window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

FAQ Suzuki XL7 Hybrid 2023: Gendong SHVS dengan Baterai Lebih Besar Terbukti Tambah Irit Bahan Bakar?

Enda · 23 Jun, 2023 08:00

Suzuki XL7 Hybrid

Sebagai Low SUV 7-seater hybrid pertama di Indonesia, New Suzuki XL7  Hybrid diluncurkan di Tanah Air pada 15 Juni 2023.

Sebelum XL7, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebenarnya sudah mempunyai dua produk hybrid lainnya dengan teknologi yang dinamakan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), yakni Ertiga dan Grand Vitara.

Sekedar informasi, SHVS mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bukan cuma teknologi hybrid, sebenarnya New XL7 juga disematkan beberapa aksesoris serta fitur terbaru yang terasa lebih nyaman saat digunakan.  

Apabila kalian tertarik membelinya, sebaiknya simak lebih dulu beberapa informasi terkait XL7 Hybrid 2023 melalui ulasan berikut.

Baca juga: Ketahui Kelebihan Baterai Suzuki XL7, Daya Lebih Besar Ada Garansi 8 Tahun

1. Suzuki XL7 Hybrid 2023 Buatan Mana?

Suzuki XL7 Hybrid

Seperti model sebelumnya dan beberapa produk Suzuki lainnya, New XL7 Hybrid 2023 diproduksi di pabriknya yang berada di Cikarang, Jawa Barat.

Bicara muatan lokal, mobil ini berada di atas 80%. "Sama seperti XL7 sebelumnya, XL7 Hybrid diproduksi di Cikarang, Bekasi. Kandungan lokal kontennya sudah mencapai 85%. Namun untuk baterainya saat ini belum dibuat lokal, kita masih progress. Tapi kedepannya kami terus progress untuk melakukan lokal konten,” kata Donny Saputra, Direktur Pemasaran 4W PT SIS.

2. Suzuki XL7 Hybrid 2023 Punya Berapa Varian?

Suzuki XL7 Hybrid

Untuk pasar Tanah Air, Suzuki XL7 Hybrid ditawarkan dalam dua varian, yaitu Beta MT yang dibandrol Rp283,9 juta, Beta AT Rp294,9 juta, Alpha MT Rp293,9 juta dan Alpha AT Rp304,9 juta.

Khusus varian Zeta MT dengan bandrol Rp256,1 juta dan Zeta AT Rp267,1 juta, tipe ini tidak disematkan fitur Suzuki Smart Hybrid didalamnya.

3. Apa yang Berubah dari Tampilannya?

Suzuki XL7 Hybrid

Bila dibandingkan dengan XL7 yang diluncurkan pada Februari 2020, pada versi hybridnya kini mendapatkan aksen black krom di tengah grillnya dengan ukuran tebal. Selain itu grillnya juga dikelilingi ornamen yang sama sehingga membuatnya terlihat semakin dinamis dan garang.

Pada lampu utamanya XL7 Hybrid memperoleh fitur Autolight with Guide Me Light yang dapat mengotomatisasi headlamp ketika berkendara dalam kondisi gelap. Selain itu juga memiliki fungsi lain yakni memberi penerangan beberapa saat ketika pengendara akan keluar maupun masuk ke dalam kabin.

Keunggulan lain fitur ini dapat membaca kondisi cahaya sekitar dan secara otomatis mengaktifkan headlight jika sudah diperlukan. Selain itu sinar headlight juga dapat mati secara otomatis ketika kondisi sudah terang atau saat mesin dimatikan.

Ubahan lainnya, mobil ini mendapatkan velg berwarna hitam glossy yang membuatnya terlihat lebih gagah. Ditambah adanya tailgate garnish dengan aksen krom di belakang.

Sekedar informasi, tipe Alpha turut mendapat opsi warna two-tone baru yakni New Savana ivory - Black.

4. Fitur Terbaru Apa yang Dimiliki Suzuki XL7 Hybrid 2023?

Suzuki XL7 Hybrid

Smart E-Mirror Touchscreen

Mengetahui fitur terbaru yang ada di dalam, kini XL7 Hybrid khususnya tipe Alpha dilengkapi Smart E-Mirror dengan teknologi touchcreen. Dengan begitu saat melakukan pengaturan fitur yang ada didalamnya terasa lebih mudah. 

Sebagai pengganti spion tengah, Smart E-Mirror berfungsi sebagai kaca spion digital yang dibekali dua kamera baik tengah dan di belakang.

Keunggulan lainnya spion dengan Smart E-Mirror pada mobil ini bisa difungsikan sebagai alat perekam atau yang dinamakan dashcam. Dengan begitu pemilik tidak perlu lagi menambahkan dashcam apabila ingin merekam segala kejadian di luar secara real time.

Khusus tipe Beta MT dan Alpha MT, kedua varian ini dibekali Gear Shift Indicator (GSI) pada panel instrument yang dapat menampilkan angka transmisi saat sedang digunakan. Lainnya, pusat informasi berkendara mendapatkan MID (Multi Information Display) dengan tampilan anyar yang tampak begitu modern dan informatif.

Untuk sistem hiburan masih sama seperti model sebelumnya, yakni disematkan head unit layar sentuh 8 inci dengan format smartphone connection.

Baca juga: Lebih Murah Bikin Toyota Avanza G TSS Menarik daripada Suzuki XL7 Hybrid Alpha

5. Apakah Fitur Keselamatan Suzuki XL7 Hybrid 2023 Lebih Lengkap?

Suzuki XL7 Hybrid

Criuise control Suzuki XL7 Hybrid

Bila dibandingkan dengan model sebelumnya, New XL7 Hybrid 2023 memiliki fitur keselamatan lebih lengkap. Seperti yang bisa dilihat, LSUV andalan Suzuki ini kini dibekali dengan cruise control dan varian AT mendapatkan Hill Hold Control (HHC).

Sebagai keselamatan standar, XL7 Hybrid mendapatkan ABS, EBD, dual SRS airbag, Electronic Stability Programe (ESP), dan sensor mundur. Untuk keamanan berkendara, tak ketinggalan keyless entry, immobilizer dan security alarm telah tersematkan di dalam.

6. Apa Manfaat Teknologi SHVS Pada XL7 Hybrid?

Suzuki XL7 Hybrid

Teknologi SHVS pada XL7 Hybrid dapat mengurangi emisi gas buang yang sekaligus menekan penggunaan bahan bakar.  

Seperti yang disebutkan sebelumnya, SHVS pada mobil ini mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion battery berdaya 12V dengan kuat arus 10Ah atau lebih besar 4Ah dari Ertiga Hybrid.

Teknologi ISG difungsikan untuk menciptakan pemakaian bahan bakar yang lebih irit. ISG akan membuat mesin konvensional mati sesaat ketika mobil berhenti di kemacetan atau lampu merah yang juga merupakan dari fitur Idling Stop.

Ketika berhenti dalam kondisi mesin mati, sistem kelistrikan lainnya akan tetap berkerja berkat pasokan daya listrik dari baterai yang diletakkan di bawah jok penumpang depan.

Selanjutnya SHVS akan berkeja melalui fitur acceleration assist membantu akselerasi mesin ketika kembali melanjutkan perjalan, yang sekaligus menghidupkan mesin.

Dalam kondisi mesin mati namun mobil sudah mulai bergerak, ketika pengemudi melakukan akselerasi awal maka akselerasi jadi terasa lebih halus dan senyap.

Selain halus karena mobil digerakkan oleh baterai untuk angkatan awal dalam beberapa detik, akselerasi pertama pun nyaris tanpa suara dan getaran mesin yang berdampak pada keiritan bahan bakar.

Oh iya, SHVS diciptakan secara praktis dan terbukti minim biaya perawatan karena untuk komponen Lithium-ion battery sudah dijamin oleh Suzuki melalui kebijakan garansi resmi selama 8 tahun.

7. Suzuki XL7 Hybrid 2023 Pakai Mesin Baru?

Suzuki XL7 Hybrid

Mesin K15B

Sistem SHVS yang ada pada Suzuki XL7 Hybrid dipadukan dengan mesin K15B. Jantung pacu ini sama seperti yang ada pada model sebelumnya atau yang juga digunakan oleh Ertiga Hybrid.

Memiliki kapasitas 1.462 cc dengan konfigurasi 4-silinder segaris DOHC VVT multi-point injection, secara teknis dapat melecutkan tenaga sebesar 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Pada varian manual, mobil ini dikawinkan transmisi manual 5-percepatan, dan 4-percepatan torque converter untuk model maticnya.

Kesimpulan

Mendapat penyegaran di sektor tampilan, dan fitur, XL7 Hybrid dilengkapi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Selain mengurangi pencemaran udara, teknologi SHVS mampu menekan penggunaan bahan bakar sehingga lebih efisien.

Baca juga: Mau Tambah Smart E-Mirror Untuk Suzuki XL7 Hybrid Beta dan Zeta? Segini Biaya yang Harus Dipersiapkan

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki XL7 Hybrid Beta MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil