi ruang penyimpanan. Memang dalam hal ruang kabin sudah lega. Tapi jika Honda ingin membawa dimensi yang lebih besar, tentunya berimbas pada ruang bagasi yang lebih lapang lagi.

Mesin Honda HR-V 2021

Saat ini mesin Honda HR-V 2020 menggunakan dua pilihan yang bisa didapatkan, yatiu model Honda HR-V 1.5 dengan mesin 1.5L 4-silinder serta 1.8L 4-silinder. Keduanya sudah berteknologi PGM-FI yang memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih irit.

mesin Honda HR-V 2020

Yang pertama mesin bensin berkapasitas 1.497 cc mampu memberikan tenaga yang cukup tinggi, yaitu 118 hp dan torsi maksimal 145 Nm. Ada dua pilihan transmisi yang diberikan, yaitu CVT hingga 6-percepatan manual yang terasa mulus.

Yang kedua ada mesin berkapasitas 1.799 cc dengan daya maksimum mencapai 137 hp serta 169 Nm torsi maksimal. Kedua mobil sama-sama mendapatkan sistem penggerak roda depan. Meski model ini sebenarnya memiliki pilihan penggerak semua roda, tapi tak dipasarkan di Indonesia.

transmisi Honda HR-V 2020

Tapi hingga saat ini belum ada kejelasan lain tentang mesin yang digunakan. Tak menutup kemungkinan HR-V masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi kedua. Tapi Honda bisa menggunakan mesin 1.0L bertenaga turbo yang saat ini tersedia pada Honda City 2021.

Fitur Honda HR-V 2021

Bagi Honda HR-V 2020, beberapa fitur menarik yang ditawarkan pada mobil ini termasuk head unit layar sentuh 8 inci, airbag samping, serta power panoramic sunroof yang membawa kesan elegan pada mobil ini. Fitur lainnya seperti AC dengan Smart Touch, Vehicle Stability Assist (VSA), maupun Hill Start Assist (HSA).

fitur Honda HR-V 2020

Selain mesin, HR-V 2021 sayangnya belum mendapatkan detail lain dalam hal fitur. Tapi jika HR-V memang didasarkan pada Honda Jazz, maka fitur dan teknologi Honda Sensing kemungkinan besar dimasukkan ke dalam mobil.

Honda Sensing

Kelengkapan dari fitur baru Honda Sensing bisa dibilang cukup canggih untuk model saat ini. Mulai dari Adaptive Cruise Control serta Lane Keeping Assist yang akan membantu pengendaraan. Platform terbaru juga berpengaruh pada struktur bodi yang lebih kokoh.

Harga Honda HR-V

Harga Honda HR-V 2020 saat ini mulai dari Rp297 jutaan untuk varian Honda HR-V 1.5. Tentu saja dengan fitur dan mesin yang paling standar. Sedangkan harga Honda HR-V 2020 untuk varian tertinggi, 1.8L Prestige dengan kelengkapan seperti head unit layar sentuh 8 inci, dengan banderol Rp415 jutaan.

harga Honda HR-V 2020

Dengan tambahan fitur dan teknologi yang ditawarkan, bukan tak mungkin harga Honda HR-V 2021 menjadi lebih mahal. Hanya saja jika dibandingkan dengan model yang dipasarkan di Thailand, kemungkinan besar beberapa fitur dipangkas. Tak menutup kemungkinan harga Honda HR-V 2021 di Indonesia melebihi Rp300 jutaan.

Kesimpulan

Tampilan yang lebih agresif dipersiapkan dengan berbagai pilihan teknologi yang lebih canggih. Jika benar dibawa ke Indonesia nantinya, harga Honda HR-V 2021 dan fitur yang ditawarkan bisa menjadi pembeda. Mengingat banyaknya model baru di segmen SUV kompak yang menjadi pesaingnya, menarik untuk disimak apa saja yang dibawa pada generasi ketiga Honda HR-V nantinya.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda HR-V 1.5L S 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil