window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Wuling Almaz Kalah Canggih, Mobil Ini Bisa Dihidupkan Mesinnya dari Jam Tangan

Prasetyo · 14 Feb, 2023 11:02

Wuling Almaz Kalah Canggih, Mobil Ini Bisa Dihidupkan Mesinnya dari Jam Tangan 01

Teknologi remote vehicle kini mulai diterapkan di beberapa kendaraan. Satu diantaranya Wuling Almaz RS, Cortez, atau Air ev.

Teknologi tergabung dalam kesatuan teknologi Internet of Vehicle. Sistem ini baru bisa dioperasikan melalui ponsel saat sudah mengunduh aplikasi Wuling Remote Control App.

Wuling Almaz Kalah Canggih, Mobil Ini Bisa Dihidupkan Mesinnya dari Jam Tangan 02

Aplikasi Wuling Remote Control Vehicle pada Almaz RS

Dengan fitur ini, pemilik mobil bisa mengaktifkan beberapa sistem pada kendaraan itu hanya melalui koneksi ke ponselnya. Seperti menghidupkan atau mematikan meisn kendaraan, mengaktifkan AC, atau membuka dan menutup kaca jendela.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tapi ternyata apa yang dilakukan Wuling ini masih kalah dengan teknologi dari Proton. Sebab pabrikan mobil asal Malaysia itu baru saja merilis Proton X Watch. Sebuah teknologi remote vehicle tapi bukan melalui ponsel, melainkan di sebuah smart watch.

Baca juga: Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel

Bisa Mengoperasikan Proton X70 dan X50 dari Jarak Jauh

Wuling Almaz Kalah Canggih, Mobil Ini Bisa Dihidupkan Mesinnya dari Jam Tangan 01

Remote vehicle dari jam tangan

Dikutip Wapcar, Selasa (14/02/2023), Proton X Watch adalah smart watch buatan ACO Tech. Perangkat ini memungkinkan semua pemilik mobil Proton X70 untuk mengontrol berbagai fitur di kendaraannya secara jarak jauh. Antara lain menyalakan lampu depan, membuka kaca jendela, membuka kunci pintu, sampai membuka bagasi.

Wuling Almaz Kalah Canggih, Mobil Ini Bisa Dihidupkan Mesinnya dari Jam Tangan 02

Ada berbagai menu

Kemudian untuk pemilik Proton X50 varian Premium dan Flagship, selain kemampuan akses fitur-fitur tadi juga bisa mengaktifkan mesin jarak jauh. Serta dari jam tangan ini juga bisa menghidupkan AC dan mengatur suhu yang diinginkan.

Baca juga: Bayar Tol Tanpa Stop Cukup Pakai Aplikasi di Ponsel, Ini Manfaatnya

Spesifikasi Proton X Watch

Wuling Almaz Kalah Canggih, Mobil Ini Bisa Dihidupkan Mesinnya dari Jam Tangan 03

Tampilannya sama seperti smart watch lain

Perangkat yang terpasang pada pergelangan tangan ini ditenagai oleh sistem-on-chip (SoC) Qualcomm Snapdragon. Seperti jam tangan pintar lainnya, Proton X Watch juga memiliki layar AMOLED 1,3 inci yang dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass DX+. Ada juga casing baja tahan karat dengan bezel keramik untuk kesan yang lebih berkelas.

Wuling Almaz Kalah Canggih, Mobil Ini Bisa Dihidupkan Mesinnya dari Jam Tangan 04

Apakah akan diterapkan produsen otomotif di Indonesia?

Selain dapat mengendalikan Proton X50 dan Proton X70 dari jarak jauh, perangkat ini juga menawarkan fungsi smart watch biasa. Seperti pemantauan detak jantung dan oksigen darah 24 jam, hingga 8 mode olahraga yang berbeda, (berlari, berjalan, bersepeda, dan mendaki gunung).

Untuk harganya, Proton X Watch ini di Malaysia dilego 1.499 ringgit atau kira-kira Rp5,2 jutaan.

Baca juga: Begini Wujud BPKB Elektronik Nantinya, Bukan Berbentuk Aplikasi atau Kartu

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil