window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dipakai Almaz dan Alvez, Ini 4 Teknologi dan Fitur Wuling yang Gak Ada di Mobil Jepang

Herdi · 7 Mar, 2023 08:08

Dipakai Almaz dan Alvez, Ini 4 Teknologi dan Fitur Wuling yang Gak Ada di Mobil Jepang 01

Wuling Motors terus menghadirkan berbagai lini produk di setiap segmen di pasar otomotif nasional. Menariknya, mobil jenama Cina ini selalu menghadirkan teknologi dan fitur canggih yang melimpah, namun harganya terjangkau.

Nah, bicara soal teknologi, Wuling Motors sejatinya memiliki empat teknologi canggih yang sangat memanjakan konsumen yaitu WIND, IOV, ADAS dan OTA. Jika diturunkan, keempat teknologi ini membuat mobil Wuling Motor jadi mempunyai fitur-fitur yang sangat menarik.

Booth Wuling di IIMS 2023

Booth Wuling di IIMS 2023

Mau tau apa saja khasiat dari teknologi yang dimiliki Wuling Motors, lihat ulasannya di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Wuling Kembali Bikin Heboh Otomotif Indonesia, Kini Alvez Bidik Kaum Muda Urban

Teknologi Wuling Motors

Seperti disebutkan di atas, ada empat teknologi unggulan Wuling Motor yang nyatanya bisa memberikan manfaat bagi pemiliknya. Berikut ulasannya. 

1. WIND

Dipakai Almaz dan Alvez, Ini 4 Teknologi dan Fitur Wuling yang Gak Ada di Mobil Jepang 01

Headunit mobil-mobil Wuling kini pakai voice command berbahasa Indonesia

WIND merupakan kepanjangan dari Wuling Indonesia Voice Command, dimana teknologi ini diklaim dapat memberikan rasakan pengalaman berkendara yang lebih mudah. 

Kenapa lebih mudah? Hal ini karena pengemudi bisa melakukan perintah menggunakan suara untuk mengoperasikan beberapa fitur. Menariknya, perintah suara ini bisa menggunakan bahasa Indonesia. 

Untuk mengoperasikan berbagai fitur, Anda harus mengawali kalimat dengan mengucapkan 'Halo Wuling', lalu diikuti perintah apa yang ingin dilakukan. Kedua Anda bisa menekan tombol di head unit dan menekan tombol di setir. Kata kunci ini sekaligus seperti verifikasi voice recognition untuk menggunakan WIND. Suara ini akan dideteksi oleh sistem yang kemudian akan dijawab “Halo”.

Baca juga: Harga Wuling Alvez 2023 Senggol Rocky dan Raize, Apakah Lebih Baik dari Duo Astra?

Dipakai Almaz dan Alvez, Ini 4 Teknologi dan Fitur Wuling yang Gak Ada di Mobil Jepang 02

Fitur yang bisa diaktifkan dengan WIND

Adapun dengan fitur ini, Anda dapat meminta perangkat mobil ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan AC, memutar Music, Radio, atau membuka dan menutup Sunroof serta kaca jendela.

Dengan adanya WIND, Anda juga bisa memerintahkan melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi misalnya Wuling Link ataupun TPMS, memperbesar atau mengecilkan volume, serta menanyakan tanggal dan waktu terkini.

Fitur WIND ini sudah dibenamkan pada beberapa mobil Wuling Motors diantaranya, Wuling Cortez, Almaz, Almaz RS, Air ev, hingga yang terbaru Alvez.

2. IOV

Teknologi IOV

Teknologi IOV 

Teknologi lainnya yang dimiliki Wuling Motors yaitu IOV atau Internet Of Vehicle. Dengan adanya teknologi ini maka pengemudi bisa memanfaatkan koneksi antara smartphone dengan mobil Wuling, kemudian mengunduh Wuling Remote Controll App atau MyWuling+, sehingga Anda dapat mengendalikan mobil hanya dalam genggaman.

Dengan adanya teknologi ini, maka memungkinkan pengguna mobil mampu mengontrol kendaraan dengan perintah melalui smartphone. Alhasil, teknologi ini mampu juga memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna baik dalam mempersiapkan perjalanan, selama berkendara hingga setelah berkendara. 

Dipakai Almaz dan Alvez, Ini 4 Teknologi dan Fitur Wuling yang Gak Ada di Mobil Jepang 04

Cortez juga sudah punya fitur ini

Adapun banyak kemudahan yang bisa didapatkan dengan teknologi IOV ini, antara lain seperti membuka dan mengunci pintu mobil, menyalakan dan mematikan mesin kendaraan hingga mengontrol AC. Selain itu, teknologi IoV dapat melakukan berbagai perintah operasional lainnya, seperti navigasi online, Bluetooth, wireless mirrorlink, pesan online, geo fencing, vehicle positioning dan juga perintah mendengarkan musik favorit.

Adanya IOV juga bisa dimanfaatkan jika ingin melakukan layanan after sales, seperti akses Customer Service secara online, bertanya langsung kepada teknisi profesional, melakukan Booking Service dan test drive serta panggilan Emergency Service 24 jam.

3. ADAS

Dipakai Almaz dan Alvez, Ini 4 Teknologi dan Fitur Wuling yang Gak Ada di Mobil Jepang 05

Pertama kali ada di Almaz

Wuling Motors juga punya teknologi ADAS atau Advanced Driver Assistance System, yang di dalamnya memiliki berbagai fitur yang dapat membantu pengemudi saat berkendara dalam berbagai kondisi dan tentunya meningkatkan keamanan serta kenyamanan.

Dengan adanya teknologi ADAS, maka hal ini diklaim merupakan bagian dari keselamatan, lantaran teknologi ini dapat mengurangi jumlah kecelakaan mobil dan mengurangi dampak serius yang sulit untuk dihindarkan. ADAS juga disebut sistem yang telah menggabungkan antara standar antarmuka terbaru dan teknologi ini telah menjalankan berbagai algoritma berbasis visi untuk mendukung multimedia yang sifatnya real time. Teknologi ini juga sudah melakukan pemrosesan cerdas dan sudah memiliki subsistem sensor yang canggih.

ADAS juga sangat aktif dalam meningkatkan standar keselamatan dengan adanya bantuan perangkat yang cerdas, sehingga kecelakaan bisa dikurangi dan cedera pada penumpang bisa diminimalisir. Berkat adanya teknologi ADAS, maka hal ini bisa mengoperasikan berbagai fitur yang ada di dalamnya, diantaranya:

  • Adaptive Cruise Control (ACC)

ACC akan secara otomatis melakukan penyesuaian antara kecepatan jelajah dengan kecepatan kendaraan yang ada di bagian depan, sehingga bisa menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

Dipakai Almaz dan Alvez, Ini 4 Teknologi dan Fitur Wuling yang Gak Ada di Mobil Jepang 06

  • Bend Cruise Assistance (BCA)

BCA bisa membantu mengurangi kecepatan laju kendaraan secara otomatis, terutama ketika kendaraan memasuki jalan tikungan.

  • Traffic Jam Assistance (TJA)

TJA mampu membantu kendaraan menjaga jarak aman secara otomatis dalam kondisi lalu lintas yang padat atau lancar.

  • Intelligent Cruise Assistance (ICA) & Lane Departure Warning (LDW)

ICA dan LDW akan memberikan peringatan otomatis ketika kendaraan atau mobil keluar dari lajur.

  • Lane Keeping Assistance (LKA)

LKA akan secara otomatis melakukan koreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman atau sesuai.

  • Safe Distance Warning (SDW)

SDW akan memberikan peringatan saat mobil yang ada di depan jaraknya terlalu dekat atau di bawah jarak yang aman.

 Forward Collision Warning (FCW)

Forward Collision Warning (FCW)
  • Forward Collision Warning (FCW)

FCW akan mendeteksi adanya potensi tabrakan di bagian depan dan akan memberikan peringatan dalam bentuk suara dan tampilan secara visual. Rem sekejap pastinya akan disesuaikan dengan tingkat bahaya yang terjadi.

  • Automatic Emergency Braking (AEB)

AEB akan bekerja saat pengemudi tidak melakukan respons terhadap peringatan bahaya tabrakan dan sistem AEB akan otomatis melakukan pengereman secara darurat.

  • Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA)

IHBA akan menyesuaikan dengan besarnya gaya pengereman yang dilakukan secara otomatis sesuai dengan risiko bahaya dan jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi.

  • Collision Mitigation System (CMS)

CMS akan mengurangi kecepatan kendaraan untuk memperkecil keparahan cedera atau kerusakan mobil akibat tabrakan.

  • Intelligent Head Beam Assistance (IHMA)

IHMA adalah teknologi yang akan membuat mobil secara otomatis menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan di lingkungan sekitar.

4. OTA

Dipakai Almaz dan Alvez, Ini 4 Teknologi dan Fitur Wuling yang Gak Ada di Mobil Jepang 08

Terakhir, Wuling Motors punya teknologi OTA atau Over The Air. Teknologi ini diklaim yang sangat inovatif dan sangat memudahkan pemilik mobil dalam melakukan pembaruan sistem.

OTA sendiri merupakan software yang bisa diakses pada aplikasi MyWuling+ yang mana merupakan bagian dari pengembangan sistem Wuling IoV. Software ini memudahkan penggunanya untuk mengakses kendaraannya secara jarak jauh dengan smartphone melalui jaringan wireless. Sistem kerjanya seperti pengoperasian sistem smartphone yang akan terus ter-update secara berkala.

Dipakai Almaz dan Alvez, Ini 4 Teknologi dan Fitur Wuling yang Gak Ada di Mobil Jepang 09

Semua dilakukan melalui ponsel

Adanya teknologi OTA ini memberikan kemudahan baik bagi pelanggan Wuling maupun pihak Wuling dan dealer. Seperti pada pelanggan yang membantu mendapatkan update software secara mudah, menghemat waktu sehingga tidak perlu mengunjungi outlet untuk memperbaiki berbagai masalah, dan selalu mendapatkan update terbaru, hiburan dan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

Sedangkan keuntungan yang didapatkan pihak Wuling dan dealer yaitu memberikan layanan kepada pelanggan dalam rentang waktu yang lebih luas dan membantu menyelesaikan masalah yang dialami pelanggan secara jarak jauh.

Nah, itulah beberapa teknologi dan fitur yang dimiliki Wuling Motors, canggihkan?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil