window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Mobil Baru dengan Platform DNGA di Indonesia, Mulai Dari Daihatsu Ayla Sampai Toyota Raize (Part 2)

Yongki Sanjaya · 15 Feb, 2023 10:30

7 Mobil Baru dengan Platform DNGA di Indonesia, Mulai Dari Daihatsu Ayla Sampai Toyota Raize (Part 2) 01

Platform terbaru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture) telah dikembangkan sejak tahun 2017 di Jepang.  Setiap pengembangan produk berbasis DNGA ini telah memperhitungkan segala aspek hingga kepada titik terdetilnya, mulai pada ukuran, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan sebuah kendaraan yang efisien.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Di Indonesia, Daihatsu Rocky menjadi mobil pertama yang menggunakan teknologi DNGA. Mobil ini telah mulai diperkenalkan secara virtual di Indonesia sejak bulan April 2021. Selain Rocky, apa sih mobil yang juga pakai platform DNGA ini?

Berikut ini rincian model yang memanfaatkan platform dari Daihatsu tersebut di Indonesia.

5. Toyota Avanza-Veloz Versi FWD

7 Mobil Baru dengan Platform DNGA di Indonesia, Mulai Dari Daihatsu Ayla Sampai Toyota Raize (Part 2) 01

Karena dikembangkan dan diproduksi oleh Daihatsu, maka Toyota Avanza juga memakai platform DNGA. Kombinasi mesin FWD, platform baru, serta transmisi matic CVT dapat menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih baik, dan akan cocok untuk pasar di Indonesia.

Toyota menambahkan fitur baru berupa Hill Start Assist yang bisa ditemukan di semua tipe. Fungsinya mencegah mobil mundur saat perpindahan gigi atau ketika kaki berpindah dari pedal rem ke gas dalam beberapa detik. 

Selain itu untuk meningkatkan aspek keselamatan, seluruh varian Toyota Avanza terbaru sudah dilengkapi Vehicle Stability Control. Pada tipe tertingginya lebih lengkap karena disematkan Toyota Safety Sense. Sayangnya minus fungsi Adaptive Cruise Control, termasuk juga di model Toyota Veloz.

7 Mobil Baru dengan Platform DNGA di Indonesia, Mulai Dari Daihatsu Ayla Sampai Toyota Raize (Part 2) 02

Bicara fitur keselamatan standar, Toyota Avanza kini berhasil disematkan Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist, seatbelt warning, rear parking sensor, dua airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Khusus pada varian 1.5 G CVT TSS sendiri dilengkapi dengan 6 airbags dan fitur Toyota Safety Sense yang mana mencakup pre collison system, front departure alert, lane departure assist, pedal misoperation control, rear crossing traffic alert dan blinc spot monitoring.

6. Daihatsu Rocky, Pengguna Platform DNGA di Indonesia

7 Mobil Baru dengan Platform DNGA di Indonesia, Mulai Dari Daihatsu Ayla Sampai Toyota Raize (Part 2) 03

Produk yang satu ini merupakan generasi awal pemakai plaform DNGA di Indonesia. Platform tersebut memungkinkan Rocky memiliki fitur Advance Safety Assist di varian 1.0 Turbo.

Varian teratas Rocky ini telah didukung rem cakram model ventilated disc brake pada bagian depan, serta trailing drum brake pada bagian belakangnya yang dilengkapi dengan ABS + EBD. Selain itu juga terdapat 3 Point ELR Seatbelt All Seatbelt Warning, 2 titik sensor parkir, kamera parkir, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan dua buah airbag di bagian depan yang berfungsi untuk memberikan perlindungan serta mengurangi cedera disaat mengalami benturan. Lainnya, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan spesial dikelasnya. Fitur ini secara umum dinamakan Advance Driving Assistant System (ADAS).

Fitur keselamatan pintar yang dinamakan A.S.A (Advanced Safety Assist) pada Rocky 1.0 R TC CVT ASA meliputi; Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

7. Toyota Raize

7 Mobil Baru dengan Platform DNGA di Indonesia, Mulai Dari Daihatsu Ayla Sampai Toyota Raize (Part 2) 04

Sebelum Toyota Raize diluncurkan di Indonesia, mobil ini sudah lebih dulu dipasarkan di Jepang. Pada tanah kelahirannya, Toyota Raize sudah dibekali dengan teknologi terkini, yakni Advanced Driver Assistance System (ADAS). Teknologi tersebut meliputi beberapa fitur keselamatan aktif yang canggih. Toyota menyebutnya dengan Toyota Safety Sense (TSS).

TSS berfungsi untuk membantu pengemudi saat berkendara sehingga lebih aman. Beberapa fitur yang terintegrasi, seperti pre-collision system, adaptive cruise control, lane departure alert with steering control, rear cross traffic alert, blind spot monitor, dan pedal misoperation control.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil