window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Punya Innova Hybrid, Daihatsu Siapkan Rocky Hybrid?

Prasetyo · 31 Okt, 2022 19:04

Toyota Punya Innova Hybrid, Daihatsu Siapkan Rocky Hybrid? 01

  • Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid sudah dipamerkan di GIIAS 2022.
  • Pertanda Daihatsu Rocky Hybrid ini akan segera dijual di Indonesia?
  • Bisa jadi mobil hybrid pertama Daihatsu Indonesia?

Toyota Kijang Innova Zenix dikabarkan segera rilis di Indonesia. Selain secara fisik alami perubahan cukup banyak, kabarnya Toyota Innova generasi terbaru ini pun akan hadir dengan varian hybrid. Bakan tipe bermesin hybrid ini menggantikan tipe mesin diesel yang selama ini jadi model populer bagi Kijang Innova.

Toyota Punya Innova Hybrid, Daihatsu Siapkan Rocky Hybrid? 02

Daihatsu Ayla EV Concept

Kalau Toyota bakal punya satu lagi model hybrid, lantas kapan saudara kembarnya Daihatsu juga punya model hybrid? Pasalnya saat ini sebagian besar mobil Toyota yang dijual di Indonesia menggunakan platform buatan Daihatsu yakni DNGA. Misalnya Rocky-Raize, Avanza-Xenia, bahkan All New Vios yang baru saja diluncurkan.

Baca juga: Pamerkan Rocky Hybrid di GIIAS 2022, Begini Cara Kerja Motor Elektriknya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daihatsu Punya Rocky Hybrid

Sebenarnya kalau bicara mobil hybrid Daihatsu, sosoknya sudah muncul di Indonesia. Yakni pada hajatan GAIKINDO Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Agustus lalu. Tapi apakah Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid juga bakal dijual di Indonesia?

Toyota Punya Innova Hybrid, Daihatsu Siapkan Rocky Hybrid? 01

Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid di GIIAS 2022

"Kalau ngomongin hybrid sih sebenarnya kita punya Rocky Hybrid. Tapi kayanya belum dalam waktu dekat ini," ucap satu Tenaga Penjual dealer Daihatsu di kawasan Jakarta kepada Autofun. Lebih lanjut ia menuturkan, sampai saat ini ADM masih melakukan studi untuk Rocky hybrid itu.

Masih menurut sumber tersebut, satu dari beberapa faktor yang masih jadi pertimbangan Daihatsu adalah soal harga. "Kalau model hybrid dijual trus kita impor utuh dari Jepang, mau dijual harga berapa nantinya," kata dia.

Toyota Punya Innova Hybrid, Daihatsu Siapkan Rocky Hybrid? 02

Interior Daihatsu Rocky Hybrid

Pertimbangan soal harga Daihatsu Rocky Hybrid ini, ucap sumber tadi, mempertimbangkan jika Daihatsu Indonesia selama ini terkenal menyediakan mobil-mobil dengan harga terjangkau. "Kalau jadinya Rocky Hybrid sampai Rp500 juta ya bisa gak laku," jelasnya.

Baca juga: Soal Rocky Hybrid Buat Indonesia, Daihatsu Ngekor Toyota

Spesifikasi Daihatsu Rocky Hybrid

Di Jepang, Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid tersedia dalam 2 varian, yakni X HEV, dan Premium G HEV. Adapun varian yang ditampilkan pada GIIAS 2022 adalah varian X HEV 2 WD. Rocky e-Smart Hybrid ini memakai sistem serial, yang berarti tenaga mesin digunakan untuk menghasilkan listrik, dan diteruskan untuk menggerakkan motor utama.

Toyota Punya Innova Hybrid, Daihatsu Siapkan Rocky Hybrid? 03

Mesin Daihatsu Rocky Hybrid

Mesin 1.200 cc dengan 3 cylinder WA-VEX didesain khusus untuk teknologi Hybrid, serta memiliki struktur ringkas (compact). Sementara Transaxle terdiri dari motor generator sebagai daya penggerak, gigi reduksi, dan mekanisme diferensial, serta memposisikan dua motor secara paralel. 

Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia