window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Evolusi Honda Jazz dari Masa ke Masa dan Promo Honda Jazz 2020,Harga mulai Rp249.50 Juta

Bent Aulia · 21 Okt, 2020 18:30

Evolusi Honda Jazz dari Masa ke Masa dan Promo Honda Jazz 2020,Harga mulai Rp249.50 Juta 01

Apa yang membuat Honda Jazz bekas masih banyak dicari sebagai hatchback perkotaan Tanah Air? Datang dari mobil Honda Indonesia, mobil kompak ini ternyata mengalami evolusi yang membuatnya semakin menyenangkan untuk dikendarai. Selain mengulik apa saja yang terjadi selama perkembangan mobil ini, simak pula promo Honda Jazz 2020 yang diberikan akhir tahun ini.

Sejarah Honda Jazz

Dikenal juga dengan nama Honda Fit di beberapa negara, Honda Jazz merupakan supermini atau kendaraan kompak dari Segmen-B milik Honda. Hatchback lima pintu ini debut perdana pada tahun 2001 dan saat ini sudah mencapai generasi keempat yang diperkenalkan pada pertengahan tahun 2020 lalu.

Popularitasnya mendunia. Dimana Jazz diproduksi di sepuluh pabrik Honda di delapan negara dan dipasarkan ke seluruh dunia. Sebagai salah satu mobil Honda Indonesia yang diproduksi di dalam negeri, penjualan globalnya bahkan mencapai hampir 5 juta unit pada pertengahan 2013.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda Jazz generasi pertama

Awalnya Jazz berbagi platform dengan model kecil global Honda, termasuk Honda City, Airwave, Mobilio generasi pertama, dan Honda Freed. Jazz dikenal karena menggunakan desain satu kotak atau monospace dengan interior yang bisa dikonfigurasi ulang, menawarkan volume kargo yang kompetitif di segmennya.

Honda pernah merilis versi hybrid dari Jazz bertajuk petroleum-electric pada Oktober 2010 dan di Eropa pada 2011. Sayang model tersebut tak pernah masuk ke Indonesia. Begitu juga dengan Honda Jazz EV bertenaga listrik yang dipasarkan di Amerika Serikat pada Juli 2012 dan Jepang pada bulan berikutnya.

Generasi awal Honda Jazz

Honda Jazz mulai meluncur di Jepang pada tahun 2001 mengenakan nama Honda Fit. Honda akhirnya membawa mobil ini dan dipasarkan ke berbagai negara, termasuk di Eropa, Afrika hingga Australia. Honda Jazz 2019 menjadi tahun ke-16 kemunculan mobil Honda Indonesia ini.

Generasi pertama menawarkan tampilan yang kompak dengan desain yang cukup menarik. Bahkan harga mobil Honda Jazz bekas generasi pertama masih tetap stabil dan banyak dicari di pasar mobil bekas Tanah Air karena ketangguhan dan mesin yang bandel di jalanan.

Honda Jazz 2001

Ketika diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2003, Jazz harus bersaing dengan segmen hatchback kompak lainnya semisal Chevrolet Aveo, Peugeot 206/207, hingga Volkswagen Golf. Popularitasnya langsung meruak, bahkan berhasil mencatatkan penjualan wholesales 24.844 unit pada tahun pertamanya.

Gaya sporty yang diberikan Jazz memang cukup membedakannya dibandingkan model lain di segmen hatchback kala itu. Desain yang menawan dengan lampu depan meruncing ke depan disandingkan grille mungil pada fascia depan.

interior Honda Jazz 2001

Memang teknologi yang digunakan masih minim, tanpa lampu proyektor layaknya Jazz saat ini. Menariknya, desain spion masih dipertahankan hingga generasi ketiga yang dipasarkan di Indonesia. Begitu pula dengan tambahan kaca pada pilar A guna meminimalisir blind spot ketika berkendara.

Jazz generasi pertama berkode GD3 menggunakan mesin 1.5L berkode L15A yang sudah dilengkapi teknologi pengapian Intelligent-Dual Sequential Ignition atau iDSI yang mampu mengantarkan tenaga maksimal 87 PS pada 5.500 rpm serta torsi puncak 128 Nm pada 2.700 rpm.

mobil Honda Indonesia tahun 2003

Namun Honda membawa peningkatan pada mesin dengan memperkenalkan mesin baru dengan kapasitas yang sama namun sudah menggunakan teknologi VTEC, atau Variable Valve Timing & Lift Electronic Control yang lebih bertenaga dan lebih efisien. Tenaganya bertambah menjadi 110 PS dan torsi 143 Nm.

Jazz varian tertinggi bahkan sudah mendapatkan berbagai fitur terbaru kala itu. Harga mobil Honda Jazz bekas yang cukup terjangkau membuatnya menjadi salah satu pilihan hatchback yang cukup diminati. Mengingat mobil keluaran Eropa memiliki banderol yang lebih mahal.

Ultra Seat kelebihan Honda Jazz

Kelebihan Honda Jazz dibandingkan pesaingnya terletak dari interior yang ergonomis dan lapang, meski hadir dalam dimensi yang kompak. Fleksibilitas di dalam kabin dipertegas dengan kehadiran Ultra Seat, bagaimana Honda meletakkan konfigurasi kursi di dalam kabin.

Ultra Seat Honda Jazz memiliki tiga mode utilitas; melipat kursi belakang guna menciptakan ruang yang datar, long cargo mode dengan melepas sebagian kursi belakang serta kursi penumpang hingga memuat bawaan sepanjang 2.4 meter, serta tall-cargo mode dengan melipat dudukan kursi belakang bagi barang dengan tinggi 1.3 meter.

Generasi kedua

Honda mulai memperkenalkan ubahan pertama dari Jazz pada ajang Tokyo Motor Show tahun 2007. Tampilan luarnya mendapatkan perubahan yang lebih modern. Tapi yang paling berbeda adalah wheelbase mobil: Jazz generasi kedua dibuat lebih panjang dibandingkan sebelumnya.

Dikenal juga dengan kode GE8, harga mobil Honda Jazz ketika mendapatkan perubahan memang meningkat sedikit dibandingkan edisi sebelumnya. Tapi berbagai peningkatan tampilan dan teknologi yang ditawarkan membuatnya semakin mengesankan.

Honda Jazz 2008

Perubahan yang ditemukan pada bagian kabin adalah dashboard yang menerima peningkatan teknologi. Jika sebelumnya dashboard dibuat agak kaku dan hanya bisa memutar tape biasa, Jazz sekarang bisa memutar CD untuk menemani pengemudi selama berkendara.

Pada bagian eksterior terlihat beberapa perubahan, termasuk lampu depan yang lebih besar dan desain grille yang dibuat lebih lebar. Meskipun begitu, nuansa sporty dari model hatchback kompak Honda tak banyak berubah dibandingkan generasi sebelumnya.

Evolusi Honda Jazz dari Masa ke Masa dan Promo Honda Jazz 2020,Harga mulai Rp249.50 Juta 07

Ubahan lainnya termasuk pada sistem mesin yang mendapatkan peningkatan. Masih menggunakan mesin berkapasitas 1.5L dan teknologi i-VTEC yang sama dengan generasi sebelumnya, tenaganya dibuat lebih besar dengan catatan 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4.800 rpm.

Sejak tahun 2008, Honda Jazz dipasarkan di Indonesia dalam tiga tipe. Dimana varian entry level adalah tipe A, lalu ada Jazz S dan Jazz RS yang datang sebagai varian tertinggi. Dari segi teknologi yang diberikan, Jazz RS memiliki semua sistem dan fitur yang ditawarkan Honda kepada Jazz.

Honda Jazz bekas

Pada tahun 2011, Jazz menerima penyegaran untuk mempercantik tampilan luarnya. Jazz S dan Jazz RS mendapatkan revisi pada bagian bumper depan dan belakang, grille yang dibuat lebih modern, lampu depan bergaya baru, dan penambahan lampu kabut untuk meningkatkan visibilitas.

PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan perubahan baru pada tahun 2013. Semua varian Honda akhirnya dilengkapi dengan teknologi Dual Front SRS Airbag dan sistem pengereman ABS+EBD. Membuat Honda Jazz bekas masih banyak dicari walaupun umurnya tak lagi muda.

Generasi keempat

Dibandingkan kedua generasi awal Honda Jazz, jelas terlihat bagaimana Honda ingin memberikan tampilan yang lebih modern ketika memperkenalkan generasi ketiga pada tahun 2014. PT HPM memperkenalkan Jazz pada bulan Juni 2014 untuk dipasarkan setahun berikutnya.

Desain luarnya mendapatkan perubahan radikal, termasuk desain grille baru dan lampu depan yang lebih tipis. Menawarkan tampilan yang lebih modern dengan kehadiran lampu depan LED sudah dilengkapi proyektor dan DRL LED untuk tipe tertinggi. Lampu kabut bersama desain bumper melengkapi ubahan depannya.

Honda Jazz generasi ketiga

Lekukan bodi dibuat lebih agresif dari samping hingga sisi belakang. Jazz masih mempertahankan model tangkai spion yang terdapat pada pintu dan kotak kaca kecil pada sisi pilar A. Velg menggunakan model dual tone berukuran 16 inci, dibalut ban Bridgestone Turanza 185/55 R16.

Tetap menghadirkan mesin berkapasitas 1.5L, tapi kali ini menggunakan model L15Z1 yang juga digunakan pada Honda Mobilio. Tenaganya menjadi 122 PS serta torsi maksimal 145, menjadi yang terbesar di kelasnya yang disalurkan ke roda depan.

Disediakan dalam tiga pilihan varian serta dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan CVT, HPM pernah membawa satu model khusus yang diberikan nama Black Top Limited Edition yang meluncur pada gelaran Indonesia International Motor Show bulan September di tahun yang sama.

Honda Jazz 2019

Jazz mendapatkan dua perubahan minor. Yang pertama pada tahun 2016 dimana Honda menghadirkan desain head unit bergaya floating yang baru, tambahan bantalan pada airbag penumpang, serta velg yang didesain ulang.

Tampilannya dibuat modern dengan lampu depan berteknologi baru pada Honda Jazz RS melalui revisi tahun 2017. Dari segi handling dan performa yang diberikan, Jazz bisa dibilang masih menjadi yang terbaik di kelasnya berkat kemampuan bermanuver yang lincah dan harga Honda Jazz bekas yang tetap stabil di pasaran.

Generasi keempat

Honda Jazz 2019 disebut-sebut merupakan tahun terakhir generasi ketiga dipasarkan. Pasalnya model global Honda Jazz 2020 yang diperkenalkan pada pertengahan tahun memberikan perubahan yang cukup signifikan, menghadirkan tampilan futuristik dibandingkan edisi sebelumnya.

Honda Jazz 2020

Sayangnya di Indonesia, Honda Jazz 2019 masih menjadi pilihan varian terbaru yang ditawarkan, tanpa perubahan sejak facelift terakhir diperkenalkan 2017 silam. Begitu pula dengan penjualan Honda Jazz 2020 yang masih stagnan akibat pandemi COVID-19.

Harga Honda Jazz terbaru

Ada dua pilihan yang ditawarkan Honda pada varian Jazz terbaru di Indonesia, yaitu New Honda Jazz dan New Honda Jazz RS. Keduanya memiliki pilihan mesin yang sama, namun dibedakan dengan beberapa komponen, termasuk velg dan teknologi yang digunakan.

harga Honda Jazz 2020

Harga Honda Jazz MT merupakan varian entry level yang paling terjangkau dari keluarga Jazz, dibanderol mulai dari Rp250 jutaan dan sudah menggunakan berbagai kelengkapan, termasuk head unit 6,1 inci layar sentuh dan sistem Ultra Seat. Sedang harga Honda Jazz CVT dihargai Rp260 jutaan.

Dan yang paling lengkap tentu saja model Jazz RS yang sudah menyematkan lampu depan berteknologi LED serta tombol multi fungsi pada setir hingga fitur cruise control. Harga Honda Jazz RS MT saat ini dibanderol mulai dari Rp282 jutaan, dan harga mobil Honda Jazz RS CVT menjadi yang paling tinggi dengan budget Rp292 jutaan.

Promo Honda Jazz di Indonesia

Honda memang masih menghadirkan berbagai promo menarik bagi konsumen Tanah Air. Apalagi untuk mengebut penjualan di akhir tahun. Sayangnya Jazz bukanlah model yang sering mendapatkan program menarik bagi penggemarnya di Indonesia.

promo Honda di Indonesia

Beberapa program terbaru masih diperuntukkan bagi mobil yang lebih mengundang massa. Contohnya saja promo Honda Healthy Package yang hanya diberikan bagi konsumen yang ingin membeli Honda Brio, Mobilio, BR-V, Accord, Odyssey, maupun Honda Civic.

Tapi jangan takut, bagi pelanggan yang ingin memiliki hatchback perkotaan ini, ada promo Honda dari Paket Perawatan Berkala (Paket Hemat 1) yang diberikan pada Jazz, Brio, Mobilio, Honda HR-V dan All New Honda CR-V. Program ini diberikan untuk setiap pembelian pada periode Oktober hingga Desember 2020.

interior Honda Jazz

Cara mendapatkan promo Honda Jazz ini cukup mudah, yaitu hanya dengan menyerahkan bukti pekerjaan. Contohnya bagi pembeli yang berstatus sebagai Guru, Dosen, dan Pelajar bisa menunjukkan KTP dan ID Card. Sedangkan pembeli yang bekerja sebagai Dokter, Perawat, dan/atau anggota tim medis bisa menunjukkan tanda pengenal/bukti profesi.

Kesimpulan

Perubahan sejak generasi pertama membuat mobil Honda Indonesia ini semakin dicintai penggemarnya. Kenyamanan semakin baik serta rasa berkendara yang menyenangkan menjadi penyebabnya. Ada pula berbagai promo Honda Jazz serta daya tarik Honda Jazz 2019 bekas yang menggoda. Menegaskan harapan Honda terhadap salah satu hatchback terpopulernya hingga saat ini.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil