window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Indonesia Siapkan Mobil Hybrid, Rocky Hybrid?

Enda · 15 Mar, 2024 13:10

Daihatsu Rocky Hybrid

Daihatsu Rocky Hybrid pernah ditampilkan ke publik Tanah Air oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di ajang GIIAS 2022 lalu.

Sebagai SUV sub kompak ramah lingkungan, saat itu Rocky Hybrid sekedar diperkenalkan dan belum dijual secara resmi bahkan hingga saat ini.

Melihat animo kendaraan listrik pada dua hingga tiga tahun ke belakangan memang tak seramai sekarang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Terlebih hadirnya brand otomotif asal Negeri Tiongkok yang menawarkan kendaraan berteknologi elektrifikasi dengan harga terjangkau, yang membuat masyarakat Indonesia kini mulai beralih ke kendaraan listrik.

Dari segi penjualan kendaraan listrik terutama mobil hybrid pun meningkat secara keseluruhan seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Memasuki Era Elektrifikasi, Daihatsu Pamerkan Konsep Ayla EV dan Rocky Hybrid

Daihatsu Rocky Hybrid

Rocky Hybrid di GIIAS 2022

“Sesuai data penjualan market xEV (kendaraan elektrifikasi) sampai Februari meningkat. Peminat mobil hybrid semakin meningkat selama 2023 yang berkontribusi 6,5 persen, sekarang xEV 9 persen dari Januari dan Februari. Tetapi untuk mobil listrik murni berbasis baterai hanya 2 persen. Berarti hybrid sangat menjadi mobil yang dikagumi secara segmen," ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM di acara buka puasa bersama Daihatsu dan media di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Meski pertumbuhan tren kendaraan listrik khusunya hybrid terus meningkat, saat ini Daihatsu belum mau fokus ke arah situ.

“70 persen market Daihatsu sangat dibutuhkan oleh first car buyer baik retail maupun komersial. jadi izinkan kita melayani itu dulu,” ungkapnya.

Daihatsu Rocky Hybrid

Interior Rocky Hybrid

Namun begitu pihaknya sedang mengarah ke kendaraan elektrifikasi mengingat secara teknologi Daihatsu sebenarnya sudah punya kendaraan hybrid seperti yang disebutkan sebelumnya Rocky Hybrid di Jepang, dan Toyota Yaris Cross yang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Dengan begitu secara teknologi sebenarnya Daihatsu sudah siap menghadirkan mobil elektrifikasi di pasar otomotif Tanah Air.

"Tunggu aja pokoknya kan sudah disampaikan menuju ke arah sana (kendaraan elektrifikasi). Jadi ditunggu aja," jelasnya.

Baca juga: Toyota Punya Innova Hybrid, Daihatsu Siapkan Rocky Hybrid?

SUV Perkotaan, Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Hybrid Tembus 28 Km/Liter  

Daihatsu Rocky Hybrid

Mesin WA-VEX Rocky Hybrid

Daihatsu Rocky Hybrid yang diperkenalkan pada GIIAS 2022 memiliki tampilan yang terlihat begitu identik dengan Rocky yang dijual di Tanah Air.

Secara performa Rocky Hybrid dipersenjatai mesin 1.200 cc WA-VEX 3 silinder dengan 12 katup berteknologi DOHC yang dipadukan motor listrik tunggal dengan sebutan Rocky e-Smart Hybrid, yang memakai sistem hybrid jenis seri.

Menurut data spesifikasi yang tercantum di atas kertas, jantung pacunya menghasilkan tenaga 82 PS torsi 105 Nm sebagai generator, yang memberi daya ke motor listrik bertenaga 106 PS torsi 170 Nm.

Berdasarkan pengujian yang pernah dilakukan oleh salah satu media Jepang, menggunakan mode WLTC (World harmonised Light vehicle Test Cycles) konsumsi BBM Rocky Hybrid sanggup menempuh jarak 28 km/liter.

Sebagai informasi, konsumsi BBM Rocky 1.2L NA tembus 20,7 km/liter, yang artinya versi hybrid lebih irit 7,3 km/liter.

Baca juga: Pamerkan Rocky Hybrid di GIIAS 2022, Begini Cara Kerja Motor Elektriknya

Jadi apakah Rocky Hybrid yang tengah disiapkan Daihatsu Indonesia?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia