window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Caranya Kalau Mau Pasang Klakson Suara Bulat Tapi Lantang Ala Mobil Eropa

Prasetyo · 6 Mar, 2024 18:05

klakson mobil autovision

Klakson mobil menjadi salah satu komponen dari kendaraan yang wajib diketahui oleh sang pemilik. 

Bukan sekedar aksesoris, klakson juga sebenarnya memiliki peran penting dalam mendukung keselamatan berkendara. 

Seperti yang terdapat pada pasal 48 ayat 1 UU no. 22 tahun 2009 yang menyebut bahwa klakson merupakan komponen yang wajib dimiliki oleh setiap kendaraan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Klakson memiliki fungsi utama yakni untuk berkomunikasi dengan pengendara lain atau pengguna jalan lain bahwa Anda sedang berada di dekat antar pengemudi lainnya. 

klakson mobil

Klakson berfungsi sebagai alat komunikasi dengan kendaraan lain di jalan

"Terdapat persamaan fungsi komunikasi antara lampu belok atau sein dan lampu rem dalam bentuk cahaya pada kendaraan. Klakson pun memiliki fungsi utama untuk komunikasi dalam bentuk suara antar pengemudi ketika berkendara dalam berlalu lintas," buka Lily Hernawan sebagai Direktur Sampurna Part Niaga (SPN) selaku pemegang resmi brand Autovision.

Lily menambahkan inilah mengapa klakson bisa dikatakan salah satu komponen wajib yang harus dimiliki oleh setiap kendaraan.

Tapi ia juga berpesan, suara yang dihasilkan sebuah klakson mobil sebenarnya bukan hanya sekedar kencang dan memekikkan telinga.

Namun memasang klakson dengan suara yang empuk, tentunya akan membuat kendaraan Anda jadi lebih berakrakter daripada sekedar nyaring.

Baca juga: Uji Ketahanan Baterai Wuling Air ev, Apakah Bisa Konslet Saat Direndam Air?

Klakson Bisa Jadi Jati Diri Sebuah Kendaraan

klakson mobil autovision

Klakson model keong biasanya menghasilkan suara rendah khas mobil-mobil Eropa

Lebih lanjut Lily menyebutkan jika karakter nada suara dan warna suara dari klakson menjadi salah satu brand identity dari sebuah merek kendaraan.

Sehingga suara klakson akan memiliki ciri khas khusus bagi masing-masing brand kendaraan.

Misalnya klakson dengan bunyi lebih bulat umumnya dimiliki kendaraan-kendaraan produksi Eropa, sementara klakon yang bunyinya nada tinggi relatif dipakai pabrikan Jepang.

Klakson Mobil Autovision dengan Dual Tone

klakson mobil autovision wildcat

Klakson Dual Tone

Bicara klakson, Autovision yang selama ini dikenal dengan produk-produk berupa lampu kendaraan bermotor, sekarang berinovasi dengan meluncurkan produk klakson terbarunya, yaitu klakson seri WildCat merupakan Dual Tone Snail Horn.

Lily menjelaskan, ini adalah klakson untuk kendaraan 12V dan mengkonsumsi daya 72W sekaligus menghasilkan suara mencapai 115dB, dengan nada suara ganda (rendah dan tinggi) menghasilkan rangkaian harmoni nada yang jauh lebih indah.

"Dengan daya masuk dan keluaran yang sama dengan seri klakson sebelumnya, klakson seri WildCat menghasilkan nada suara yang lebih empuk dan warna suara menyerupai layaknya mobil keluaran Eropa, seperti klakson original mobil BMW," jelas dia melalui keterangan tertulisnya, Rabu (06/03/2024).

Sebagai informasi, bahwa Snail Horn atau klakson keong menghasilkan nada suara yang lebih rendah dan dengan tenaga suara yang lebih lantang dibanding kebanyakan disc horn atau klakson cakram.

Klakson jenis Snail Horn banyak digunakan pada mobil-mobil brand Eropa terkenal serta mobil Jepang premium.

Baca juga: 6 Jenis Bau di Mobil yang Patut Dicurigai, Awas Ada yang Terbakar!

Instalasinya Mudah

klakson mobil autovision wildcat dual tone

Suaranya lantang tapi padat

Klakson mobil Autovision seri Wildcat dilengkapi soket universal untuk kemudahan instalasi pada beragam jenis kendaraan 12V.

Selain untuk mobil klakson seri ini tentu saja memungkinkan diinstalasi pada sepeda motor yang menginginkan warna suara premium.

Klakson menggunakan material plastik ABS khusus yang tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim negara tropis dan telah melewati pengetesan lebih dari 80.000 kali percobaan pembunyian namun tetap menghasilkan suara yang konsisten.

Untuk hasil suara yang lebih lantang serta daya pakai yang lebih lama, pada instalasi WildCat Snail Horn disarankan menggunakan relay set khusus klakson dari Autovision dengan besaran relay dan kabel yang disesuaikan dengan peruntukkan High Power Dual Tone Horn.

"Aplikasi klakson Autovision WildCat Snail Horn tentu agar konsumen memiliki suara klakson yang lebih empuk dan lebih enak didengar demi mendukung safety dan fungsional dalam kenyamanan berkendara. Sehingga komunikasi antar pengguna jalan pun masih tetap terjaga," saran Lily.

Konsumen yang berminat mengaplikasi Autovision WildCat Snail Horn bisa menyambangi Head Office & Showroom Service Center Autovision yang berlokasi di Jl. Mulyasari I no. 5 Bandung. 

Bagi pengguna kendaraan yang berdomisili di Jakarta, langsung saja melipir ke Showroom Service Center di Rukan Fresh Market Blok A No. 9 Green Lake City, Semanan Kosambi, Jakarta Barat. 

Selain itu, klakson mobil ini juga sudah bisa dibeli melalui berbagai marketplace dengan harga sekitar Rp120 ribu.

Baca juga: Ketahui Penyebab AC Mobil dan Kabin Muncul Bau Tak Sedap, Bikin Nggak Nyaman

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil