Honda Brio 2021, Mobilio Versi 'Lite' yang Laris Manis?

Yongki Sanjaya · 10 Des, 2020 22:00

Honda Brio 2021 diprediksi akan kembali jadi LCGC terlaris.

Honda Brio mendapat penyegaran model di tahun 2018 lalu. Desain Honda Brio lebih melar dengan style bergaya hatchback. Namun demikian, untuk Honda Brio 2021 masih juga memakai basis dari Mobilio. 

Bisa dibilang, Honda Brio 2021 adalah Mobilio versi lite atau versi kecil dan murah. Karena basis keduanya memang sama. Sebelumnya, Mobilio ini diciptakan dengan memanfaatkan platform milik Brio, dengan kapasitas mesin dan ukuran yang diperbesar. 

Honda juga terang-terangan mengakui kalau Honda Brio dan Mobilio punya banyak kesamaan. Tidak cuma dari tampilan, tapi juga saling berbagi komponen yang sama.

Hal ini langsung diamini oleh pihak Honda Asia Pasific. Mereka memang sengaja menggunakan beberapa komponen Mobilio untuk All New Brio.

"Komponen Honda BRV, Mobilio dan Brio sebagian memiliki komponen yang sama,. Dari yang sudah ada sebelumnya,“ ujar Tsutomu Harano, Large Project Leader All New Honda Brio, Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd sebagaimana dikutip dari Uzone.

Selisih Harga Honda Brio 2021 dan Mobilio Cuma Rp 3 jutaan

Bahkan, Brio untuk tipe RS ini selisih harganya juga tidak begitu jauh dengan Mobilio. Untuk Honda Brio RS MT dijual seharga Rp 184 juta dan Brio 4S CVT Rp 199,5 juta. Sementara itu, Honda Mobilio termurah yaitu tipe S MT dijual seharga Rp 203,4 juta sedangkan opsi metik termurahnya ada tipe E CVT seharga Rp 235,8 juta. 

Bila membandingkan sesama varian metik, memang selisihnya lumayan jauh, mencapai Rp 36 jutaan. Tapi bila cuma membandingkan selisih harga tipe termahal Brio dan tipe terbawah Mobilio maka selisihnya cuma Rp 3 jutaan. 

Nah, bicara soal harga tentu juga harus dibandingkan secara spesifikasi. Honda Mobilio didukung mesin 1.500 cc menghasilkan muntahan daya 118 PS dan torsi 145 Nm. Sementara Mesin 1.200 cc Brio hanya mampu memutahkan daya 90 PS dan torsi 110 Nm. 

Kedua mobil ini disasar pada segmen yang berbeda dimana masing-masing memiliki kelebihan. Dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh, pilihan harga Brio RS dan Mobilio merupakan sesuatu yang menarik.  

Lebih Pas Pilih Brio 2021 atau Mobilio? 

Saat akan beli, tergantung kebutuhan dulu, karena Brio dan Mobilio itu kan beda jenis kendaraan. Brio masuk jenis city car hatchback, sementara Mobilio dari jenis MPV. 

Kalau butuh mobil besar, fitur bagus, ketangguhan, serta kenyamanan lebih untuk berkendara jauh atau buat usaha taksi online mending pilih Mobilio. Kalau cuma untuk dipakai dalam kota dan yang sehari-hari pakai hanya sendirian atau keluarga kecil, Brio juga cukup.

Honda Brio baru lebih nyaman dipakai atau digunakan untuk keluarga kecil dengan 2 orang anak. Salah satu alasannya adalah ukuran mobil yang kecil dan praktis, saat mencari pakiran pun juga mudah.

Beda Nasib Honda Brio 2021 dengan Honda Mobilio, City Car Terlaris vs MPV Kurang Peminat

Bila membandingkan penjualan keduanya, memang tidak sepadan. Brio untuk varian Satya menjadi mobil terlaris di segmen LCGC. Sementara untuk Mobilio ini kalah laris dibandingkan Avanza, Xpander atau Ertiga. Bisa dibilang, desain Mobilio terbaru tidak banyak menolong penjualan dan bahkan bisa disalip Xpander sebagai pendatang baru

Brio ini karena saling berbagi platform dengan Mobilio atau BR-V membuatnya paling advance. Bandingkan dengan LCGC sejenis yang memakai platform tersendiri sehingga tidak bisa berbagi keunggulan dengan model diatasnya. Hasilnya, Brio ini memiliki overpower engine.

Coba pikirkan, apa sih yang dibanggakan orang saat membeli mobil murah? Tidak mungkin kemewahan interior atau juga fiturnya kan? 

LCGC juga tidak juga banyak menawarkan sisi kenyamanannya. Bagi para pembeli LCGC, yang mereka banggakan itu lebih ke mobilnya bisa ngebut sekencang-kencangnya atau tidak.

Sekalipun tidak begitu nyaman, mereka ingin mobilnya lebih ngacir asal tiap lampu merah berganti hijau. Harapannya, sanggup mengasapi mobil mewah, ini membuat bangganya luar biasa.

Berbekal mesin 1200 cc, dengan output 98 Hp, di bodi seringan 940 kg. Siapa lagi mobil 1200 cc dengan kisaran harga serupa Brio yang sanggup melawan keganasan mesinnya?

Kesimpulan

Honda Brio 2021 dibangun dengan platform yang sama seperti Honda Mobilio. Bisa dibilang, Brio ini adalah versi ekonomis dari Mobilio. Namun demikian, keunggulan dari Mobilio bisa dioptkmalkan sehingga Brio ini menjadi mobil terlaris di segmen LCGC.

Desain yang stylish, sporty, dan mesin overpower adalah kombinasi mantap dari Brio generasi kedua. Memang sih, Mobilio juga overpower tapi desainnya mulai ketinggalan zaman. Sebab tren sekarang ini mobil LMPV punya gaya ala SUV.  

Komentar