window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

FAQ Suzuki Ertiga Hybrid 2022: Teknologi Suzuki Smart Hybrid Untuk Sokong Mesin Lama?

Enda · 10 Jun, 2022 16:30

Suzuki Ertiga Hybrid 2022

Setelah India, Suzuki Ertiga Hybrid 2022 secara resmi melantai di Tanah Air, Jumat (10/6). Sebagai Low MPV 7-seater hybrid pertama di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan All New Ertiga Hybrid yang dilengkapi teknologi Suzuki Smart Hybrid dengan mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery.

Tak hanya itu, dari segi tampilan mobil ini juga terlihat semakin stylish dan terasa nyaman berkat fitur terbaru yang disematkan. Jika kalian tertarik membelinya, ketahui lebih dulu beberapa informasi terkait mobil ini melalui ulasan berikut.

Baca juga: Pakai Fitur Auto Start-Stop, Ini Keunggulan Suzuki Ertiga Hybrid 2022

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Buatan Mana?

Suzuki Ertiga Hybrid 2022

Suzuki Ertiga Hybrid 2022 diproduksi di Cikarang, Jawa Barat

Sama seperti model sebelumnya, Suzuki Ertiga Hybrid 2022 juga diproduksi di pabriknya yang berada di Cikarang, Jawa Barat dengan kandungan lokal mencapai 80%.

2. Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Punya Berapa Varian?

Suzuki Ertiga Hybrid 2022

Varian SS Suzuki Ertiga Hybrid 2022

All New Ertiga Hybrid yang dijual di Indonesia disuguhkan dalam empat varian, yakni GX MT yang ditawarkan Rp270,3 juta, GX AT Rp281,3 juta, SS MT Rp281,3 juta dan SS AT Rp292,3 juta.

Untuk varian GL dan GA, pihaknya tidak menyematkan fitur Suzuki Smart Hybrid didalamnya.

3. Apa yang Berubah Pada Tampilannya?

Suzuki Ertiga Hybrid 2022

Suzuki Ertiga Hybrid 2022 tampil lebih stylish dan dinamis

Suzuki Ertiga Hybrid 2022 varian GX memperoleh grill baru yang terlihat semakin dinamis. Di bagian samping, semua variannya telah mendapatkan spion dengan auto retractable, dan untuk handle pintunya sudah dilengkapi tombol Smart Entry. Untuk semua tipe mendapatkan Autolight with Guide Me Light pada lampu utama bermodelkan projector.

Khusus tipe Suzuki Sport, pihaknya mengaplikasikan velg dengan desain yang mirip seperti Ertiga di India serta DRL LED. Pada buritannya, Suzuki Ertiga Hybrid 2022 mendapat tambahan aksesoris berupa backdoor garnish, list krom, dan emblem hybrid sebagai ikoniknya.   

Melihat sisi interiornya, tampilan warna yang diterima berubah, dimana menggunakan warna hitam dengan ornamen Charcoal pada dashboardnya untuk tipe GX. Tak hanya itu, ada juga aksen wood panel dengan warna lebih gelap, sedangkan varian Suzuki Sport dashboard dan doortrimnya menggunakan carbon fiber berkelir gelap.

Selain itu, pada jok baris keduanya mendapat tamabahan armrest di tengah. Guna lebih menampilkan kesan sporty, tipe Suzuki Sport menggunakan bahan pelapis jok dengan aksen Red Stitch.

Untuk fiturnya, pada varian manual telah dilengkapi Gear Shift Indicator (GSI), sedangkan semua tipe dibekali MID (Multi Information Display) dengan tampilan anyar.

Sebagai informasi, untuk sistem hiburannya Suzuki Ertiga Hybrid 2022 tetap menggunakan head unit layar sentuh 8 inci yang telah dilengkapi dengan smartphone connection.

Baca juga: Ini Alasan Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Betah Pakai Mesin dan Transmisi Lama

4. Apa Manfaat Teknologi Suzuki Smart Hybrid Pada Ertiga Terbaru?

Suzuki Ertiga Hybrid 2022

Suzuki Smart Hybrid

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, teknologi Suzuki Smart Hybrid pada Ertiga terbaru yang hadir di varian GX san SS dengan mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery berdaya 6 Ah 12V.

ISG sendiri merupakan pengembangan teknologi pertama yang dilakukan Suzuki dalam menciptakan kendaraan yang irit bahan bakar dengan harga terjangkau.

Teknologi yang tersematkan tersebut akan membuat mesin konvensional mati sesaat ketika mobil berhenti. Saat berhenti di lampu merah atau kemacetan dalam kondisi mesin mati, AC, radio, maupun sistem kelistrikan lainnya akan tetap berkerja berkat pasokan daya listrik dari baterai yang diletakkan di bawah jok penumpang depan. Hal ini yang membuat konsumsi BBM Ertiga Hybrid 2022 menjadi lebih irit dan tentunya lebih ramah lingkungan.

5. Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Mendapat Idling Stop, Apa Bedanya dengan Mobil Lain?

Suzuki Ertiga Hybrid 2022

Fitur Auto Stop Suzuki Ertiga Hybrid 2022

Fitur Auto Stop atau yang lebih dikenal dengan Idling Stop pada Suzuki Ertiga Hybrid 2022 memungkinkan mesin konvensional akan berhenti bekerja pada saat pedal rem diinjak sesaat. Ketika ingin kembali melakukan perjalanan, sistem ISG dan baterai tadi menggerakan mobil, sekaligus menyalakan mesin saat RPM berada di putaran angka 1.500 untuk membuatnya kembali berkerja.

Ketika mesin bensin belum kembali bekerja namun mobil sudah mulai bergerak saat pengemudi melakukan akselerasi awal, inilah yang membuat kondisi akselerasi jadi terasa lebih halus dan senyap. Selain halus, karena mobil cuma digerakkan oleh baterai untuk angkatan awal dalam beberapa detik, akselerasi pertama pun nyaris tanpa suara dan getaran mesin.

6. Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Pakai Mesin Baru Seperti di India?

Suzuki Ertiga Hybrid 2022

Mesin K15B Suzuki Ertiga Hybrid 2022

Tidak seperti di India yang menggunakan mesin baru K15C 1.5L berteknologi Dualjet, untuk pasar Tanah Air Suzuki Ertiga Hybrid 2022 masih mengandalkan mesin lawas K15B 4-silinder segaris DOHC 16 valve multipoint injection yang dapat meletupkan tenaga hingga 104,7 PS @6.000 rpm dengan torsi 138 Nm @4.400 rpm. Meski masih menggunakan mesin lama, untuk tenaga dan torsi yang diperoleh menurut data di atas kertas lebih besar dibandingkan jantung pacu K15C.

Untuk transmisinya, di Indonesia juga masih memakai manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Sedangkan di India Ertiga Hybrid 2022 dipadukan transmisi manual 5 percepatan serta otomatis 6 percepatan dengan fitur paddle shift.

7. Fitur Keselamatan Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Sama Seperti Model Sebelumnya?

Suzuki Ertiga Hybrid 2022

Fitur keselamatan Suzuki Ertiga Hybrid 2022 semakin komplit

Bicara fitur keselamatan, Suzuki Ertiga Hybrid 2022 baik tipe GX maupun SS dilengkapi sasis dengan teknologi Heartect, ABS + EBD, dual SRS airbag, front seatbelt 3 point ELR with pretensioners & force limiters, child proof door lock, seatbelt reminder, 2 point parking sensor, rear camera, door open warning, ISOFIX, VSC (Vehicle Stability Control), Hill Start Assist (HSA), Hill Hold Control (HHC), cruise control dan terakihir ESP.

Bagia kalian yang belum tahu, Electronic Stability Program merupakan sebuah teknologi terkomputerisasi yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dari sisi pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalisir slip.

Kesimpulan

Untuk harga barunya Suzuki Ertiga Hybrid 2022 ini terbilang murah dibandingkan pesaing terdekatnya. Dilengkapi teknologi Suzuki Smart Hybrid, bukan cuma mengurangi penggunaan bahan bakar yang lebih efisien, teknologi ini juga dapat meminimalisir tingkat pencemaran udara berkat teknologi Suzuki Smart Hybrid yang dianutnya.

Baca juga: Begini Impresi Pertama Nyetir Suzuki Ertiga Hybrid 2022 di Indonesia, Cukup Mengejutkan!

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil