window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Siap Bikin Mobil Listrik Tahun Depan, Ayla EV Diproduksi Massal?

Herdi · 9 Jun, 2023 09:01

Daihatsu Siap Bikin Mobil Listrik Tahun Depan, Ayla EV Diproduksi Massal? 01

Perusahaan otomotif asal Jepang, Daihatsu Motor Co.,Ltd menyatakan jika mereka siap ikut pasar mobil listrik.

Hal ini disebutkan Chairman Daihatsu Motor Co., Ltd, Matsubayashi Sunao saat melakukan pertemuannya dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan di Tokyo, Jepang, Selasa (6/6/2023) waktu setempat.

"Rencananya tahun depan baru akan memulai produksi EV,” ungkap Matsubayashi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Diminta Siapkan Mobil Listrik Buat Indonesia, Daihatsu Pilih yang Sesuai Daya Beli Masyarakat

Chairman Daihatsu Motor Co., Ltd, Matsubayashi Sunao saat melakukan pertemuannya dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Chairman Daihatsu Motor Co., Ltd, Matsubayashi Sunao saat bertemu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Tokyo (Foto: Dok: Kemenperin)

Rencana Daihatsu menghadirkan mobil tanpa emisi ini tentunya jadi kabar terbaru yang cukup menarik perhatian. 

Pasalnya, meski Daihatsu punya nama besar karena bagian dari keluarga Toyota, namun mereka memang belum menghadirkan mobil listrik yang dijual masal. 

Sebaliknya, jika pun pernah menghadirkan mobil listrik, itu juga masih konsep seperti yang diimplementasikan dalam bentuk Daihatsu Ayla EV yang hingga saat ini belum terlihat wujud versi produksinya. 

Baca juga: Daihatsu Terios Facelift 2023 Resmi Meluncur, Ini Ubahan dan Harga Lengkapnya

Daihatsu Ayla EV Concept

Daihatsu Ayla EV Concept di GIIAS 2022

Adapun untuk masuk kendaraan elektrifikasi, saat ini Daihatsu hanya memiliki mobil bermesin hybrid, yang dibenamkan pada Rocky. 

Rencana Mobil Listrik Daihatsu di Indonesia

Rencana principal Daihatsu untuk menghadirkan kendaraan elektrifikasi berbasis baterai ternyata sudah sampai ke telinga para pejabat PT AStra Daihatsu Motor (ADM).

Baca juga: Airbag Bermasalah, Daihatsu Recall Sejumlah 1.210 Unit All New Xenia dan Rocky di Indonesia

Daihatsu Ayla mobil listrik

Apakh Ayla listrik akan diproduksi?

Lantas bagaimana tanggapan manajemen ADM akan rencana kendaraan listriknya, mengingat Indonesia jadi salah target pasar terbesar Daihatsu saat ini?

Menanggapi hal tersebut, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM Sri Agung Handayani menegaskan, rencana tersebut baru akan dilakukan tahun depan di Jepang.

"Nanti (di Indonesia) itu masih dalam proses studi, nggak bisa diberikan informasinya sekarang. Masih dalam studi dan pengkajian," ujar Agung. 

Daihatsu Ayla EV interior

Interior Ayla EV Concept

Lebih lanjut Agung menyatakan, untuk menghadirkan kendaraan elektrifikasi, bukan hanya sekadar membuat kemudian selesai,

"Tapi pertanggungjawaban kepada konsumen itu penting, di dalam perawatan, ketersedian untuk charge dan lain-lain," tutur Agung.

Daihatsu Pernah Bawa EV ke Indonesia

Daihatu Ayla EV belakang

Ayla EV tampak belakang

Untuk mobil listrik sendiri, PT ADM sejaitnya pernah membawa mobil listrik konsep  pertama kali di dunia, ke Indonesia tepat saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. 

Kala itu, mobil listrik konsep Daihatsu adalah berbasis mobil Low Cost Green Car, yaitu Ayla EV yang digadang-gadang jadi mobil listrik. 

Selain itu, Daihatsu Ayla EV ini juga disebut merupakan rancangan tim R&D Daihatsu Indonesia dan akan diproduksi di Indonesia.

Daihatsu Ayla EV charger

Daihatsu belum punya mobil BEV

Tak hanya memikirkan bentuknya, Daihatsu juga sempat memikirkan, agar 1.000 supplier lokal dan UMKM bisa ikut terlibat dalam rencana tersebut. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia