window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Spesifikasi KIA EV5, Adik EV9 yang Meluncur di Indonesia Akhir Tahun Ini

Enda · 14 Mar, 2024 20:01

spesifikasi Kia EV5

Spesifikasi KIA EV5 sudah terungkap saat waktu peluncuran secara resminya pada November 2023 di pasar Tiongkok.

Sebelumnya, mobil listrik terbaru KIA ini diperkenalkan di bulan Agustus 2023 pada gelaran Chengdu Motor Show di China.

Sama seperti EV6 dan EV9, spesifikasi KIA EV5 dibangun menggunakan E-GMP platform.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Platform serupa juga digunakan oleh mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6.

EV5 merupakan adik dari EV9 dengan menempati segmen crossover kompak 5-seater.

Mobil ini hadir sebagai kendaraan listrik baterai pertama yang diekspor Kia dari Tiongkok, dengan diproduksi oleh perusahaan patungan Yueda Kia.

Secara penampilan EV5 menggabungkan perpaduan antara desain tranformatif, fleksibilitas yang luar biasa dan kenyamanan untuk mengantarkan kendaraan yang seimbang sekaligus harmonis.

Mobil listrik Kia EV5

Siluet mobil listrik terbaru Kia meluncur akhir tahun yang diprediksi EV5

Kehadiran mobil listrik terbaru KIA ini di Tanah Air pada akhir tahun 2024 secara langsung disampaikan oleh Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA).

"Juli sampai akhir tahun ini ada produk improvement, dan di akhir tahun rencananya akan ada mobil listrik baru yang kita luncurkan. Dan semoga mobil baru tadi bisa dirakit di Indonesia,” ujarnya ketika ditemui di Kelapa Gading, Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

Jika melihat gambar siluet mobil listrik yang ditampilkan tentu saja merujuk pada KIA EV5 yang belum lama juga melantai secara global.

Baca juga: Mobil Listrik KIA EV6 GT Line Resmi Dijual di GIIAS 2023

Tampilan Eksterior Mobil Listrik Kia EV5 Sekilas Mirip EV9

Mobil listrik Kia EV5

Tampilan depan EV5

Versi kecil EV9, EV5 secara tampilan sekilas mirip seperti sang kakak.

Terihat pada bagian fascia, crossover listrik ini juga mengusung konsep ‘Tiger Face’, ditambah dengan ‘Signature Star Map Lighting’ tiga dimensi sebagai lampu senja.

Desain lekukan yang diterimanya terlihat sangat radikal perpaduan antara garis tegas.

Diciptakan untuk mendefinisikan kembali genre Sport Utility Vehicle (SUV) kompak dengan bentuk yang dibentuk oleh filosofi desain unik Kia ‘Opposites United’, selain terlihat futuristik mobil listrik ini juga tampil gagah sekaligus berotot.

Seperti SUV listrik pada umumnya, di bagian samping terdapat wheel arch serta body cliding di pintu bagian bawah.

Untuk velgnya berdiamter besar yakni 21 inci yang tampak begitu atraktif berkat desain yang ditampilkan.

Beranjak ke sisi buritan, EV5 tampak futuristik layaknya SUV listrik modern dengan disematkannya LED bar yang terintegrasi langsung dengan stoplampnya.

Mobil listrik Kia EV5

Tampilan belakang EV5

Pada bagian bumpernya pun memiliki bentuk yang tak kalah keren dengan diaplikasikannya difusser berwarna perak, ditambah pintu bagasi dengan fitur power back door yang sangat memudahkan pengguna ketika ingin membuka atau menutup pintu.

Sebagai informasi, untuk ukuran keseluruhan EV5 memiliki panjang 4,6 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi 1,7 meter serta wheelbase 2,7 meter.

Oh iya, mobil ini ditwarkan dengan dua tipe warna, glossy dan matte, yang keseluruhan memiliki 10.

Untuk warna glossy ada Snow White Pearl, Clear White, Starry Night Black, Magma Red, Ivory Silver; Frost Blue, Iceberg Green, Tide Blue dan Shale Grey.

Sedangkan pilihan warna matte hanya Ivory Silver saja.

Interior Tampil Mewah dan Lega

Mobil listrik Kia EV5

Interior EV5

Ditopang menggunakan platform E-GMP terlihat bahwa EV5 memiliki kabin yang luas.

Untuk interiornya SUV listrik ini sekilas juga mirip dengan EV9 yang menampilkan kesan mewah serta pandangan luas berkat dashboard yang dibuat rata.

Mewahnya nuansa interior EV5 berkat penggunaan empat pilihan warna utama dan lima pilihan pola kursi.

Pola jok mencakup dua pilihan anyaman dan satu pilihan kulit buatan untuk model dasar.

Mobil listrik Kia EV5

Head unit EV5 (foto: CarShow TV)

Tampak modern sekaligus informatif, meter clusternya diaplikasikan dengan layar TFT full digital 12,3 inci model floating, yang dibuat menyambung dengan sistem infotaimentnya yang juga berukuran sama.

Terdapa pula panel pengatur suhu 5 inci yang tampak modern sekaligus ergonomis.

Oh iya, untuk setirnya menggunakan desain flat up and bottom dengan tombol pengaturan lengkap yang terhubung langsung dengan sistem hiburan serta pusat informasi berkendara.

Pada console tengahnya dibuat mengambang dengan cup holder di bagian depan, dan dibelakangnya terdapat tombol pengaturan serta laci penyimpanan barang terbuka.

Setiap atribut EV5 dirancang untuk memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan oleh keluarga modern dan meningkatkan nikmat penggunanya pada setiap perjalanan.

Mobil listrik Kia EV5

Jok pengemudi dengan pengatruan elektrik (foto: CarShow TV)

Jok depannya dilengkapi arm rest di kedua sisi serta pengaturan elektrik empat arah di bagian pengemudi.

Meningkatkan kenyamanan, visibilitas serta gaya berkendara, pada atapnya dilengkapi panoramic sunroof dengan ukuran besar

Mobil listrik Kia EV5

Panoramic sunroof EV5 (foto: CarShow TV)

Bergeser ke baris kedua, sandaran joknya dapat direbahkan secara miring untuk dapat memberikan kenyamanan ketika sedang berpergian ke luar kota.

Terasa ringkas, di bagian tengah jok terdapat cup holder dengan arm rest yang dapat difungsikan untuk menaruh botol minuman ketika hanya diisi dua orang saja di belakang.

Baca juga: Canggihnya Kia EV9 GT-Line, Mobil Listrik Buat Keluarga Para Bos di Indonesia

Mobil listrik Kia EV5

Jok belakang EV5

Ketika jok tengah diisi tiga orang, penumpang paling tengah juga tidak khawatir merasa lelah selama perjalanan lantaran pada sandaran joknya berhasil dilengkapi head rest.

Untuk bagasi belakang terlihat sangat luas dengan adanya tambahan laci penyimpanan barang pada dinding serta soket V2L bertegangan AC 250 Volt yang dapat dimanfaatkan untuk menghidupkan perangkat elektronik saat berada di luar rumah.

Mobil listrik Kia EV5

Bagasi EV5 dengan soket V2L

Di balik penutup lantai kabin bagasinya terdapat tempat penyimpanan barang dengan ukuran cukup besar, serta adanya perangkat tyre kit yang dapat digunakan untuk memperbaiki ban apabila ditemukan bocor atau kempis dalam kondisi darurat.

Interiornya menggunakan konsep dengan material ramah lingkungan di seluruh bagian termasuk penggunaan material nabati seperti ekstrak rumput laut dan botol plastik daur ulang yang digunakan pada trim kursi, headliner, serta pelapis pintu dan dashboard.

Spesifikasi KIA EV5, Baterainya Dapat Menempuh Jarak Lebih dari 700 Kilometer

Mobil listrik Kia EV5

Tampilan samping EV5

Melihat spesifikasi KIA EV5 yang diluncurkan di Negeri Tirai Bambu disematkan baterai lithium iron phosphate (LFP) yang diproduksi oleh BYD.

Untuk pasar ekspor, disebut-sebut EV5 akan menggunakan baterai nikel-mangan-kobalt (NMC). 

Di China sendiri EV5 memiliki tiga varian yang ditawarkan, yakni Short Range FWD, Long Range FWD, dan Long Range penggerak semua roda atau AWD.

Pada varian terendah EV5 dibekali baterai berkapasitas 64 kWh yang selanjutnya meneruskan daya ke motor listrik dengan menghasilkan tenaga 215 Hp.

Untuk jarak tempuhnya varian Short Range ini disebut-sebut mampu menggerakan mobil sejauh 529 kilometer.

Pada varian Long Range EV5 menggunakan baterai dengan kapasitas 88 kWh.

Tenaga yang dihasilkan sama seperti varian Short Range, namun untuk daya jelajahnya tipe ini dapat berjalan hingga 719 kilometer.

Bicara tipe teratasnya, Long Range dengan motor listrik ganda, SUV listrik ini juga dibenamkan baterai dengan kapasitas 88 kWh sama seperti varian tengah, hanya saja tenaga yang dihasilkan dari penggabungan dua motor listriknya sebesar 308 Hp dengan memiliki jarak tempuh paling jauh hingga 650 kilometer.

Baca juga: Harga Nyaris Rp1,3 Miliar, Kia EV6 Ternyata Banyak Peminat

@autofun.indonesia Ini dia KIA EV6 versi paling brutal yang harganya Rp 1,699 Miliar, sip atau skip? #reviewmobil #mobilbaru #kiaev6 #mobillistrik #giiassemarang ♬ 80s Synth Rock Outrun(956506) - Hanadayama Music Lab

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2023 Kia EV 6 GT-line

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia