window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Masih Betah Jual Mobil Termurah Tanpa AC dan Head Unit? Ternyata Ada Alasannya

Adit · 3 Jun, 2022 08:09

Daihatsu Masih Betah Jual Mobil Termurah Tanpa AC dan Head Unit? Ternyata Ada Alasannya 01

  • Daihatsu ungkap alasan masih jual mobil murah tanpa AC dan head unit melalui Daihatsu Ayla tipe D.
  • Alasan utamanya untuk menyediakan produk yang menyesuaikan kebutuhan konsumen di Indonesia.
  • Daihatsu Ayla tipe D kebanyakan pembelinya datang dari sektor fleet.

Predikat mobil termurah di Indonesia saat ini dipegang oleh Daihatsu Ayla tipe 1.0 D transmisi manual. Dari laman resmi, harga mobil ini Rp108,2 juta, lebih murah ketimbang Daihatsu Gran Max pick up yang banderolnya mulai dari Rp149,5 juta. 

Saking murahnya mobil penumpang ini, jangan harap ada banyak fitur pemanja atau penunjang kenyamanan seperti AC maupun head unit. Buat yang belum tahu, kedua perangkat vital tersebut ternyata absen, alias tidak ada lho. 

Daihatsu Masih Betah Jual Mobil Termurah Tanpa AC dan Head Unit? Ternyata Ada Alasannya 02

Mobil penumpang termurah di Indonesia tanpa AC dan head unit, mau beli nggak?

Baca Juga: Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Daihatsu Ayla 1.0L dan 1.2L

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain itu sun visor juga cuma ada di sisi pengemudi, minus power window alias masih window by power. Beberapa penyunatan pada mobil murah ini juga tampak dari eksteriornya, masih pakai steel wheels alias velg kaleng 13 inci dan cover spion berbahan plastik trim hitam.

Lalu mengapa Astra Daihatsu Motor (ADM) masih menjualnya? Kedua, yang jadi penasaran adalah siapa saja para pembeli mobil murah Daihatsu Ayla 1.0 D M/T tersebut? 

Daihatsu Masih Betah Jual Mobil Termurah Tanpa AC dan Head Unit? Ternyata Ada Alasannya 01

Tampilan Daihatsu Ayla D 1.0 M/T yang kini harganya Rp108 jutaan.

Menjawab ini, Direktur Pemasaran PT ADM Sri Agung Handayani mengemukakan, hal itu adalah strategi pabrikan dalam hal menyediakan produk untuk seluruh konsumen di Indonesia, dengan menyesuaikan kebutuhannya. 

"Ini strategi marketing Daihatsu, kami men-set calling price, itu adalah produk uang paling affordable, tinggal kustomer pilih yang murah tapi kondisinya begitu, mau yang ada AC kami juga sediakan, paling murah juga ada, ini bagian komitmen Daihatsu menyediakan di semua range," terangnya saat ditemui usai peluncuran new Daihatsu Sirion 2022 di Tangerang, Kamis (2/6/2022). 

Daihatsu Masih Betah Jual Mobil Termurah Tanpa AC dan Head Unit? Ternyata Ada Alasannya 02

Daihatsu Ayla 1.0 D punya tampilan yang sederhana

Baca Juga: Adu City Car Paling Irit, Daihatsu Ayla Kalah dari Honda Brio?

Kebanyakan Dibeli Borongan Buat Hadiah

Kemudian pertanyaan berikutnya, siapa yang beli mobil baru dengan kondisi tanpa AC dan sistem audio seperti Ayla D 1.0 M/T? Soal ini Agung, sapaan akrabnya menjelaskan, rupanya kebanyakan dibeli borongan oleh instansi tertentu sebagai hadiah.

"Nggak banyak sekarang (dibeli individu), yang banyak itu fleet untuk hadiah, sebagai lucky draw (undian) nanti yang dapat mau tambah AC bisa, sekalian pasang GPS segala macamnya juga pasang tape tambahan juga bisa," lanjutnya. 

Daihatsu Masih Betah Jual Mobil Termurah Tanpa AC dan Head Unit? Ternyata Ada Alasannya 03

Daihatsu Ayla 1.0 D M/T kebanyakan dibeli oleh konsumen fleet

Nantinya bagi konsumen yang ingin memasang AC secara terpisah, bisa mendapatkan rekomendasi dari Daihatsu untuk memasangnya di perusahaan rekanan pabrikan yakni Denso. Dengan begitu, garansinya akan terjamin.

"Sebagai bagian dari komitmen, kalau konsumen mau, kami rekomendasi, AC-nya kan juga Denso. Sesudah atau sebelum juga sama, dan yang pasang kualitasnya sama, kalau di luar nggak digaransi, nggak jelas," katanya. 

Daihatsu Masih Betah Jual Mobil Termurah Tanpa AC dan Head Unit? Ternyata Ada Alasannya 04

Daihatsu Ayla 1.0 D+ sudah dilengkapi AC, head unit, dan pakai wheels dop

Melirik data wholesales Gaikindo, mobil murah Daihatsu Ayla 1.0 D M/T cuma terdistribusi sebanyak 8 unit selama periode Januari hingga April 2022. Jauh lebih banyak varian atasnya, Ayla D+ 1.0 M/T dengan tambahan AC, head unit, hingga dop pelek dan sudah tersuplai ke diler sebanyak 1.190 unit. 

Bagaimana tertarik beli nggak mobil baru termurah di Indonesia Daihatsu Ayla tipe terendah yang masih diproduksi dan dijual di 2022 ini, tapi minus AC dan juga head unit? Sampaikan di kolom komentar ya!

Baca Juga: Mulai Daihatsu Ayla hingga Toyota Calya, Sudah 1,1 Juta Unit LCGC Diproduksi Pabrik Daihatsu

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil