window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bus Sekolah Jakarta Pakai Unit Baru, Sudah Ada AC Bebas Virus Corona

Ilham · 7 Des, 2021 10:04

Bus Sekolah Jakarta Pakai Unit Baru, Sudah Ada AC Bebas Virus Corona 01

Bus Sekolah terbaru di Jakarta

Meski belum sepenuhnya beroperasi sebagaimana fungsinya karena pandemi virus corona, namun bus sekolah di DKI Jakarta mulai diremajakan. Seperti yang terlihat dari deretan bus sekolah anyar yang hadir akhir pekan lalu.

Ada 10 dari 35 bus baru yang dipesan oleh Pemerintah DKI Jakarta sebagai armada peremajaan tersebut. Nantinya bus sekolah Jakarta yang baru didatangkan secara bertahap tersebut siap menggantikan bus-bus sekolah lawas yang sudah melewati masa operasionalnya.

"Bus ini akan menggantikan 35 bus sebelumnya yang sudah melewati masa operasionalnya, yang lebih dari 8-9 tahun," ucap Ali Murtadho, Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dishub DKI Jakarta melalui keterangan resminya.

Bus Sekolah Jakarta Pakai Unit Baru, Sudah Ada AC Bebas Virus Corona 02

Bus akan beroperasi secara gratis

Lebih lanjut, dirinya menyatakan jika pengadaan bus sekolah ini dalam rangka upaya memberikan layanan terbaik untuk peserta didik yang melaksanakan kegiatan di sekolah. "Insya Allah kita akan meremajakan bus-bus kita yang sudah habis masa operasionalnya. Ini akan jadi triger bagi pemprov DKI Jakarta untuk meremajakan bus-busnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dibandingkan versi lamanya, ada beberapa pembaruan yang dilakukan pada bus berukuran medium ini. Mulai dari bentuk dan fitur eksterior. Serta ke fitur di dalam kabinnya. Agar tak penasaran, lebih baik kita tengok saja detail ubahannya.

Baca Juga: Harga Isuzu Panther Touring Bekas Lebih Mahal Rp3,6 Jutaan Dari Toyota Avanza CVT TSS, Teknologi Lama Lebih Mempesona

Eksterior Bus Sekolah Makin Modern

Dari sisi pewarnaan, bus berkelir kuning memang ini tetap mencirikan sosoknya sebagai pengangkut siswa dan siswi. Meski demikian, tampilannya lebih modern. Seperti lewat penggunaan lampu LED dengan DRL, lalu lampu sein sequential. Penerapan lampu LED juga hadir di bagian belakangnya.

Bus Sekolah Jakarta Pakai Unit Baru, Sudah Ada AC Bebas Virus Corona 01

Dilengkapi lampu LED dan papan Running Text multi warna

Menariknya, meski bukan buatan perusahaan karoseri Adi Putro, Malang namun lampu-lampu yang digunakan identik dengan kepunyaan produk mereka yakni Jetbus Series. Tetapi diluar lampu, mulai desain gril hingga bodi tidaklah persis.

Selain itu, dari sisi kanan bus terdapat dua pintu sebagai akses keluar masuk penumpang. Diantaranya pintu geser di bagian depan, juga pintu model kaca engsel berukuran lebar di tengah. Sayangnya, meski ukuran pintu rendah agar mempermudah masuknya penumpang disabilitas, namun masih terdapat tangga di dalamnya.

Pintu tengah bus medium bersasis Isuzu NQR71 ini juga sudah dilengkapi sensor otomatis. Di mana nantinya saat ada badan penumpang yang akan terjepit, pintu akan otomatis membuka.

Bus Sekolah Jakarta Pakai Unit Baru, Sudah Ada AC Bebas Virus Corona 02

Bersasis Isuzu medium bus

"Bus sekolah yang baru ini lebih baik dan fasilitasnya lebih unggul dibanding sebelumnya. Pertama sudah memiliki lampu LED DRL yang lebih terang," Siswanto Adi Nugroho, Kepala Satuan Sarana Prasarana Unit Pengelola Angkutan Sekolah.

Lalu tersedia papan Running Text LED yang multifungsi dan multi warna yang sifatnya dinamis dan bisa diatur secara digital. Sehingga informasi mengenai bus seperti rute atau kondisinya dapat dicantumkan pada papan Running Text LED tersebut.

Baca Juga: Dijuluki Scania Jawa, Kenali Bus China Golden Dragon Lebih Dekat

Interior Dilengkapi Empat CCTV dan TV LED

Masuk ke dalam kabinnya, Siswanto menyebutkan jika di dalam bus terdapa empat buah CCTV. Di mana dua unit akan menghadap luar, sementara dua lainnya fokus memantau kondisi di dalam.
Rinciannya, satu CCTV terdapat pada bagian depan pengemudi.

Bus Sekolah Jakarta Pakai Unit Baru, Sudah Ada AC Bebas Virus Corona 03

Terdapat juga marking tuna netra dan bangku prioritas

"Apabila terjadi kecelakaan, maka akan terekam," paparnya. Kemudian ada satu unit di belakang untuk memantau kondisi jalan. Lalu satu unit CCTV yang mengarah ke pengemudi dan terakhir mengarah ke area penumpang untuk memantau kondisi siswa.

Kemudian ada peranti hiburan audio visual berupa TV LED. Hal ini akan bermanfaat jika akan disetel dengan hiburan yang edukatif. Sehingga harapannya siswa selain menambah ilmu juga membuat siswa menikmati dan tidak bosan di perjalanan.

Ada pula peranti GPS untuk memantau posisi bus. Selanjutnya ada fasilitas disabilitas di dalam yakni lewat marking untuk tuna netra. Lalu bangku yang bisa dilipat, juga untuk kebutuhan disabilitas.

Penggunaan AC Bebas Virus Corona

Di masa pandemi corona seperti saat ini, bus sekolah baru tersebut juga dibekali dengan sederet fitur yang dapat mengurangi penularan virus antar siswa di dalam bus.

Bus Sekolah Jakarta Pakai Unit Baru, Sudah Ada AC Bebas Virus Corona 04

Kabin sudah dilengkapi AC Plasmacluster

Diantaranya penggunaan pendingin udara (AC) dengan Plasmacluster yang akan mereduksi penyebaran virus tersebut. Selain itu ada hand sanitizer tanpa sentuh otomatis juga disediakan.

Diharapkan, dengan kelengkapan tersebut, para siswa tetap bsia menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 meski mulai menjalani aktifitas belajar tatap muka di sekolah. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil